Comscore Tracker

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tangga

Tetap produktif dengan #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Menjadi ibu rumah tangga menjadi pilihan bagi beberapa orang wanita setelah menikah dan punya anak.

Sebagian besar waktu ibu rumah tangga dihabiskan di rumah, mengurus anak, suami, dan pekerjaan rumah. Rutinitas tersebut tak jarang membuat ibu rumah tangga mudah merasa jenuh.

Namun, di era digital seperti sekarang ibu rumah tangga tak perlu khawatir lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya internet. Dengan begitu rasa bosan bisa menghilang sejenak.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di rumah dengan internet.

1. Me time

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggapexels.com/ bruce mars

Ibu rumah tangga pasti membutuhkan me time untuk beristirahat dari rutinitas harian. Me time bisa dilakukan di rumah jika belum memungkinkan untuk keluar rumah. Misalnya dengan streaming film atau drama yang sedang hits. Dengan banyaknya aplikasi untuk menonton film dan drama misalnya Viu, kegiatan menonton bisa dilakukan di rumah sambil menemani anak.

Jika kamu suka membaca, kamu juga bisa memanfaatkan kuota internet untuk membaca. Misalnya membaca blog, media online, atau membaca ebook. Sekarang juga sudah ada ipusnas sehingga kamu bisa meminjam ebook yang tersedia.

Untuk penggemar lagu, bisa juga menikmati lagu kesukaan melalui aplikasi pemutar lagu yang sudah banyak tersedia misalnya Spotify. Dengan begitu ibu rumah tangga tidak akan mudah bosan karena bisa me time di rumah.

2. Update ilmu dan informasi

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggaunsplash.com/ Paige Cody

Kesibukan menjadi ibu rumah tangga mungkin akan membuatmu sulit untuk keluar mengikuti seminar atau kursus. Apalagi jika memiliki anak yang masih kecil dan tidak bisa ditinggal. Namun, dengan kecanggihan teknologi kamu tetap bisa meng-update ilmu dan informasi yang kamu perlukan.

Kamu bisa mencari informasi yang kamu inginkan di mesin pencarian. Dan jika memerlukan suatu tutorial, misalnya tutorial make up atau hijab kamu bisa mencarinya di YouTube. Dengan begitu kamu tetap bisa update info terkini dan menambah ilmu walaupun sehari-hari lebih banyak di rumah.

3. Mencari resep memasak

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggawww.pexels.com/ Craig Adderley

Menjadi ibu rumah tangga yang harus menyiapkan makanan untuk keluarga sering kebingungan mau masak apa. Ketika ide memasak sedang buntu, kamu bisa berselancar di internet untuk mencari ide dan resep memasak.

Akun resep masakan sangat banyak di YouTube bahkan instagram. Selain itu kamu juga bisa menginstal aplikasi resep seperti cookpad. Dengan begitu kamu tak perlu bingung lagi mau masak apa.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga 'Kewarasan' Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

4. Berkomunikasi dengan keluarga dan teman

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggawww.tomsguide.com

Setelah menikah dan mempunyai anak, mungkin frekuensi kamu untuk bisa berkumpul bersama teman dan keluarga tidak bisa sesering saat masih single. Apalagi jika kamu tinggal jauh atau merantau. Beruntung sekarang sudah ada fitur video call. Jadi jika rindu dengan sanak saudara dan teman yang jauh kamu tetap bisa melihatnya dengan video call.

5. Bergabung dengan komunitas

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggawww.pexels.com/ rawpixel.com

Orang tua millennial mempunyai keunggulan dibanding orang tua zaman dulu.

Sekarang banyak komunitas untuk ibu agar tetap bisa bersosialisasi dan menambah ilmu. Banyak komunitas online yang bisa kamu ikuti. Misalnya komunitas ibu profesional, komunitas homeschool, dll. Dengan begitu bisa menambah kenalan dan tentunya ilmu.

6. Membuka bisnis online

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggawww.pexels.com/ pixabay

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa produktif dan berpenghasilan sendiri. Dengan adanya internet kamu bisa membuka online shop. Kamu bisa menjual baju, hijab, aksesoris, makanan, dll.

Jika kamu suka menulis kamu juga bisa memanfaatkan hobimu untuk menambah penghasilan misalnya dengan menjadi penulis artikel freelance atau menulis di media online. Jadi kamu tetap bisa berpenghasilan dari rumah.

7. Mencari tips seputar rumah tangga, parenting, dan kesehatan

Bikin Gak Bosan, 7 Manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tanggawww.pexels.com/ Fancycrave.com

Sebagai ibu tentunya harus mengerti ilmu parenting dan manajemen rumah tangga. Sekarang banyak artikel dan info seputar parenting yang beredar. Kamu tinggal mencarinya di mesin pencarian seperti Google. Carilah informasi yang memang berasal dari pakarnya.

Kamu juga bisa mengikuti akun instagram yang berisi informasi dan tips untuk ibu misalnya ibupedia. Dan untuk mencari informasi kesehatan kamu bisa membuka website kesehatan seperti alodokter. Beberapa dokter anak juga membagikan ilmu seputar merawat anak di instagram, misalnya dr Meta Hanindita dan dr Apin.

Nah, dengan begitu ibu rumah tangga tetap bisa melakukan banyak hal di rumah dengan internet untuk mengusir rasa bosan. Kamu perlu menyiapkan kuota internet yang mumpuni. Kamu bisa menggunakan IM3 Ooredoo karena mempunyai jaringan #4GPlusKuat sehingga kamu bisa #MakinKuatInternetan.

Kamu bisa mengecek jangkauan jaringannya di website https://indosatooredoo.com/4gplus ya. Dengan jaringan #4GPlusKuat dari Indosat Ooredoo, kamu bisa #MakinKuatInternetan sehingga bisa menjadi ibu rumah tangga yang tetap produktif walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga adalah Sosok yang Tangguh

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You