Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!

Kamu punya kelebihan lain kok yang layak dibanggakan

Seringkali hati merasa galau dan gundah saat melihat postingan teman yang sudah berkeluarga, ada rasa iri dan ingin menyusul secepatnya. Bayangan tentang indahnya memiliki pasangan sudah kerapkali muncul di pikiranmu. Ditambah dengan desakan umur yang semakin menua, rasanya mau ke kondangan saja malu, apalagi ke reunian. 

Dikira selalu sendirian dan tidak laku, perasaan minder pun seringkali kamu rasakan. Jangan terlalu pesimis dulu, yuk simak alasan kenapa kamu tidak perlu malu saat single di usia 30an!

1. Dibandingkan asmara, kamu lebih dihargai lewat kepribadian yang baik

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!Pixabay.com/SnapwireSnaps

Percayalah bahwa kepribadian itu sangat penting ketimbang menggandeng seorang kekasih. Bersikaplah ceria dan ramah kepada siapa saja agar kamu mudah diterima dalam pergaulan. Kesantunan pribadi menjadi kunci kenapa orang lain mau menghargaimu. 

Beberapa orang malah tidak peduli dengan status asmaramu. Mereka lebih tertarik pada pembawaan diri dan kualitas hidup yang kamu miliki. 

2. Apa yang kamu miliki sekarang jauh lebih berharga dari sekadar mendapatkan pasangan

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!Pixabay.com/DanaTentis

Coba periksa kembali kenikmatan apa saja yang kamu miliki sekarang, juga berapa banyak kemudahan yang sudah kamu raih selama ini. Semua itu begitu bernilai dan tidak bisa ditukar dengan apapun. Kebahagiaan yang kecil itu patutnya disyukuri ketimbang meratapi kesendirianmu. 

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ini & Kami Akan Ungkapkan Tipe Single Seperti Apa Kamu

3. Meski menyakitkan, nyinyir dan ejekan hanya sebagai basa-basi dan candaan belaka

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!Pixabay.com/irinakeinanen

Ejekan dan nyinyiran mungkin sudah sering kamu dapatkan. Di balik rasa sakit dan malu yang kamu rasakan, percayalah bahwa semua itu hanya bentuk basa-basi dan candaan belaka. Mungkin kamu tidak terima jika kesendirianmu dijadikan bahan ejekan. Tapi anggaplah semua itu sebagai selingan indah yang patut kamu syukuri.

4. Tidak perlu menjelaskan, seiring waktu orang lain akan paham alasan atas kesendirianmu

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!Pixabay.com/seaq68

Berhentilah menjelaskan kepada semua orang alasan atas ke sendirianmu. Meski ada perasaan malu dan tidak terima dengan pandangan negatif orang lain, kamu cukup tersenyum dan menanggapinya dengan santai. Seiring waktu orang lain akan bosan dan paham dengan sendirinya.

5. Satu kekurangan tidak akan membuatmu hina, justru itulah yang menjadikan hidupmu berbeda

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Malu Saat Single di Usia 30an!Pixabay.com/sevenminutechannel

Memiliki pasangan bukanlah keharusan untuk membuat hidupmu sempurna. Meski rasanya ada yang kurang, tapi percayalah bahwa itu takkan membuatmu lebih hina dari siapapun. Kamu tetap berharga dengan perbedaan hidup yang kamu jalani. 

Pada akhirnya tetaplah yakin dan optimis dengan kesendirian yang kamu jalani sekarang. Ada saatnya waktu itu akan indah dengan kehadiran seseorang yang spesial. Berbuatlah baik untuk mengisi waktu penantian tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Karier Betah Single & Cuek Saat Didekati Cowok

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You