Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiri

Jangan abaikan dirimu!

Saat memasuki usia dewasa kita terlalu sibuk melihat orang lain di hidup kita. Betapa sempurnanya hidup orang-orang yang kita lihat dan selalu menjadikan hal tersebut keluhan yang berujung membuat diri sendiri menjadi terasa tidak beruntung.

Daripada menyalahkan dirimu karena melihat orang lain, lebih baik kamu coba fokus dengan dirimu saat ini. Banyak hal yang mungkin saja tidak kamu ketahui mengenai dirimu yang mungkin saja bisa jadi potensi atau menemukan titik salah yang harus kamu perbaiki. Beberapa alasan kenapa kamu harus fokus pada dirimu :

1. Agar bisa memahami dirimu

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiriilustrasi wanita sedang menulis (pexels.com/Mikhael Nilov)

Memahami diri sendiri adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui sebenarnya apa yang kamu butuhkan dan apa yang selama ini menjadi penghambat untukmu melangkah maju.

Dengan mulai fokus pada dirimu sendiri, kamu akan tau kekurangan dan kelebihanmu. Fokuslah pada kelebihan tersebut untuk dikembangkan dan abaikan kekurangan jika itu jadi penghambat.

2. Agar bisa melihat potensi diri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiriilustrasi tersenyum (pexels.com/Shvet Production)

Terlalu insecure dengan pencapaian orang lain adalah karena kamu fokusnya untuk orang tersebut. Coba alihkan pandangan tersebut pada dirimu. Barangkali juga ada kelebihan yang kamu miliki yang tidak kamu sadari awalnya.

Lakukan semua hal yang kamu sukai, cari tahu mana hal menarik yang kamu lakukan namun tidak menyiksa dirimu. Biasanya potensi akan muncul saat kamu mencoba berbagai hal.

Baca Juga: 5 Tips Melatih Fokus Diri untuk Hasilkan Karya yang Bermanfaat 

3. Agar kamu bisa tau tujuan hidupmu

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiriilustrasi percaya diri (pexels.com/Moose Photos)

Saat sudah tau potensi diri dan mengembangkannya tentu kamu jadi punya tujuan. Dengan potensi ini kamu yakin dan menjadi terarah ke mana harusnya kamu melangkah untuk mencapai tujuan hidupmu.

Mencapai tujuan hidup perlu fokus dan punya target yang jelas. Jangan abaikan apa pun kesalahan yang barangkali bisa jadi pelajaran untuk kamu perbaiki.

4. Agar bisa memberikan reward untuk dirimu sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiriilustrasi wanita sedang makan (pexels.com/Ivan Samkov)

Memberikan reward pada diri sendiri merupakan bentuk mensyukuri bahwa apa yang kamu lakukan sejauh ini adalah karena dirimu sudah mampu sabar dan melakukan hal terbaik. Betapa bahagia rasanya jika kita sudah melakukan banyak hal dan itu dihargai.

Kebanggaan terhadap diri sendiri juga bisa menjadi tambahan semangat. Apabila semangat ini terus dipupuk tentu membuat kerja keras yang dilakukan tidak akan sia-sia.

5. Agar kamu punya gambaran langkah yang harus kamu lakukan

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Pada Dirimu Sendiriilustrasi niat kuat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyadari diri sendiri akan kebutuhan, peran dan tanggung jawab menjadikan diri kita lebih memahami arti hidup. Terkadang jika kita tidak paham maka muncullah kebingungan yang akhirnya menghambat keinginan untuk maju.

Seiring berjalannya waktu saat memahami diri dan terus fokus dengan tujuan, di situlah timbul keinginan dan tujuan. Tujuan yang ingin dicapai akan memunculkan langkah yang harus dilalui.

Jangan terus mengabaikan diri lalu muncul penyesalan mendalam. Terkadang orang tidak tau mau melakukan apa untuk hidupnya karena terlalu fokus dengan pencapaian dan usaha orang lain, bukan pada pencapaian dan tujuan hidupnya sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Sepele agar Kamu Bisa Fokus pada Target, Ada Trik Ampuhnya, lho

Witri Wahyuni Photo Verified Writer Witri Wahyuni

Daripada numpuk dikepala, mending ditulis aja!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya