Comscore Tracker

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu 

Sadari sebelum dampaknya semakin parah untuk pekerjaanmu 

Susah berkonsentrasi menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang ketika memulai pekerjaan. Karena ketika kita sudah kehilangan fokus saat bekerja, proses bekerja kita akan menjadi kurang maksimal. Dampaknya pasti akan terlihat pada hasil yang dikerjakan.  

Bila diperhatikan, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi konsentrasimu ketika bekerja. Sadari hal-hal seperti ini jika kamu tidak ingin efeknya semakin buruk untuk ke depannya.

Ingin tahu apa saja faktor penyebabnya? Simak 5 penjelasannya di bawah ini.  

1. Kamu terlalu multitasking

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu unsplash.com/Austin Distel

Kebiasaan multitasking banyak dilakukan orang saat ini. Alasan utamanya tentu saja agar bisa menyelesaikan banyak tugas dengan waktu yang singkat.

Namun kebiasaan ini ternyata punya dampak negatif. Terlalu sering multitasking rentan mengakibatkan kamu kehilangan fokus karena banyaknya hal yang harus dipikirkan, hal ini juga bisa berefek pada menurunnya daya ingat. Bahkan rentan menyebabkan depresi. 

2. Waktu istirahatmu kurang

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu unsplash.com/Mel Elías

Kurangnya waktu untuk beristirahat mengakibatkan tubuh mudah lelah dan mengantuk ketika bekerja. Alhasil pikiran sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan. Dampak buruknya terasa pada hasil pekerjaan yang berantakan. Untuk itu, manfaatkan jika ada sedikit waktu luang untuk beristirahat. Karena sesibuk apapun manusia juga butuh jeda waktu untuk berhenti sejenak memulihkan tenaga. 

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Fokus Mengejar Target dalam Kehidupan 

3. Pola makanmu berantakan

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu unsplash.com/Dan Gold

Pola makan yang tidak teratur juga banyak memengaruhi tingkat konsentrasi saat bekerja. Bagaimana seseorang fokus bekerja apabila saat itu perutnya masih belum terisi makanan? Karena bekerja juga pasti butuh banyak tenaga dan menguras pikiran.

Luangkanlah waktu untuk sarapan sebelum memulai banyak aktivitas. Atur juga jadwal makan siang dan malam agar kebutuhan nutrisi harian tetap terjaga. 

4. Terlalu sibuk mencari jalan pintas

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu unsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Saat kamu sudah terlalu sibuk mencari jalan pintas ketika mulai bekerja, kamu akan rentan kehilangan fokus pada tiap detail utama yang sedang kamu kerjakan. Walau bagaimanapun cara yang efektif tetap diperlukan. Untuk itu, rencanakan langkah-langkah tersebut sebelum mulai bekerja. Pikirkan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Jadi kamu tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut ketika sudah memulai pekerjaan. 

5. Banyak gangguan di sekitarmu

Segera Atasi, Ini 5 Penyebab Kamu Tidak Fokus Mengerjakan Sesuatu unsplash.com/Annie Spratt

Seseorang akan mudah kehilangan fokus ketika sudah banyak gangguan di sekelilingnya. Gangguan itu bisa dari ponsel, suara berisik, atau orang yang berlalu-lalang di sekitar. Jika gangguan itu dari ponselmu, nonaktifkan sejenak notifikasi yang kurang penting. Gunakan juga earphone untuk mendengarkan musik yang menenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tempat lain yang sekiranya minim gangguan dari hal-hal sekitar. 

Nah, Itulah tadi lima faktor penyebab mudahnya kehilangan fokus ketika sedang bekerja. Apakah kamu mengalami salah satunya atau bahkan semuanya?

Hal di atas akan menjadi masalah tersendiri jika sudah sering terjadi. Oleh karena itu segera atasi agar pekerjaanmu tidak semakin terganggu.  

Baca Juga: 5 Cara Tetap Fokus di Kantor yang Bising untuk Fresh Graduates

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya