Comscore Tracker

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata "Ya" 

#IDNTimesLife Karena manusia itu saling membutuhkan 

Selama ini kamu pasti sering kan mendengar saran agar gak terlalu sering mengiyakan semua permintaan orang lain? Pasalnya, gak akan mungkin bisa menyenangkan semuanya dan kamu juga harus memprioritaskan diri sendiri dengan berkata "tidak”.

Namun, cobalah kamu pikirkan dan renungkan dalam-dalam jika kamu masih terus berkata “tidak” pada setiap permintaan orang lain. Karena kamu harus menyadari bahwa ternyata sikap seperti itu tidak selalu baik, lho.

Justru jika kamu selalu berkata “ya” saat ada permintaan orang lain akan mendatangkan banyak keuntungan yang gak terduga untukmu. Apa sajakah itu? Yuk, mari disimak!

1. Orang akan memberikan kesan bahwa kamu adalah sosok dermawan dan suka menolong 

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata Ya Pexels.com/Denniz Futalan

Jika kamu selalu menolak permintaan orang lain, kamu akan terkesan sebagai sosok egois yang hanya mementingkan diri sendiri di mata orang-orang. Begitupun sebaliknya, dengan mengiyakan permintaan mereka dengan catatan permintaan mereka itu sangat penting, orang akan memberikan kesan bahwa kamu selalu mementingkan orang lain dan suka menolong sesama.

Meskipun kamu berpikir bahwa kamu juga punya kepentingan sendiri, namun setidaknya kamu akan dianggap sebagai orang baik di mata mereka.

2. Terkadang, menolak permintaan orang lain hanya akan menjadi beban bagi hati dan pikiranmu sendiri 

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata Ya Unsplash.com/ Emiliano Vittoriosi

Pernahkah kamu merasa gak enak dan bersalah ketika kamu menolak permintaan orang lain? Makanya, kamu juga harus sadar bahwa gak semua permintaan orang lain bisa kamu tolak seenaknya sendiri. Apalagi jika ia sangat membutuhkan uluran tanganmu. Duh, kalau begini, jadinya kamu yang terbebani sendiri setelahnya

3. Kamu juga akan menyesal jika permintaan yang kamu tolak itu sangat penting bahkan bersifat darurat 

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata Ya Pexels.com/Dolapo Ogundiran

Apalagi kalau kamu menolak permintaan mereka yang sangat penting bahkan itu bersifat darurat. Jika kamu bersikap demikian, maka bukan gak mungkin akan berakibat fatal jika itu menyangkut nyawa seseorang atau kariermu akan mandek jika menyangkut masalah pekerjaan.

Inilah mengapa kamu seharusnya berkata “ya” pada permintaan orang lain yang seperti itu. Ini lebih baik daripada menyesal kemudian akibat sudah terlanjur menolaknya.

Baca Juga: 10 Chat Pelamar Kerja Kurang Sopan Santun Ini Bikin Emosi, Hih Gemes!

4. Kamu jadi belajar untuk lebih berempati dan gak egois 

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata Ya Pexels.com/Phuc Pham

Nah, dengan selalu mengatakan “ya” saat dimintai tolong oleh orang lain, kamu akan belajar untuk gak bersikap egois. Pada akhirnya kamu bisa lebih punya empati dengan kesusahan hidup orang lain di sekitarmu dan juga akan menjadi pribadi yang lebih peka sosial dan memiliki rasa peduli yang tinggi.

5. Hatimu akan lebih tenang saat kamu mampu meringankan beban orang lain  

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Keuntungan jika Kamu Selalu Berkata Ya Unsplash/Radu Florin

Keuntungan yang paling luar biasa jika akhirnya kamu mampu menolong orang lain dan meringankan beban mereka adalah hatimu akan terasa lebih tenang dan bahagia. Ketenangan jiwamu tentu akan berpengaruh pada kehidupanmu yang jauh lebih positif. Selain itu, kamu juga akan mendapat pahala atau rezeki yang gak terduga atas perbuatan baikmu itu.

Selagi permintaan itu positif, gak ada salahnya untuk mengatakan “ya” jika kamu bisa membantunya. Tetapi jika kamu gak mampu melakukannya apalagi jika sampai mengganggu hidupmu, kamu boleh mengatakan “tidak” dengan cara yang sopan.

Jangan asal bilang “tidak” pada permintaan orang lain yang hanya akan menjatuhkanmu dalam jurang penyesalan yang dalam.

Baca Juga: 5 Tips Sopan untuk Menolak Seseorang tanpa Melakukan Ghosting

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya