Comscore Tracker

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnya

Kamu pilih yang mana?

Ketika kita memberi pinjaman kepada orang lain, tentu kita berharap bahwa orang tersebut akan berinisiatif mengembalikannya tanpa harus sampai ditagih.

Tetapi bagaimana jika utang tersebut tak kunjung dikembalikan? Pasti ada perasaan tidak enak, sungkan, hingga takut dianggap ketakutan tidak akan dikembalikan. Alih-alih pinjaman langsung dikembalikan, terkadang orang tersebut malah mendadak amnesia akan utangnya. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 5 tips jitu dan jenius untuk menagih utang yang tak kunjung dikembalikan. Yuk disimak!

1. Mainkan harga dirinya

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnyatimhillpsychotherapy.com

Di sini kamu bisa mainkan harga dirinya dengan cara menyanjungnya. Misalnya dengan mengatakan bahwa ia adalah seorang yang bijaksana dan tahu bagaimana caranya bertindak dengan adil. Lalu beberapa jam setelah itu tagih utangnya karena dengan ia tak membayar utangnya, maka ia akan merasa khawatir rasa kagum kamu padanya akan hilang.

2. Beritahu kebutuhanmu dengan sopan

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnyahackspirit.com

Coba jelaskan mengenai kebutuhanmu saat ini dan jangan lupa katakan dengan sopan dan halus ya. Karena dengan begitu orang yang berutang akan mengerti dan segera melunasi utangnya. 

Baca Juga: 5 Hal Jujur yang Pasti Dirasakan Saat Nagih Hutang ke Teman!

3. Beri tawaran bahwa dia bisa membayarnya dengan cara dicicil

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnyabankrate.com

Terkadang ketika ia belum juga melunasi utangnya, bisa jadi orang tersebut saat ini sedang dalam kondisi keuangan yang buruk. Oleh karena itu, kamu bisa memberinya tawaran bahwa hutangnya bisa dibayar dengan cara dicicil.

4. Beri kode keras

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnyahuffpost.com

Kamu bisa memberikan kode keras agar orang yang ingin kamu tagih menyadari dan segera melunasi utangnya, misalnya dengan mengatakan "teman itu memang sudah seharusnya saling membantu, aku senang bisa membantumu ketika kamu sedang kesulitan".

Dengan kamu berkata seperti itu tentu bisa membuat ia merasa tak enak hati karena masih juga belum melunasi utangnya. 

5. Menagih dengan cara diancam

Suka Gak Enakan Saat Nagih utang? Ini 5 Cara Jenius untuk Menagihnyanypost.com

Jika beberapa cara sebelumnya masih juga belum berhasil, mungkin inilah cara terakhir yang bisa kamu lakukan meski terdengar tidak sopan.

Begitulah beberapa cara untuk menagih utang yang bisa kamu coba. Memberi pinjaman uang tentu memang tak ada salahnya, apalagi untuk membantu teman atau keluarga, tapi jangan juga sampai membuat masalah baru buat kamu ke depannya. 

Baca Juga: 7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan Hutang

William Sanjaya Photo Verified Writer William Sanjaya

May all living beings be happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya