Comscore Tracker

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saran

Jangan sampai malah memperkeruh masalah

Dengan memberikan saran untuk seseorang, kita bisa menunjukkan kepedulian padanya. Karena tiap manusia pasti sering membutuhkan buah pikiran dari orang lain untuk bisa mengembangkan dirinya. Saran yang baik tentu saja bisa sangat berpengaruh besar bagi langkah seseorang kedepannya. 

Agar seseorang bisa memahami saran yang kita berikan, di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Penasaran apa saja? Yuk, kita bahas!

1. Sampaikan dengan kata-kata yang memotivasi

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saranunsplash.com/NONRESIDENT

Banyak orang yang gagal dalam perjalanannya bukan karena tidak mampu. Akan tetapi karena kurangnya dukungan ataupun motivasi dari orang lain. Akan menjadi nilai tambah apabila kita memberikan saran sekaligus bisa menyemangati seseorang. Karena mungkin saja saran dan semangat dari kita bisa memberi dorongan lebih untuk kemajuannya.

2. Perhatikan dulu suasana hatinya

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saranunsplash.com/Christian Erfurt

Selain memperhatikan cara penyampaiannya, kita juga harus memahami kondisi seseorang sebelum memberikan saran untuknya. Orang yang suasana hatinya sedang buruk akan sulit menerima nasihat atau saran sebaik apa pun saran itu. Yang bisa kita berikan pada orang itu hanyalah waktu untuk mendengarkan apa yang sedang dirasakannya. Barulah kita bisa menawarkan solusi untuk membantunya.

3. Usahakan tidak menyinggung perasaannya

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saranpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Ketika akan memberi saran, kita juga harus memikirkan cara penyampaiannya. Pastikan apa yang ingin kita katakan benar-benar bisa dipahami. Jangan sampai karena kesalahan kita sendiri, apa yang kita maksud tidak tersampaikan karena terlanjur menyinggung perasaan orang lain. Hal itu hanya akan menimbulkan kesalahpahaman yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Cara Memberi Masukan pada Sahabat yang Gak Suka Dikritik, Yuk Dicoba

4. Jangan menuntut orang lain untuk menuruti saranmu

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saranpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Sebaik apa pun saran yang ingin kita berikan, jangan pernah memaksa seseorang untuk menuruti hal itu nantinya. Karena saran yang baik menurutmu belum tentu baik juga untuknya. Mungkin saja ia juga punya pilihan yang menurutnya lebih baik. Jika saran yang kamu berikan bisa menjadi salah satu pertimbangannya, hal itu sudah cukup bagus.

5. Jangan memberi saran ketika ia tidak memintanya

Gak Asal Bicara, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberi Orang Lain Saranunsplash.com/Darya Skuratovich

Nah, hal inilah yang seringkali banyak orang tidak menyadarinya. Terkadang beberapa orang terlalu terobsesi untuk memberi saran atau nasihat sebanyak mungkin. Padahal orang yang diberi saran tidak selalu memintanya. Untuk itu, sebelum memberi saran, kita perlu memastikan apakah orang itu perlu sebuah saran atau hanya butuh seseorang untuk mendengarkannya.

Itulah tadi hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika akan memberi saran. Pastinya saran yang kamu berikan harus dipikirkan dengan matang juga ya. Teruslah berbagi manfaat untuk sesama manusia.

Baca Juga: Meski Salah, 5 Zodiak Ini Paling Susah Terima Masukan dari Orang

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya