Comscore Tracker

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! 

Lama-lama hidupmu bakal sengsara dan tampak menyedihkan 

Memang benar, bahwa kebahagiaan itu datangnya dari hati dan pikiran kita sendiri. Namun, bahagia atau sengsara juga tergantung dari sikap dan perbuatan kita yang bahkan sangat berpengaruh besar dalam hidup.

Jika hidupmu diisi dengan hal-hal positif, maka kebahagiaan akan datang. Begitu pula sebaliknya, akan ada hal buruk yang akan mengintai jika kamu memilih hal negatif dalam hidupmu. Contohnya saja enam perbuatan berikut yang ternyata juga bisa menjauhkanmu dari bahagianya hidup.

1. Terlalu royal dalam memberikan self-reward

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi belanja online (pexels.com/Negative Space)

Pertama, hidupmu akan jauh dari kebahagiaan jika kamu terlalu royal alias boros dalam memberikan self-reward. Bukan masalah, jika kamu ingin memberikan penghargaan pada diri sendiri. Namun, kalau sudah kebablasan tanpa batas bisa bikin kantong kering kerontang, lho.

Memang penting untuk menikmati hasil kerja keras sendiri. Namun, tetap ada sesuatu yang harus diingat, bahwa kesehatan finansial itu sangat berpengaruh pada kebahagiaan seseorang. Jika kondisi keuanganmu sudah gak sehat seperti kata pepatah, besar pasak daripada tiang,  maka kamu akan sangat susah untuk merasakan kebahagiaan sejati. 

2 .Memendam emosi negatif dan pura-pura bahagia

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi pura-pura bahagia (unsplash.com/Ángel López)

Jika terbiasa memendam emosi negatif dan berpura-pura bahagia seolah gak terjadi apa-apa, kamu bisa jauh dari kata bahagia, lho. Banyak orang memilih untuk melakukannya dengan alasan menjaga wibawa atau ingin terlihat sebagai orang yang benar-benar dewasa, padahal sebenarnya ada bahaya di baliknya.

Kamu gak akan merasakan kebahagiaan tanpa tahu rasanya emosi negatif seperti kesedihan, misalnya. Jika kamu sendiri malah memendamnya dalam waktu yang sangat lama, maka sama saja dengan menimbun racun berbahaya. Tentu, hal itu juga bisa menjerumuskanmu ke dalam stres bahkan depresi berkepanjangan.

3. Meluapkan emosi negatif tersebut secara berlebihan

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi marah (unsplash.com/Julien L)

Meskipun memendam emosi negatif itu gak baik, tapi kamu akan semakin jauh dari kebahagiaan jika kamu malah meluapkannya secara berlebihan. Apalagi kalau kamu sampai melakukan hal tersebut di muka umum.

Sadarilah, bahwa hal tersebut sangat memalukan dan hanya akan membuat hidupmu gak tenang. Sebab, kamu akan panen cap buruk, seperti lebay atau kekanak-kanakan dari orang-orang yang melihatnya. Tentu saja, ini juga akan berimbas pada citra dirimu sendiri di masa depan. Ingatlah selalu, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik, termasuk meluapkan emosi negatif.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pagi Hari Bikin Hidup Lebih Bahagia

4. Berbuat curang

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi menyontek (pexels.com/RODNAE Productions)

Perbuatan lain yang bisa menjauhkanmu dari kebahagiaan hidup adalah jika nekat melakukan kecurangan dalam meraih sesuatu. Entah itu menyontek saat ujian demi mendapatkan nilai bagus atau menyuap pihak tertentu demi bisa menang tender proyek pekerjaan. Perbuatan seperti ini justru akan membuat hidupmu gak akan tenang dan bahagia.

Ketahuilah, bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan cara yang gak jujur pasti tak akan berakhir baik. Belum lagi, jika yang kamu lakukan itu merugikan perusahaan tempatmu bekerja bahkan negara. Itu tak hanya kamu saja, tapi orang-orang terdekat dan keluargamu pun akan ikut menanggung akibat dari perbuatan yang jelas-jelas tercela ini.

5. Mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang sebagai pelarian

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi minum alkohol di party (pexels.com/olia danilevich)

Kelima, hidupmu akan semakin jauh dari kebahagiaan jika mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang sebagai bentuk pelarian dari peliknya lika-liku kehidupan. Memang kamu bisa rileks dan bahagia dalam sekejap, tapi setelahnya akan ada bahaya yang mengintai.

Sekali saja kamu lari ke kedua barang haram tersebut maka akan susah sekali untuk lepas darinya. Seba, baik alkohol maupun obat-obatan terlarang bisa membuat pemakainya ketagihan bahkan kecanduan. Tentu, hal ini pun bisa berakibat sangat buruk untuk kesehatan fisik dan mental.

6. Bermalas-malasan dan terlalu santai dalam hidup

6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! ilustrasi bermalas-malasan (pexels.com/Tamba Budiarsana)

Perbuatan terakhir yang juga bisa menjauhkanmu dari kebahagiaan hidup adalah jika bermalas-malasan dan terlalu santai dalam menjalani hidup. Percayalah, kamu gak akan pernah bisa bahagia jika terus saja menjalani hidup dengan cara seperti ini.

Memang gak bisa diganggu gugat bahwa nyatanya hidup bahagia itu membutuhkan materi. Itu semua hanya bisa terwujud lewat jalan bekerja keras dan cerdas. Logikanya, apakah kamu bisa bahagia jika kerjamu hanya rebahan dan berleha-leha menikmati hidup? Jelas gak mungkin, kan? 

Kalau mau hidupmu bahagia selamanya, maka berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu. Segeralah hindari enam perbuatan buruk seperti dalam pembahasan tadi. Sebab bahagia atau sengsaranya hidupmu hari ini, esok, dan nanti sangat ditentukan oleh apa yang kamu perbuat.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Pasangan Moody agar Tak Jadi Pelampiasan

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya