Comscore Tracker

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi Padamu

Over self-love? Udah gak zaman, guys!

Memang sekarang kesadaran akan pentingnya mencintai diri sendiri tengah gencar digalakkan karena akan berdampak baik bagi kebahagiaan diri karena hal positif tersebut bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Namun sayangnya, banyak sekali orang yang terlalu berlebihan dalam mencintai diri sendiri dan apakah kamu adalah salah satunya? 

Kalau iya, cobalah untuk belajar mencintai dirimu sendiri secara wajar dan berbagi cinta dengan orang lain karena itu akan memberikan ketenangan jiwa dan terlalu berlebihan dalam mencintai diri sendiri akan memberikan enam akibat buruk berikut ini. Hati-hati!

1. Menjadi sombong karena merasa paling hebat

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuPexels/Crypto Crow

Salah satu hal buruk yang akan terjadi jika berlebihan dalam mencintai diri sendiri adalah kamu akan menjadi sombong bahkan kadar kesombongannya sangat tinggi berlipat-lipat karena cintamu kepada dirimu sendiri yang terlalu besar. 

Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan kamu tidak akan mendapat respek dari orang lain bahkan dikucilkan karena sikap seperti itu sudah tergolong toxic. Apakah kamu mau jadi makhluk paling kesepian sedunia? Mulai dari sekarang, coba deh cintai dirimu sendiri sewajarnya. 

2. Menjadi orang yang super egoistis 

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuPexels/Ezekixl Akinnewu

Orang yang mencintai dirinya sendiri secara berlebihan tentunya memiliki sifat yang egois parah. Mereka pasti akan cenderung memprioritaskan kepentingan hidupnya sendiri di atas kepentingan orang lain dan tak jarang merasa berat hati jika harus rela berkorban demi orang lain sehingga dengan entengnya mengutarakan kalimat penolakan. 

Sifat seperti itu jangan sampai kamu pertahankan karena bertentangan dengan hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang akan saling membutuhkan sampai kapanpun. Makanya, cobalah untuk belajar rela berkorban karena kepentingan orang lain juga tidak kalah pentingnya, lho!

3. Menjadi gila hormat karena kepercayaan diri yang terlalu tinggi

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuPexels/Guilherme Ferrari

Mencintai diri sendiri memang bisa menumbuhkan rasa percaya diri, tetapi orang yang terlalu berlebihan dalam mencintai diri sendiri tentu saja akan tumbuh dengan kepercayaan diri yang terlalu tinggi. Mereka akan menjadi sosok yang gila hormat karena selalu haus akan pujian, sanjungan, dan apresiasi dari orang lain bahkan cenderung suka membangga-banggakan diri sendiri di hadapan orang lain. 

Hal itu tentu saja sangat berbahaya karena orang lain bisa saja sangat muak dengan sifatmu suatu saat nanti. Nah, sebelum terlambat dan menyesal, terapkan self-love secukupnya saja, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Diketahui Kurang Mencintai Diri Sendiri, Terlalu Ambisius

4. Menjadi orang yang pendengki dan iri hati

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuPexels/Engin Akyurt

Orang yang berlebihan dalam mencintai dirinya sendiri akan cenderung suka memendam rasa iri dan dengki kepada orang lain karena merasa dirinya lebih baik, lebih cantik, lebih tampan, atau lebih kaya dari orang lain sehingga ia gampang merasa risi dan jengah begitu melihat orang lain yang lebih darinya dan bahkan berambisi untuk menjatuhkan orang tersebut. Duhh, seram betul ya?

Mulai sekarang, kamu harus ingat bahwa sejatinya rumput tetangga akan selalu tampak hijau dan kamu juga harus banyak bersyukur atas apa yang kamu miliki sebab rasa syukur merupakan kunci kebahagiaan sejati. 

5. Cenderung keras kepala dan antikritik

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuPexels/Genaro Servin

Seperti yang sudah disebutkan pada poin ketiga bahwa orang yang mencintai dirinya sendiri secara berlebihan akan selalu haus akan pujian dan apresiasi. Karena sudah terbiasa dipuja-puji, kamu pasti akan cenderung tidak mau menerima kritik dari orang lain. 

Hal ini tentu saja akan membuatmu menjadi pribadi yang keras kepala dan antikritik. Sadarilah bahwa suara-suara sumbang berupa kritikan dari orang lain akan terus ada sampai akhir hidupmu dan juga ada gunanya supaya kamu menjadi pribadi yang mau memperbaiki diri. So, jangan tutup telinga dari segala macam kritikan karena itu sangat tidak baik. 

6. Mematikan rasa empati terhadap sesama manusia

Stop Berlebihan Mencintai Diri Sendiri Atau 6 Hal Ini Terjadi PadamuUnsplash/Antonino Visalli

Terakhir, orang yang mencintai dirinya sendiri secara berlebihan akan mematikan rasa empati terhadap sesama manusia. Ini dikarenakan mereka akan lebih mempedulikan kepentingan dirinya sendiri di atas siapa pun dan cenderung bersikap bodo amat alias gak peduli dengan orang lain. Baginya, hidup mereka adalah urusan mereka, bukan dia. 

Padahal sifat seperti itu bisa menimbulkan sifat buruk lainnya seperti pelit dan congkak yang tentu saja akan membuatmu dibenci orang. Maka dari itu, kamu harus melihat dengan realistis bahwa di dunia ini masih banyak sekali orang yang hidupnya kurang beruntung. Cobalah untuk mengasah rasa empatimu dengan selalu berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. 

Memang, self love itu memang perlu bahkan wajib banget dilakukan, tapi jangan sampai membuatmu lupa diri karena tidak mau berbagi cinta kasih dengan orang lain, ya!

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini agar Kamu Gak Dicap sebagai Orang Egois

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya