Comscore Tracker

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimalis

Contoh hidup minimalis ala orang Jepang

Gaya hidup minimalis mengajarkan kita untuk tidak banyak menyimpan barang, cukup miliki barang yang kamu butuhkan. Tidak hanya batasi membeli barang baru yang semakin menambah tumpukan barang di rumah, tapi juga harus mengurangi dan mengikhlaskan barang yang sudah tidak terpakai, declutter. Kamu bisa mendaur ulang atau mendonasikan barang-barang kamu yang sudah tidak dibutuhkan. Kamu tertarik untuk mulai decluttering, simak tips berikut.

1. Luangkan waktu dan siapkan mental

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimaliskaossolutions.com

Proses decluttering memerlukan waktu khusus. Kamu bisa menggunakan waktumu saat hari libur atau akhir pekan, daripada membuang waktu percuma lebih baik digunakan untuk berbenah. Mental juga diperlukan saat decluttering. Karena kita hanya akan menyimpan barang yang dibutuhkan, bukan yang penuh kenangan.

2. Fokus dan pilih mulai dari mana

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimalistheinspiredhome.com

Kamu bisa melakukan decluttering berdasarkan zona. Misalnya, mulai dari lemari pakaian, lalu rak buku, meja rias yang penuh dengan skin care dan kosmetik dan seterusnya. Pilihlah yang paling nyaman untukmu.

3. Siapkan alat yang diperlukan

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimalisnorthphoenixfamily.com

Alat yang diperlukan misalnya container atau kardus bekas. Untuk ini kamu tidak perlu membeli yang baru. Carilah kotak bekas yang ada di rumahmu. Fungsinya adalah untuk memisahkan barang yang akan disumbangkan, didaur ulang, atau diperbaiki.

Baca Juga: 10 Potret Kantor Nintendo, Sederhana dan Minimalis tapi Tetap Asyik

4. Mulai dari yang termudah

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimalisgoodhousekeeping.com

Mulailah dari ruang atau zona yang termudah untukmu. Misalnya yang tidak terlalu banyak barangnya atau yang tidak terlalu memiliki banyak kenangan.

5. Jangan dulu menambah barang

5 Tips Merapikan Barang-barang untuk Gaya Hidup Minimaliseconomictimes.indiatimes.com

Tujuan dari decluttering adalah mengurangi barang dan menyimpan hanya yang dibutuhkan. Jadi, tahan dulu keinginanmu untuk membeli barang. Bisa jadi dengan melakukan decluttering kamu menyadari bahwa semua yang kamu butuhkan sudah kamu miliki. Dan, belilah barang sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan.

Yuk mulai beberes rumah.

Baca Juga: 5 Pesan Moral yang Bisa Kamu Petik dari Tayangan Netflix Marie Kondo

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya