Comscore Tracker

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agama

Tanpa harus menggadaikan keyakinan

Hidup bertoleransi memang indah, apalagi dapat berteman dengan orang yang lain suku dan agama. Kamu dan sahabat yang berbeda keyakinan bisa menjalin hubungan yang lama dengan saling menghormati satu sama lain. Nah, cara berikut mampu membuat hubungan persahabatan kalian tetap langgeng.

1. Bukan kuantitas saat bertemu, tetapi kualitas waktu yang kalian habiskan

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agamapixabay/StockSnap

Memiliki sahabat bukan berarti kalian harus bertemu setiap hari. Apalagi sahabat beda agama. Carilah waktu-waktu senggang di akhir pekan untuk nongkrong bareng. Jika satu pekerjaan atau satu lingkungan tempat tinggal yang mengharuskanmu bertemu setiap hari, batasi berkumpul setiap hari.

Bukan masalah banyaknya waktu yang kalian habiskan, melainkan kualitas pertemuan setiap kali kalian bersama. Membatasi waktu bertemu akan meminimalisir kemungkinan kalian bersitegang karena besarnya perbedaan.

2. Memahami hak dan kewajiban satu sama lain

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agamapixabay/rawpixel

Cari tahu apa saja hak dan kewajiban sahabatmu sebagai penganut agama tertentu. Hindari untuk berkunjung ke rumahnya di jam-jam ibadah. Bila kebetulan bersama, ingatkan dia untuk melakukan ibadahnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Andre Vakum, 10 Potret Persahabatannya dengan Sule yang Bikin Kangen!

3. Berlaku adil antara sahabat yang satu keyakinan dan yang tidak satu keyakinan

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agamapixabay/piipaaa

Bukan hanya memiliki sahabat yang berbeda agama, kamu tentunya juga memiliki sahabat yang satu keyakinan. Persahabatanmu yang penuh warna akan semakin lengkap dengan sikap adil yang kamu tunjukkan kepada mereka. Tetap berbuat baik dan adil kepada sahabat beda agama akan membuatnya senang dan ikut nyaman untuk bersahabat denganmu.

4. Saling berbagi, tetapi tidak terikat dan bergantung diri

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agamapixabay/Pexels

Dalam bersahabat kalian akan saling berbagi satu sama lain. Sesekali mungkin dia akan memberimu hadiah atau sebaliknya, dan terkadang kamu akan membutuhkan pertolongannya. Meski kerap berbagi bukan berarti kamu harus sepenuhnya bergantung padanya.

Tetaplah mandiri dan tidak terikat atas jasa dan materi yang berlebihan kepada sahabat. Hal ini bertujuan untuk merepotkan sahabatmu yang mungkin sedang kerepotan namun tidak menceritakannya padamu.

5. Asal bisa bahagia bersama, maka perbedaan bukanlah masalah

5 Cara Agar Persahabatanmu Tetap Langgeng Meski Berbeda Agamapixabay/Babienochka

Carilah kebahagiaan pada saat kalian bersama. Merasakan perasaan bahagia yang sama akan mengikat erat persahabatan kalian. Tidak ada perbedaan yang akan memisahkan kalian meski sulit dilakukan di awal-awal. Persamaan dalam menyikapi rasa bahagia sebagai kunci bahwa kalian bisa bersahabat sepanjang waktu.

Bersahabat dengan mereka yang berbeda agama akan memberi warna lain dari sebuah hubungan. Saling menghargai, menghormati, dan juga bijak dalam menyikapi perbedaan bisa menjadi nilai tambah bagi persahabatan kalian.

Baca Juga: 10 Potret Persahabatan Aaliyah Massaid & Marsha Aruan, Calon Ipar Nih!

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You