Comscore Tracker

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!

Kamu mulai malas mencoba hal baru 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang menjadi passion, terlebih jika mereka berbakat di bidang itu. Tentu saja memiliki passion dalam suatu bidang itu sangat penting karena bisa membuatnya lebih bersemangat karena rasa cintanya yang tinggi.

Namun, yang perlu diperhatikan sekaligus diwaspadai adalah ketika sesuatu yang menjadi passion-mu perlahan berubah menjadi zona nyaman. Seperti yang kamu tahu, ini adalah musuh besar orang sukses. Lantas, bagaimana caranya mengetahui kalau passion-mu itu sudah berubah drastis menjadi zona nyaman? Yuk, mari kita cari tahu lewat lima tanda berikut ini!

1.Cepat berpuas diri 

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!ilustrasi puas (pexels/RODNAE Productions)

Tentu kamu sudah berkali-kali mendengar nasihat agar jangan cepat berpuas diri karena sama sekali gak ada untungnya. Meskipun begitu, nyatanya masih banyak orang yang cuek dengan hal tersebut. Dengan dalih mengikuti atau sudah menemukan passion, pada akhirnya malah merasa gak perlu berusaha lebih keras lagi.

Padahal cepat berpuas diri merupakan salah satu pertanda bahwa apa yang menjadi passion-mu sudah berubah menjadi zona nyaman, lho. Kamu merasa sudah cukup dengan apa yang menjadi kesukaanmu sampai lupa bahwa ada yang harus ditingkatkan lagi.

2.Jadi gampang merasa bosan sampai kehilangan semangat

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!ilustrasi bosan (pexels/Andrea Piacquadio)

Ada gak orang yang bisa melakukan suatu pekerjaan yang sama dalam jangka waktu lama serta tanpa rasa bosan? Tentunya gak ada ‘kan? Pada hakikatnya, manusia itu akan merasa bosan dengan sesuatu yang sama terus-menerus dan haus akan sesuatu yang menantang. Menyikapi hal ini, kamu harus sesegera mungkin mencari tantangan baru.

Namun fakta menunjukkan sebaliknya, masih banyak sekali orang yang gak menyadari hal tersebut. Terlena dengan passion yang dimiliki membuatmu gampang sekali merasa bosan sehingga gak ada semangat sama sekali karena gak ada satu hal pun yang membuatmu tertantang. Jika kamu sedang dalam situasi begini, sadarilah bahwa sebenarnya passion kamu itu sudah menjadi zona nyaman yang berbahaya, lho!

3.Hidupmu jauh dari kemandirian finansial 

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!ilustrasi orang sedang bokek (pexels/cottonbro)

Melakukan sesuatu yang menjadi passion itu memang menyenangkan yang mana kamu bekerja dengan sepenuh hati. Namun, bagaimanapun juga gak semua bidang yang sesuai passion itu menjanjikan dalam segi pendapatan sementara orang dewasa pastinya harus dituntut mandiri secara finansial. Jangan sampai hidupmu habis hanya untuk mengejar passion.

Terlalu fokus pada sesuatu yang gak menghasilkan cuan lebih hanya akan menjebakmu dalam kehidupan yang serba kekurangan. Awalnya, sih, kamu menemukan kenyamanan dari pekerjaan yang sesuai passion kamu saat ini. Namun, passion yang sudah berubah jadi zona nyaman justru membuatmu menutup diri dari peluang lain yang bisa saja lebih prospektif.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Menemukan Passion dalam Karier, Penting Diketahui!  

4.Malas mencoba sesuatu yang baru 

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!ilustrasi wanita bekerja (pexels/Anthony Shkraba)

Memang, bekerja sesuai passion memberikanmu kepuasan tersendiri karena dilakukan dengan hati gembira. Namun, kamu juga harus tahu bahwa dunia ini penuh dengan sesuatu yang baru dan bisa saja menjadikanmu sosok yang lebih berkualitas kalau saja mau mencobanya.

Salah satu tanda bahwa passion-mu saat ini sudah berubah menjadi zona nyaman adalah munculnya rasa malas untuk mencoba sesuatu yang di luar bidangmu. Kamu membuang kesempatan untuk mencoba hal baru demi hal yang sudah kamu kuasai saja. Padahal ini kebiasaan buruk yang gak boleh dipertahankan karena akan mengakibatkan wawasanmu menjadi sempit dan hidupmu serasa jalan di tempat alias gak ada kemajuan, lho.

5.Mulai merasa sudah jauh tertinggal dari orang lain 

5 Tanda Passion Sudah Berubah Menjadi Zona Nyaman, Waspadalah!ilustrasi sedih (pexels/Alvin Decena Gcash&Coins.ph09561687117)

Benar, sih, hidup ini bukan ajang perlombaan, tapi bukan berarti kamu lantas buta akan progres hidup orang-orang di sekitarmu. Bahkan lewat media sosial saja, kamu pasti tahu kabar mereka yang sudah berhasil jadi "orang". Kalau mau tahu, kunci emas bisa sampai pada posisi saat ini adalah berani meninggalkan segala macam kenyamanan, termasuk passion mereka sendiri.

Merasa sudah jauh tertinggal dari orang lain dapat menjadi clue bahwa passion-mu sudah berubah menjadi zona nyaman, lho. Awalnya, kamu ingin memperjuangkan apa yang menjadi kesukaanmu. Tetapi, terlalu puas dan nyaman dengan passion-mu saat ini malah membuatmu enggan melakukan lebih sehingga rentan minder ketika melihat mereka sudah melangkah sangat jauh sementara kamu masih di tempat yang sama.

Mengikuti passion memang bukanlah sesuatu yang salah. Namun ketika hal itu sudah membuatmu terjebak zona nyaman, maka jangan ragu untuk segera meninggalkannya dan carilah sesuatu yang bisa membuatmu terus bergerak maju. Jika kamu sedang mengalami lima tanda seperti dalam pembahasan tadi, segera pasang kewaspadaan, ya!

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya