Comscore Tracker

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah 

Ingatlah bahwa mengalah bukan berarti kalah, lho

Kita semua tahu bahwa kita harus tegas dalam mempertahankan pendapat, prinsip, atau pendirian dalam hidup supaya gak mudah diinjak-injak oleh orang lain. Namun hal tersebut jangan sekali-kali dijadikan alasan untuk bersikap keras kepala dan gak mau mengalah, terutama dalam kondisi dan situasi tertentu.

Tegas soal prinsip hidup itu penting, tapi ada konsekuensi yang harus kamu tanggung kalau kamu gak mau mengalah karena terlalu teguh memegang prinsip. Penasaran kayak apa? Yuk, mari disimak!

1. Gak akan menyelesaikan masalah

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah Pexels/Jopwell

Yang pertama, konsekuensi yang bakal kamu rasakan jika terlalu keras kepala dan gak mau mengalah ialah masalah yang dihadapi malah gak terselesaikan dengan tuntas. Berlapang dada dalam menerima keputusan bersama itu memang diperlukan walaupun itu gak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, sebab bisa saja itu merupakan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

2. Memunculkan perdebatan yang semakin memperkeruh keadaan

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah Pexels/Alex Green

Kalau kamu sendiri gak mau mengalah karena terlalu keras dalam berprinsip juga memunculkan perdebatan yang justru membuat keadaan semakin keruh. Percayalah saling debat dan adu argumen karena ego dan nafsu idealisme malah gak ada gunanya, guys. Mending mengalah demi kebaikan bersama, OK gak?

Baca Juga: Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegas

3. Kamu akan kehilangan respek di hadapan orang lain

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah Pexels/Andrea Piacquadio

Teguh pendirian memang penting banget agar kamu disegani orang lain, namun bukan berarti kamu harus selalu merasa benar sendiri alias gak mau mengalah atas pendapat atau pemikiran orang lain. Kalau kamu seperti itu, akibatnya adalah kamu gak akan dihormati oleh orang lain dan bahkan dipandang sebelah mata.

4. Kelihatan banget kamu gak dewasa

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah Pexels/Abhishek Gaurav

Kalau kamu terlalu keras memegang prinsip dan gak mau mengalah juga bakal membawa konsekuensi buruk bagi citra dirimu di mata masyarakat, lho. Kalau dilihat sikapmu itu, semakin mempertegas betapa childish atau gak dewasanya kamu di mata masyarakat karena faktanya, orang dewasa itu akan selalu ingat kata pepatah "mengalah bukan berarti kalah" yang diartikan bahwa sikap selalu mengalah adalah bukti kedewasaan seorang manusia.

5. Kebijaksanaan gak akan tumbuh di dalam diri

Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah Pexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu gak mau mengalah karena terlalu berpegang teguh prinsip juga bakal berakibat pada kebijaksanaan yang gak akan tumbuh di dalam dirimu sendiri. Karena kamu sendiri selalu merasa prinsipmu paling benar, keras kepala dan cenderung gak mau mengalah demi mempertahankan ego dan gengsi semata.

Itulah konsekuensi yang akan kamu terima jika terlalu keras dalam berprinsip dan gak mau mengalah. Tegas mempertahankan prinsip hidup itu penting, tetapi yang paling penting adalah jangan takut apalagi gengsi untuk mengalah karena hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang berjiwa besar. Setuju?

Baca Juga: 5 Risiko yang Harus Diterima jika Sering Mengalah pada Teman Sendiri

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya