Comscore Tracker

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikan

Semoga bisa cepat sadar

Dari dulu sampai sekarang, kita pasti pernah ceroboh dalam melakukan suatu hal. Dampak dari kecerobohan itu seringkali tidak main-main. Berbagai usaha yang telah dilakukan dari awal seolah tampak sia-sia karena kecerobohan itu merusaknya dalam sekejap. Padahal kesalahan itu sebenarnya bisa diantisipasi jika lebih berhati-hati. 

Ada beberapa hal yang sering menjadi pemicu dari sebuah kecerobohan. Parahnya, hal ini sudah menjadi kebiasaan untuk banyak orang. Terutama orang-orang yang memang dikenal sering ceroboh saat mengerjakan sesuatu. Daripada penasaran, berikut daftar kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang ceroboh. Yuk, simak pembahasannya!

1. Tidak disiplin dalam menggunakan waktu

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikanpexels.com/Andrea Piacquadio

Kebiasaan yang mudah dikenali dari seseorang yang punya sifat ceroboh adalah sulitnya ia memanfaatkan waktu dengan optimal. Padahal waktu yang dimiliki tiap orang itu terbatas. Cara seseorang menggunakan waktu yang dimilikinya menentukan berhasil tidaknya ia di masa mendatang.

Ketika sudah merasa gagal, barulah kecerobohan memanfaatkan waktu itu baru disesali. Sebenarnya kecerobohan seperti ini bisa dicegah dengan menyusun daftar prioritas yang matang. Tapi hal itu kembali lagi pada orang yang menjalaninya bisa disiplin atau tidak.

2. Menunda-nunda pengerjaan tugas

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikanpexels.com/Ketut Subiyanto

Harus diakui, kebiasaan menunda-nunda memang jadi hal yang sulit dihilangkan untuk kebanyakan orang. Menunda suatu hal untuk hal penting lain memang tidak apa-apa. Yang jadi masalah adalah ketika menunda sesuatu untuk menuruti rasa malas dari diri sendiri.

Karena ketika sudah terjebak dalam kemalasan itu, akan sangat sulit untuk meninggalkannya. Pekerjaan atau tugas-tugas penting menjadi terbengkalai. Ketika deadline sudah sangat dekat, barulah terjadi kepanikan. Hasil dari pekerjaan itu pun menjadi kurang maksimal.

3. Tidak mau belajar dari kesalahan terdahulu

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikanunsplash.com/Sebastian Herrmann

Setiap orang pasti pernah bahkan mungkin sering berbuat salah. Akan menjadi pengalaman yang berharga ketika orang tersebut bisa belajar dari kesalahan itu. Dan akan menjadi suatu kerugian ketika orang tersebut tidak mau introspeksi diri karena kesalahan yang dibuatnya.

Hanya karena tidak punya kemauan belajar dari kesalahan itu, orang yang ceroboh akan terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama. Dampak dari kesalahan itu semakin parah ketika orang lain terkena imbasnya. Hubungan yang awalnya baik-baik saja bisa memburuk seketika.

Baca Juga: 5 Tanda Tersembunyi bahwa Kamu Orang yang Ceroboh, Harus Hati-hati

4. Menyepelekan masalah-masalah kecil

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikanunsplash.com/Icons8 Team

Ketika mengerjakan suatu hal, pasti akan selalu ada beberapa masalah yang tidak terduga. Masalah-masalah itu pun baiknya memang harus segera diselesaikan. Besar atau kecil permasalahan itu pada akhirnya akan sama-sama punya dampak.

Sayangnya, seringkali orang-orang menyepelekan permasalahan yang dianggap tidak terlalu penting. Padahal meremehkan masalah itu hanya akan menjadi kecerobohan yang akan disesali nantinya. Karena sesuatu yang diremehkan seringkali punya efek yang tidak main-main.

5. Membuat keputusan saat emosi tidak stabil

Bikin Jengkel, 5 Perilaku Ceroboh Seseorang Ini Bisa Sangat Merugikanpexels.com/Craig Adderley

Saat emosi seseorang sedang tidak stabil, baiknya memang tidak berbuat atau berbicara terlalu banyak. Yang terpenting adalah orang tersebut harus bisa mengendalikan suasana hatinya terlebih dahulu. Karena perkataan atau perbuatan dari orang yang kondisinya tidak stabil malah bisa memperkeruh keadaan.

Apalagi ketika orang tersebut membuat keputusan yang penting. Sangat mungkin ia dikendalikan emosinya saat memikirkan keputusan tersebut. Keputusan yang dibuat pun kurang matang dan terburu-buru. Dampak dari hal itu bisa sangat merugikan dirinya dan orang lain.

Itulah lima hal yang menjadi kebiasaan orang-orang ceroboh. Kalau kamu merasa masih sering melakukan salah satu atau bahkan semua kebiasaan tadi, segeralah introspeksi diri. Tinggalkan kebiasaan itu mulai sekarang. Agar kamu tidak terus-menerus mengecewakan dirimu dan orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: Bikin Kesal, 6 Zodiak Ini Konon Dikenal Paling Ceroboh

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya