Comscore Tracker

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahun

Perhatikan hal-hal ini supaya kamu gak menyesal kemudian.

Pernah mendengar istilah quarter-life crisis? Istilah itu merujuk pada momen di kala kita sedang berada di tengah transisi penting, yakni menuju usia matang alias dewasa. Katanya sih, hal ini mulai terjadi sejak kita memasuki usia 26 tahun. Usia yang menandakan harapan bahwa kita sudah bisa mandiri dari orangtua, serta bertanggung jawab akan kehidupan masing-masing.

Berbicara soal tanggung jawab, gak akan pernah lepas dari yang namanya pengambilan keputusan. Nah di masa-masa ini, ternyata cukup banyak lho keputusan penting yang sebaiknya mulai dipikirkan. Jangan sampai menyesal kemudian, hanya karena gak tahu atau kurang persiapan. Apa saja ya, kira-kira?

1. Keluar dari pekerjaan yang bikin gak bahagia

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahunpianoaround.com

Pekerjaan yang baik ialah yang tak hanya bisa memberikanmu banyak ilmu, namun juga mendorongmu untuk tetap positif dan bersemangat. Tentu akan selalu ada masalah di dalam dunia kerja, namun dirimu menjadi ‘pahit’ karenanya. Apabila kamu selalu merasa berat saat akan berangkat ke kantor, mungkin ini bisa jadi pertanda untuk mulai menimbang ulang pilihan kariermu.

2. Mulai serius dalam menjalani hubungan

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahunonethreeonefour.com

Boys and girls, segeralah memikirkan hubungan kalian dengan si dia. Apakah kalian sudah tahu arah hubungan, atau hanya sekedar ‘main-main’ saja? Memang hal ini kembali kepada situasi dan kesepakatan masing-masing, namun tak ada salahnya lho, untuk mulai belajar berkomitmen. Yakin deh, akan banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dengan serius menjalani hubungan.

3. Merencanakan masa depan dari sekarang

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahuninvestopenly.com

Seringkali, orang-orang baru mulai merencanakan masa depan setelah menghabiskan 1-2 tahun bekerja. Rencana masa depan ini bermacam-macam lho, misalnya membeli rumah atau bahkan menikah. Sebaiknya, buatlah daftar prioritas mengenai apa saja yang ingin dicapai, beserta target waktunya. Barulah dari situ kamu bisa menjalankan persiapan secara rutin, seperti cicilan misalnya. Kalau bingung, kamu bisa browsing atau juga berkonsultasi dengan orang-orang terdekat.

4. Membeli kendaraan sendiri

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 TahunDok. Yamaha

Selain rumah, kendaraan ialah salah satu bekal hidup yang penting banget untuk dimiliki. Gimana gak, pasalnya kendaraan pasti dibutuhkan dalam keseharian, mulai dari ngantor, pacaran, hang out, dll. Tentukan dulu berapa budget yang harus dipersiapkan guna mendapatkan kendaraan impianmu. Ada baiknya sih hal ini dilakukan jauh-jauh hari, supaya beban menabungnya juga tidak terlalu besar.

Ada anggapan yang menyatakan bahwa, “Pilih kendaraan itu kayak pilih jodoh; harus hati-hati.” Hal itu ada benarnya, lho. Namanya juga kendaraan pribadi pertama, jadi pastikan kamu gak salah pilih. Mulai dari desain hingga fitur yang ditawarkan, semua harus pas dengan selera dan kebutuhanmu. Salah satu yang bisa jadi pilihan ialah Yamaha NMAX, yang masuk di dalam kategori baru Ultimate Sports Matic. Yamaha NMAX merupakan motor pertama di dunia dengan teknologi VVA, yang memberikan performa akselerasi mantap sekelas motor balap. 

Gak perlu khawatir saat melesat di medan yang licin sekalipun, sebab motor ini dilengkapi dengan ABS (Anti-Lock Brake System) dan double disc brake untuk kontrol yang maksimal. Terlebih, ban dan velgnya pun berukuran lebar, sehingga lebih stabil. Dengan segala keunggulan tersebut, gak perlu takut kantongmu terkuras. Sebab, Yamaha NMAX menggunakan teknologi Blue Core sehingga lebih irit dan efisien untuk urusan bahan bakar. Yang terakhir ini penting banget nih, untuk anak-anak muda!

5. Mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahunverywell.com

Yang satu ini sering diremehkan, padahal sebenarnya penting banget. Gak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa depan. Sejalan dengan pepatah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’, salah satu hal yang bisa dilakukan ialah memiliki asuransi kesehatan. Jadi apabila sewaktu-waktu jatuh sakit, kamu tidak akan terlalu repot mempersiapkan biaya.

6. Melanjutkan pendidikan, yes or no?

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahunpixabay.com

Pertanyaan yang satu ini sering menghinggapi mereka yang berada di usia 20-an. Ada yang sudah yakin untuk mengambil S2, ada juga yang masih bimbang karena merasa sayang meninggalkan pekerjaan. Apapun pilihanmu, yang terpenting ialah fokus mencari yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai membuat keputusan hanya karena ikut-ikutan teman saja, ya!

7. Traveling sendiri, berani?

7 Keputusan Besar yang Harus Diambil Sebelum Umur 26 Tahunletsmend.com

Katanya, selagi masih muda kita harus menyempatkan diri untuk melakukan traveling seorang diri, ke tempat yang asing. Dengan kata lain, belajar untuk memulai dari nol dan merasakan diri sebagai ‘orang yang baru’. Siapa tahu, kita bisa menemukan pengalaman-pengalaman seru yang bisa memperkaya diri menjadi lebih baik. Tertarik?

Selagi masih muda, yuk coba untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu gak akan ragu lagi saat harus menentukan keputusan besar untuk kepentingan dirimu sendiri. Semoga berhasil!
 

Topic:

Berita Terkini Lainnya