Comscore Tracker

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar Dewasa

Menjadi dewasa bukan lagi sebuah pilihan 

Sayangnya, masih banyak orang yang sudah menginjak usia dewasa tetapi pola pikir dan tingkah lakunya masih seperti anak kecil alias childish padahal di masa sekarang ini, menjadi pribadi yang dewasa bukan lagi sebuah pilihan tetapi sebuah keharusan. Berikut ini adalah tujuh hal yang mustahil dilakukan oleh siapa pun yang benar-benar dewasa, simak!

1. Curhat saban kali ada masalah

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi cewek curhat (Pexels/Cliff Booth)

Memang curhat adalah kebutuhan mental dan psikologis yang sangat penting karena akan sangat berbahaya kalau kita memendam beban emosi seorang diri yang bisa berakibat depresi. Tetapi, jika kita sering sekali curhat setiap kali ada masalah yang datang meskipun itu masalah yang bisa dikatakan kecil, maka itu sama sekali gak dapat dibenarkan.

Karena sikap seperti ini menunjukkan bahwa kamu gak dewasa dalam memandang persoalan hidup, maka dari itu cobalah untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan kedua tanganmu sendiri. Bukan berarti curhat itu gak boleh, lho, kamu masih bisa melakukannya jika upaya memecahkan masalah itu menemui jalan buntu.

2. Melempar kesalahan ke orang lain

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi menyalahkan orang lain (Pexels/Liza Summer)

Banyak orang mengatakan bahwa menjadi dewasa itu berarti harus siap menanggung konsekuensi jika melakukan kesalahan dan salah satunya adalah dengan mengakui kesalahannya, meminta maaf, dan berusaha untuk memperbaikinya.

Namun, jika kamu malah selalu mengelak dan bersikeras gak bersalah bahkan sampai menuduh orang lain atas kesalahan yang sebenarnya adalah perbuatanmu sendiri, maka jangan heran kalau orang-orang akan cap kamu sebagai sosok yang kekanak-kanakan dan gak tahu apa itu tanggung jawab.

3. Mengikuti kata hati dalam mengambil keputusan

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi membuat keputusan (Pexels/AlphaTradeZone)

Kedewasaan seseorang juga terlihat dari caranya dalam mengambil keputusan.  Dalam hal ini, pantang banget memutuskan sesuatu hanya dengan mengikuti kata hati karena sama sekali gak mencerminkan sosok yang dewasa dan bijaksana.

Karena orang dewasa itu akan lebih mengutamakan logika daripada kata hati, cobalah untuk selalu berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan terutama jika keputusan tersebut berpengaruh besar terhadap kepentinganmu sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Ini Membuktikan Kamu Belum Dewasa

4. Keras kepala dan anti kritik

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi orang cuek (Pexels/Oleg Magni)

Bukan rahasia lagi bahwa hidup ini gak akan pernah lepas dari omongan negatif dari orang-orang sekitarnya dan di situlah perbedaan kentara antara orang dewasa dengan yang kekanak-kanakan akan terlihat. Orang yang benar-benar sudah matang dan dewasa dalam hal pola pikir akan mulai membuka telinganya terhadap omongan negatif dan tinggal disaring mana yang hanya menjatuhkan dan mana yang sifatnya membangun.

Sebaliknya, jika kamu selalu cuek dengan semua omongan negatif yang datangnya dari orang lain termasuk yang berupa kritik membangun, maka jangan salah kalau ini mencerminkan bahwa kamu adalah sosok yang keras kepala dan gak dewasa.

5. Hidup semaunya sendiri dan gak mau diatur

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi hidup bebas (Pexels/Ady April)

Kita semua menyadari bahwa kita hidup di lingkungan sosial yang penuh dengan segala macam aturan dan norma yang mau gak mau harus ditaati demi kenyamanan bersama. Yang mana, hidup semaunya sendiri dan gak mau mengikuti aturan yang ada di masyarakat bukanlah sesuatu yang patut dilakukan oleh orang dewasa.

Jadi kalau kamu masih saja mendewakan kebebasan dan hidup seenak jidat, hal inilah yang menunjukkan kalau kamu pribadi yang childish. Di mana kamu sendiri terlalu menganggap remeh attitude yang sebenarnya sangat penting dalam hidup bermasyarakat.

6. Membuang-buang waktu untuk hobi yang gak bermanfaat

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi bermain game (Pexels/Gustavo Fring)

Meluangkan waktu untuk hobi memang bukanlah sesuatu yang salah, tapi semakin bertambah dewasa maka kita pun harus menyadari bahwa waktu adalah uang. Yang mana menghabiskan waktu hanya untuk hobi yang gak ada manfaatnya bukanlah hal yang bijak dilakukan oleh orang yang benar-benar sudah dewasa.

Contoh sederhananya, kamu sering menghabiskan waktu untuk menekuni hobi game online padahal waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mencoba sesuatu yang berdampak positif untuk hidupmu di masa kini maupun masa depan. Kalau terus mempertahankan hobimu yang sudah dikatakan buruk maka hal ini pun akan membuatmu tampak kekanak-kanakan karena suka menyia-nyiakan waktu.

7. Gak mau memikirkan masa depan

7 Hal yang Gak Akan Dilakukan Orang yang Benar-Benar DewasaIlustrasi perencanaan masa depan (Pexels/Christina Morillo)

Memang kehidupan di masa kini itu harus dinikmati dalam setiap momennya agar gak menimbulkan penyesalan karena terlalu fokus ke masa depan yang masih menjadi misteri. Tetapi ini bukan alasan untuk gak mau memikirkan masa depan sama sekali, lho! Ingatlah bahwa orang dewasa itu adalah ia yang menjadikan masa depan sebagai orientasi hidupnya.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk memikirkan masa depan dengan lebih serius dan buatlah perencanaan yang jelas serta terukur agar kamu tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Hal-hal di atas yang gak akan mungkin dilakukan oleh mereka yang benar-benar sudah dewasa dalam menjalani hidupnya. Kalau kamu setuju gak dengan hal yang disebutkan tadi? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Reaksi Terbaik saat Kamu Disebut Belum Dewasa, Gak Perlu Marah

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya