Comscore Tracker

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introver

Angkat telepon saja kadang ogah

Introvert memang dikenal sebagai pemikir sejati. Mereka akan berulang-ulang berpikir sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu. Dalam artian, setiap tingkah lakunya memang sudah direncanakan dan tertata dengan baik. Ia tak akan bertindak gegabah atau ceroboh dengan mempertaruhkan risiko yang ada.

Melalui kemampuan berpikirnya, introvert terlahir sebagai pengamat yang baik. Tak heran, dalam beberapa situasi ia cepat tanggap dan sangat peka terhadap sekitar. Introvert cepat membaca situasi dan memahami perasaan orang lebih baik dari yang lain. Kamu seorang introvert? Simak sederet situasi yang hanya dapat dipahami oleh introvert berikut ini.

1. Sendiri bukan berarti bosan

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita bermain gitar (pixabay.com/StockSnap)

Orang-orang non introvert mungkin terkadang heran bagaimana introvert menghabiskan sebagian besar waktunya sendiri. Bahkan tak jarang menebak jika introvert pasti sebenarnya merasa bosan dengan kesendirian. Padahal yang dirasakan introvert justru sebaliknya. Ia merasa berada di zona ternyaman saat sedang sendiri. Introvert punya segudang kegiatan yang sudah ia rencanakan akan ia lakukan seorang diri saat weekend tiba. Bukannya merasa jemu, beragam aktivitas indoor yang dilakukan sendiri justru membuat introvert seperti mengisi kembali energinya.

2. Sibuk berbicara dalam pikiran

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita memejamkan mata (pixabay.com/Chuotanhls)

Introvert kerap disandingkan dengan kepribadian pendiam yang tak banyak mengekspresikan sesuatu. Meski imej ini melekat pada introvert, bukan berarti introvert tidak kritis atau apatis. Justru introvert akan mengulik sesuatu sampai ke akarnya. Hal yang membuatnya tak banyak berpendapat adalah mereka akan sangat hati-hati dalam berbicara agar tak menyinggung pihak manapun, sehingga mereka sibuk bicara dengan pikirannya sendiri. Sebelum mengatakan sesuatu intovert akan lebih banyak menyaring perkatannya terlebih dahulu sebelum akhirnya mengutarakan maksudnya. Otak mereka selalu sibuk dengan pemikiran-pemikiran baru, menganalisis sesuatu bahkan hingga hal terkecil sekalipun.

3. Mudah merasa terganggu akan suara berisik

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita menyendiri (pixabay.com/Free-Photos)

Seorang introvert memiliki fokus yang baik akan sesuatu. Ia dapat menganalisis sesuatu secara mendalam yang sifatnya internal. Suara berisik justru dianggap sebagai penganggu yang akan memecah konsentrasinya saja. Suara berisik disini bukan hanya suara-suara tertentu seperti suara mesin kendaraan, namun juga termasuk orang-orang yang memiliki gaya bicara bernada tinggi dengan suara keras, atau suara kerumunan orang dalam jumlah banyak. Ia lebih suka berada di tempat yang tenang dan jauh kesunyian untuk menyelami pikirannya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Biasanya Bikin Seorang Introver Illfeel saat Kencan Pertama

4. Mengevaluasi yang sudah dilakukan

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita merenung (pixabay.com/Anemone123)

Selesai menghadapi harinya yang penuh tantangan selama berada di luar rumah dan berbaur dengan sosial, introvert akan meluangkan waktunya untuk evaluasi diri. Ia akan mengingat apa saja yang telah ia lewati selama hari itu dari berangkat hingga kembali ke rumah. Apakah ia berbicara dengan baik, apakah ucapannya ada yang menyinggung orang lain, apakah ia terlihat kaku atau canggung, semua akan direfleksikan. Bertemu dengan banyak orang di luar membuat introvert harus menentukan sikap yang harus ia jaga selama bersosialisasi.

5. Terbiasa hidup mandiri

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita bepergian sendiri (pixabay.com/loilamtan)

Percayalah, introvert ga akan mudah meminta temannya hanya untuk sekedar pergi ke perpustakaan, toko buku, atau belanja kebutuhan sehari-hari. Kemandirian introvert memang tak perlu diragukan lagi. Alih-alih minta ditemani, mereka lebih suka untuk pergi sendiri. Mereka tak akan merasa terbebani saat pergi kemanapun sendiri karena merasa bertanggung jawab pada teman yang menemaninya. Saat ia ingin berada lama di perpustakaan, tak perlu khawatir akan rengekan temannya yang sudah tidak betah dan mengajak pulang. Introvert tak begitu suka merepotkan orang lain hanya demi kepentingan dirinya sendiri.

6. Menunggu beberapa saat sebelum mengangkat telefon

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi mengangkat telefon (pixabay.com/Surprising_Shots)

Berbeda dengan kebanyakan orang yang mengangkat telefon seketika ponsel berdering, seorang intovert membutuhkan waktu lebih lama. Ia akan terlebih dulu menebak kira-kira ada apa orang yang bersangkutan menelefon dirinya, apakah ada yang belum ia selesaikan, ataukah ia berhutang sesuatu, introvert memiliki pola pikir yang lebih panjang. Seorang introvert cenderung lebih suka menggunakan pesan teks sehingga memungkinkan ia untuk berpikir luas daripada kontak langsung seperti telefon. Tak jarang, telefon yang berasal dari nomor tak dikenal justru membuat mereka panik dan berakhir dengan menolaknya. 

7. Berada diantara banyak orang membuat introvert lelah

Dikenal Pemikir, 7 Situasi yang Hanya Dipahami oleh Introverilustrasi wanita di keramaian (pixabay.com/Free-Photos)

Berada dalam kesunyian dan kesendirian menjadi momen untuk mengisi energi seorang introvert. Hal itu berkebalikan saat berada ditengah banyak orang yang akan membuat energinya cepat terkuras. Meski tak melakukan banyak hal, ia akan merasa lelah sesampainya ia di rumah. Interaksi sosial membuat seorang introvert lelah dan baik secara fisik dan mental, berbanding terbalik dengan ekstrovert yang justru merasa bersemangat. 

Itu dia tujuh situasi yang hanya dipahami oleh orang introvert. Pemikiran kritis dan tajam introvert membuat mereka memiliki kecerdasan dan wawasan yang luas dalam banyak hal. Meski cenderung pendiam, namun ia memiliki keahlian mengamati segala sesuatu dengan cermat. 

Baca Juga: 5 Kekuatan Tersembunyi yang Sering Dimiliki Introver, Bikin Takjub!

Widi April Photo Verified Writer Widi April

instagram.com/widiapriil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya