Comscore Tracker

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mental

Bukan fisik saja yang bisa merasa lelah, lho

Kelelahan secara fisik dapat sembuh dengan menghentikan aktivitas dan meluangkan waktu untuk beristirahat. Namun berbeda dengan lelah secara mental, istirahat fisik saja belum cukup untuk dapat mengobatinya. Sering kali seseorang salah mengartikan keduanya sebagai hal yang sama saja hingga mengabaikan tanda-tanda pada diri yang mengindikasikan lelah mental.

Lelah mental tentu berbeda dengan rasa malas. Saat malas, seseorang cenderung santai dan menikmati waktu luang. Berbanding terbalik dengan lelah mental yang saat tidak melakukan apa-apa pun sudah merasa tertekan dan overthinking. Berikut ini ada sederet tanda kamu sedang lelah mental. Simak baik-baik, ya.

1. Bosan pada rutinitas

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi bosan pada rutinitas (pixabay.com/magnetme)

Kamu merasa bosan dengan rutinitas yang setiap hari dijalani? Padahal kehidupanmu memang sudah lama seperti itu dan selama ini kamu baik-baik saja. Namun, kali ini kamu merasa sangat bosan. Apalagi jika kamu adalah seorang pekerja yang berangkat pagi dan pulang sore.

Waktumu habis di kantor sehingga sampai di rumah kamu hanya memiliki sisa waktu untuk menghabiskan hari sebelum tidur dan esoknya harus kembali menjalani aktivitas yang sama. Tak heran terkadang kamu terpikir harus mencari kegiatan lain.

Hampir semua pekerja kantoran pernah mengalami fase ini. Namun jangan ambil keputusan saat kamu sedang merasa seperti ini, ya. Kemungkinan besar hasilnya tak akan sesuai ekspektasi karena kurangnya perencanaan.

2. Hilang antusias pada hal yang sebenarnya kamu minati

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi tidak antusias (pixabay.com/3534679)

Bisa dikatakan kita tidak akan pernah bosan pada sesuatu atau aktivitas yang kita sukai. Namun jika tiba-tiba kamu hilang semangat saat menjalani hobi, bisa jadi kamu sedang lelah mental. Kamu tak lagi seantusias dulu yang bahkan cenderung tak kenal lelah saat menggeluti aktivitas yang kamu minati.

Bukan karena malas, tapi sebenarnya kamu sedang berada di mood yang tidak mendukung. Termasuk nongkrong bersama teman-temanmu yang sudah menjadi kegiatan rutin di akhir pekan juga belum bisa menyembuhkan mood yang berantakan. Atau yang lebih parah mood jelekmu justru dapat merusak suasana ngobrol yang tadinya asyik menjadi canggung.

3. Tetap stres meski sudah liburan

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi liburan (pixabay.com/Irina_kukuts)

Berlibur menjadi salah satu alternatif yang paling tepat saat merasa penat dan suntuk serta lelah bekerja. Pergi ke pantai, berkunjung ke tempat wisata, atau sekadar melihat pemandangan bagus yang tidak setiap hari dilihat, akan memunculkan perasaan nyaman dan bahagia. Kamu sejenak melupakan segala masalah dan keluh kesah yang sedang kamu hadapi di kantor.

Namun mimpi buruk justru kembali datang saat kamu pulang ke rumah. Berharap sudah hilang, rasa stres justru datang lagi padamu saat kamu kembali pada rutinitas. Liburan yang dijalani ternyata hanya membuatmu lupa sejenak saja dan bukannya menghilangkan stres sepenuhnya. Wah, tanda-tanda kamu lelah mental, nih.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Lelah Secara Mental

4. Merasa cepat lelah secara fisik

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi istirahat (pixabay.com/manbob86)

Seharian berbaring di tempat tidur saat akhir pekan menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan rasa lelah dan letih. Biasanya begitu bangun esok hari, badan menjadi lebih segar dan siap dengan aktivitas selanjutnya. Seharusnya seperti itu yang terjadi jika kamu sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Namun jika kamu menghabiskan seharian di atas tempat tidur tetapi masih merasa lelah, hal ini patut diwaspadai. Apalagi jika sebenarnya kamu melakukan aktivitas sama seperti biasa tanpa ada kegiatan berlebih. Bisa jadi bukan hanya fisik saja yang lelah, mentalmu juga. Hal yang harus disadari adalah lelah mental juga dapat diikuti menurunnya kondisi fisik.

5. Hilang motivasi

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi hilang motivasi (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Motivasi yang tinggi selalu diperlukan untuk menjauhkan diri dari kemalasan. Maka dari itu keberadaan motivasi ini perlu untuk selalu di jaga. Namun lain ceritanya saat kamu lelah secara mental, di mana kamu merasa kehilangan motivasi. Hal-hal yang semula membuatmu jadi bersemangat tiba-tiba tidak cukup untuk mengusir rasa malasmu.

Kamu jadi asal-asalan dalam melalukan sesuatu dan sudah abai dengan tujuan awal yang kamu dambakan selama ini. Hilang motivasi tentu akan merugikan bahkan tidak hanya kamu sendiri tapi juga pihak lain, karena hasil pekerjaan yang didapat tidak akan maksimal.

6. Mudah marah dan tersinggung

Sering Dikira Mager, 6 Tanda Kamu Sedang Lelah Mentalilustrasi mood buruk (pixabay.com/3534679)

Tanda lainnya saat sedang lelah mental adalah kamu menjadi lebih sensitif. Mood swing membuatmu lebih sulit untuk mengontrol emosi dan mudah marah. Akibatnya kamu lebih senang menyendiri daripada bergabung dengan rekan-rekanmu yang lain. Kamu menjadi lebih mudah merasa kesal pada hal-hal yang sifatnya sepele.

Jika hal ini terus berkelanjutan, selain dapat memicu depresi, emosi negatif ini juga akan berdampak buruk pada produktivitas kerja bahkan hubungan sosial dengan orang-orang di sekitar juga akan tidak baik.

Kalau ada dari beberapa ulasan di atas sedang kamu alami, itu tanda kamu sedang lelah mental. Lebih baik luangkan waktu sejenak untuk menjauh dari segala masalah daripada terus mengakibatkan dampak buruk. Mengelola stres dengan baik, menerapkan pola hidup seimbang, hingga mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Rehat dari Media Sosial, Mulai Lelah Mental

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya