Comscore Tracker

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!

Karena tiap orang punya jalan hidupnya masing-masing

Dalam menjalani hidup, tiap orang punya ceritanya sendiri. Latar belakang keluarga, kemampuan diri, penampilan fisik, dan banyak hal lainnya yang kita miliki pasti berbeda dengan orang lain. Membandingkan itu semua tidak akan pernah ada habisnya. Karena ada beberapa hal dalam hidup ini yang tidak perlu dibuat perbandingan.      

Sayangnya, sifat selalu membandingkan banyak dilakukan orang berusia produktif di lingkungan sekitar mereka. Seringkali bukan rasa puas yang didapat, tetapi perasaan cemas yang terus-menerus membayangi. Dan, jika kamu mulai memiliki rasa cemas yang berlebihan, mungkin tanpa sadar kamu telah membanding-bandingkan dirimu dan orang lain dengan hal-hal berikut ini.

1. Tingkat pencapaian 

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!unsplash.com/Joshua Earle

Masing-masing orang punya kemampuan yang berbeda. Tergantung dari pembelajaran apa yang didapatnya sejak kecil. Ada yang bisa mendapat akses untuk mempelajari suatu bidang, ada juga yang hanya mampu mencapai tingkat tertentu karena keterbatasannya.

Karena itu, tingkat pencapaian tiap orang dipengaruhi kemampuannya. Ketika seseorang sudah sampai pada titik tertentu dengan susah payah, mungkin bagi orang lain hal itu bukanlah sesuatu yang sulit karena memang kemampuannya lebih dari itu. Untuk itu, yang seharusnya diapresiasi adalah kerja keras dari orang tersebut, bukan sesuatu yang dicapainya.

2. Momen kesuksesan  

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!unsplash.com/Taylor Grote

Fase naik turunnya proses perjalanan hidup pasti bergantian menghampiri kita. Adakalanya seseorang berada pada titik terendah. Tapi dengan keyakinan yang kuat, tiap orang harus percaya bahwa suatu saat ada momen baginya untuk berada di atas. Tetap bersabar dan berusaha itu kuncinya.

Ketika kamu merasa belum jadi apa-apa, mungkin sekarang kamu hanya melihat orang lain lebih sukses. Padahal momen kesuksesanmu masih dalam perjalanan. Jangan hanya menunggu, tapi harus kamu jemput juga kesuksesan itu. Karena bisa saja kamu sukses memperoleh sesuatu yang lebih baik dari yang orang lain dapatkan.

3. Tujuan hidup 

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!unsplash.com/ Tegan Mierle

Dalam perjalanan hidup, seorang manusia pasti punya tujuan dan itu bermacam-macam. Karena tiap manusia punya keinginannya masing-masing, tentunya cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan itu pasti berbeda-beda. Selama caranya baik, tidak perlu dipermasalahkan.

Ada seseorang yang merasa tujuan hidupnya sudah sampai pada apa yang telah dimilikinya sekarang. Tetapi ada juga yang masih belum puas dengan pencapaiannya dan ingin meraih sesuatu yang lebih tinggi. Karena tujuan hidup itu ditentukan pada sejauh apa orang tersebut merasa cukup dengan sesuatu yang sudah dicapainya.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Negatif Ini Agar Kamu Mudah Gapai Tujuan Hidup

4. Kebahagiaan diri sendiri 

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!unsplash.com/Allef Vinicius

Bagaimana pun bentuk dan definisi kebahagian itu, tiap orang punya standarnya sendiri-sendiri. Tidak semua orang merasa bahagia dengan cara yang sama. Ada orang yang bahagia karena ia telah memperoleh pencapaian tertentu. Ada juga yang bahagia hanya dengan melihat orang lain merasa gembira.

Untuk itu, jangan melihat kebahagiaan orang lain sebagai patokanmu. Karena kamu sebenarnya juga punya cara dan momen lain untuk berbahagia. Bisa saja kebahagiaan yang kamu dapat berasal dari hal-hal sederhana di sekitar kamu. Orang-orang terdekatmu biasanya juga tahu cara membahagiakanmu. Jangan sia-siakan mereka.

5. Cara berpenampilan

5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!unsplash.com/Melody Jacob

Ketika berpenampilan, tentunya tiap orang pasti ingin menunjukkan hal menarik yang bisa ia tampilkan. Bagaimana pun penampilannya, selama tidak melanggar aturan-aturan tertentu, sah-sah saja selama ia merasa percaya diri. Dan yang terpenting juga, penampilannya bisa membuat ia merasa nyaman dengan apa yang dikenakan.

Kamu bisa saja menjadikan orang lain sebagai inspirasi untuk penampilanmu. Tapi jangan lupa cari sisi menarik yang ada dalam diri kamu. Eksplorasi berbagai cara berpenampilan yang sesuai dengan seleramu. Atau jika kamu merasa percaya diri dengan penampilan sekarang, silahkan saja tampil seperti itu. Tapi harus disesuaikan kondisi juga, ya.

Jadi, itulah beberapa hal yang tidak perlu dibanding-bandingkan. Jangan menghabiskan waktumu berlarut-larut lantaran terjebak memikirkan sesuatu yang ada pada orang lain. Ingat, kamu juga punya cara sendiri dalam menjalani hidup. Fokuslah pada dirimu sendiri. Percayalah bahwa kamu bisa menjadi dirimu yang lebih baik dengan kemauan dan kemampuan yang kamu punya.

Baca Juga: 10 Ide Padu Padan Jaket Kulit ala Artis, Penampilan Auto Manly!

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya