Comscore Tracker

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!

Hati-hati dengan hatimu sendiri

Dendam, iri hati, cemburu, dan prasangka buruk kepada orang lain bisa membuat mata hati kita buta untuk melakukan kebaikan. Terkadang perasaan negatif tersebut memenuhi rongga dada sampai membuat sesak. Hati terasa kesal dan berapi-api sehingga ingin segera membalas dan berbuat jahat kepada orang lain.

Sebagai manusia, amarah yang kita rasakan memang wajar. Tetapi kita perlu mengontrol diri dan melatih kesabaran untuk menghadapinya. Berikut 5 cara memupus niat jahat kepada orang lain!

1. Lembutkan hati, karena dendam hanya bersarang pada hati yang keras

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!pixabay/darwisalwan

Hati yang keras itu akan sulit menerima kebaikan.Termasuk kebaikan memaafkan dan ikhlas terhadap kesalahan orang lain. Dengan hati yang keras juga kita sulit untuk membuka wawasan dan menjernihkan pikiran.

Caranya adalah dengan melembutkan hati yang sudah terlanjur keras. Hati yang lembut akan lebih mudah menerima kebaikan dan memaafkan kesalahan orang lain. Melembutkan hati bisa dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, belajar ilmu baru, dan berbuat kebaikan-kebaikan kecil.

2. Carilah kesibukan untuk melupakan perasaan ingin menyakiti

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!pixabay/StartupStockPhotos

Waktu yang kosong dengan pikiran yang ke mana-mana bisa menjadi penyebab kita berpikiran buruk kepada orang lain. Dari pikiran buruk tersebutlah mungkin niat jahat itu timbul karena terlanjur dipenuhi dendam dan amarah.

Mencari kesibukan di waktu senggang sangat efektif menjadikan pribadi lebih produktif dan membuka pikiran. Kegiatan-kegiatan positif yang kita lakukan seperti bekerja, olahraga, dan menekuni hobi bisa jadi membuang niat jahat sejauh-jauhnya.

Baca Juga: 7 Tindakan Ini Ampuh Redam Emosi yang Sedang Membara

3. Jauhi orang yang membuatmu sakit hati

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!pixabay/silviarita

Tentu saja sakit hati ada penyebabnya. Dan orang yang menyebabkanmu sakit hati akan terus menyakiti dan membuatmu ingin membalas berbuat jahat kepadanya. Daripada terjebak dengan lingkungan orang-orang yang tidak baik, lebih baik kamu memilih menghindar dan menjauhi orang tersebut.

4. Biasakan berbuat kebaikan untuk siapa saja dan dimana saja

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!pixabay/rawpixel

Kebaikan-kebaikan kecil yang dilakukan secara bertahap dan pelan-pelan akan membuatmu semakin terarah ke jalan yang baik. Jangan sampai niat jahat membuatmu melupakan kebaikan-kebaikan kecil di sekitarmu. Fokuslah untuk berbuat kebaikan tersebut sampai kamu benar-benar lupa dengan keinginan jahat.

5. Percayalah bahwa setiap perbuatan akan menuai hasilnya berdasarkan baik dan buruknya perbuatan tersebut

Jangan Biarkan Tumbuh, Ini 5 Cara Pupus Niat Jahat kepada Orang Lain!pixabay/trevoykellyphotography

Jika kamu menanam kebaikan, maka kamu akan menuai dua kali kebaikan. Begitupun sebaliknya. Berbuat jahat kepada orang lain sama saja seperti menuai kejahatanmu sendiri.

Niat jahat bisa datang dari hati yang kosong dari kebaikan. Sikap menerima dan ikhlas terhadap segala sesuatu bisa membuatmu menahan diri dari keinginan untuk berbuat jahat kepada orang lain. Daripada dibiarkan tumbuh, yuk pupus rame-rame!

Baca Juga: Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Ini

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You