Comscore Tracker

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren Ini

Seru juga! Tidak selamanya sendirian itu menyedihkan

Melakukan kegiatan bersama teman-teman memang menyenangkan, namun pada kenyataannya teman itu tidak selalu ada untuk kita dan tidak selalu satu jalur pemikiran dengan kita. Alhasil kita terkadang merasa 'sendirian' tidak ada yang peduli.

Tidak mengapa jika memang tidak punya teman atau terlanjur ditinggalkan teman. It's ok kamu tetap bisa produktif dan bahagia kok. Lebih tepatnya punya banyak waktu untuk membahagiakan dan mengembangkan diri sendiri. Contohnya dengan menyibukkan diri dengan lima hal keren berikut ini.

1. Belajar keterampilan dasar yang belum kamu bisa

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren IniIlustrasi belajar memasak (Pexels.com/Sarah Chai)

Misalnya saja kamu seorang pekerja kantoran yang biasanya sibuk mengurusi pekerjaan sehingga tidak sempat untuk belajar memasak padahal kamu tahu itu adalah keterampilan dasar yang setidaknya berguna untuk dirimu sendiri. Atau keterampilan bela diri yang bermanfaat untuk keselamatan dirimu saat berjalan sendirian di malam hari dan ada seorang laki-laki mesum yang mengikutimu dari belakang.

Berguna bukan jika kamu bisa membuat kakinya terkilir atau mematahkan salah satu jarinya? Serta ada banyak keterampilan dasar lainnya yang semuanya bisa kamu pelajari dari internet dan praktikkan sendiri.

2. Memperdalam hobi

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren IniIlustrasi menulis puisi (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Misalnya kamu mempunyai hobi menulis puisi, namun selama ini kamu sering tidak percaya diri untuk mempublikasikannya karena sering mendapat komentar tidak enak dari orang lain.

Maka mulailah dari menganalisis letak kelemahanmu dalam menulis dengan cara sering-sering membaca puisi karya orang lain, serta mempelajari dasar-dasar dari penulisan puisi itu sendiri yang mungkin selama ini kurang kamu perhatikan. Tentu yang paling penting adalah terus berlatih menulis walaupun mungkin kamu sendiri akan geli ketika membacanya kembali.

Baca Juga: 6 Efek Berbahaya dari Kesepian selama Pandemi, Jangan Dibiarkan!

3. Merawat diri dan penampilan

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren IniIlustrasi olahraga (Pexels.com/Elina Fairytale)

Mulailah merawat diri dan perbaiki penampilan. beberapa di antaranya bisa dengan cara menjaga pola makan yang sehat, diimbangi dengan olahraga, penggunaan skincare yang tepat, serta bisa juga dengan mempelajari style berpakaian yang cocok untukmu dan lainnya.

Eits tapi jangan lupa, fisik memang penting, tapi kecantikan yang berasal dari hati juga penting ya! 

4. Membangun bisnis sendiri dan hasilkan 'cuan' yang banyak

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren IniIlustrasi membangun bisnis sendiri (Pexels.com/Amina Filkins)

Saat ini banyak sekali bisnis yang bisa kamu lakukan sendiri untuk menghasilkan uang, mulai dari bisnis kecil-kecilan dengan hanya memanfaatkan HP-mu seperti misalnya berjualan pulsa elektrik, tiket perjalanan dan sebagainya.

Namun jika kamu punya cukup uang, boleh juga tuh mencoba membuka gerai toko sendiri atau membangun brand fashion sendiri yang produknya bisa kamu pasarkan secara online.

Tentunya jika produkmu bagus disertai dengan hal-hal pendukung lainnya seperti harga yang murah dan cara promosi yang tepat, maka tidak tertutup kemungkinan kamu akan kebanjiran order dan menghasilkan banyak cuan bukan?

5. Belajar bahasa asing

Merasa Sendirian? Sibukkan Dirimu dengan 5 Hal Keren IniIlustrasi belajar bahasa asing (Pexels.com/Viada Karpovich)

Mencoba bahasa asing yang jarang dipelajari orang lain juga boleh tuh, seperti bahasa Rusia atau Spanyol mungkin? Keren bukan jika misalnya tiba-tiba ada tamu orang Spanyol yang datang ke daerahmu dan kamu menjadi satu-satunya orang yang bisa berbahasa mereka?

Keterampilan ini bisa kamu kuasai dengan mudah kok asalkan kamu konsisten. Ada banyak sekali native speaker yang video mengajarnya bisa kamu ikuti di YouTube dan kamu bisa memulai dengan hal-hal simple seperti kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dll.

Hal-hal keren dan bermanfaat bisa kamu lakukan saat merasa sendirian. Gak melulu harus bersedih ya guys. Gak punya teman bukan akhir dari segalanya kok. Bisa jadi awal dari segala kesusksesanmu.

Baca Juga: 5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian 

Yeliza Umami Photo Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis. Alumni Fakultas Hukum di Universitas Pamulang (Unpam)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya