Comscore Tracker

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinking

Agar tidak terbebani hal yang belum tentu terjadi

Seseorang dengan sikap cuek sering dicap sebagai pribadi apatis dan acuh terhadap dunia di sekitarnya. Padahal kenyataannya, sikap cuek juga dibutuhkan dalam situasi tertentu untuk menghadapi kerasnya kehidupan. Tak selamanya buruk, simak beberapa alasan mengapa kita membutuhkan sikap cuek berikut ini.

1. Cenderung lebih open minded

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi liburan (pixabay.com/thuanvo)

Orang yang cuek lebih terkesan open minded dalam menghadapi segala sesuatu. Ia lebih santai dalam menghadapi perbedaan yang ada. Setiap orang tidak harus sama dalam semua preferensi.

Bersikap cuek akan membuat seseorang tidak mudah terdistraksi dengan lingkungannya. Ia menyadari bahwa setiap orang pasti berbeda dengan pemikirannya masing-masing, termasuk dirinya, sehingga tidak perlu terlalu frontal untuk mengekspresikan atau berpendapat tentang sesuatu.

2. Tidak mudah stres

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi bekerja (pixabay.com/StockSnap)

Secara tidak langsung, bersikap cuek juga membantu dirimu agar tidak mudah stres, lho. Seseorang yang cuek tidak membiarkan segala sesuatu masuk ke dalam pikirannya yang akhirnya hanya akan menambah beban.

Sebaliknya, ia akan menyaring mana yang memang perlu dipikirkan dan mana yang harus disingkirkan. Dinilai cenderung acuh, nyatanya cuek juga dapat membantu mengelola emosi agar tidak mudah tertekan dan stres apalagi jika berkaitan dengan komentar orang lain terhadap dirinya. 

3. Hidup menjadi lebih tenang

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi menyendiri (pixabay.com/leninscape)

Salah satu tujuan hidup tentunya ingin mencapai kualitas diri yang lebih baik dan jauh dari masalah. Hal yang harus disadari adalah tidak segala sesuatu perlu atau harus ditanggapi.

Kepedulian memang penting, namun jangan sampai rasa peduli yang kita miliki justru menjadi bumerang bagi diri sendiri. Rasa cuek membuat seseorang tidak mudah terbebani akan sesuatu baik pikiran maupun fisik. Sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Jadi Perempuan Cuek, Gak Pusing Memikirkan Kata Orang

4. Tidak mudah terlibat dalam masalah orang lain

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, kita senantiasa membutuhkan orang lain setiap harinya. Saling berbagi keluh kesah adalah hal yang wajar, ada saatnya kita harus menjadi pendengar yang baik untuk orang lain.

Namun jangan sampai masalah yang menimpa orang di sekitarmu harus membuatmu ikut terlibat di dalamnya. Berilah saran sepatutnya dan tidak berlebihan. Seseorang yang cuek tak akan ikut campur terlalu dalam pada masalah orang lain dan justru tidak mau tahu masalah orang lain kecuali jika dimintai bantuan.

5. Lebih fokus pada kualitas diri sendiri

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi hobi fotografi (pixabay.com/SplitShire)

Cuek pada lingkungan membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Kamu bisa mengoptimalkan waktu senggang yang dimiliki untuk aktivitas menyenangkan, seperti menjalankan hobi yang sudah lama tidak dilakukan atau sekadar jalan-jalan melepas penat akibat rutinitas.

Daripada terlalu memikirkan hal yang belum pasti terjadi yang justru memicu overthinking, lebih baik gunakan waktu agar lebih produktif. Bijaklah untuk menangani situasi dalam kehidupan bersosial.

6. Merasa bahagia menjadi diri sendiri

6 Alasan Pentingnya Miliki Sikap Cuek, Stop Overthinkingilustrasi berada di keramaian (pixabay.com/StockSnap)

Menerapkan sikap masa bodoh membuat hidup kita lebih bahagia karena bisa menjadi diri sendiri. Alih-alih terlalu memikirkan pendapat publik, kita justru dapat mengekspresikan diri dengan bebas tanpa terbebani judgement dari luar.

Ingatlah bahwa tidak semua perkataan orang harus kamu dengarkan. Ada beberapa dari mereka yang cukup kamu acuhkan karena sifatnya yang tidak membangun diri kamu menjadi lebih baik. 

Overthinking pada hal yang belum tentu terjadi malah akan membuat kita takut melangkah ke depan. Hal tesebut justru tentunya dapat menghambat kemajuan diri kita sendiri. So, stop overthinking, ya!

Baca Juga: Bisa Bikin Otak Relaks, Ini 5 Alasan Logis Pentingnya Bersikap Cuek!

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya