Comscore Tracker

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulung

Bisa jadi wadah produktivitas

Menjadi seorang planner memang tidak mudah. Di Indonesia, profesi planner masih dianggap tabu dan kurang peminat. Namun siapa sangka jika seorang planner memiliki andil besar dalam suatu perusahaan. Seorang planner yang baik harus bisa menganalisis informasi menjadi sebuah bahan perencanaan yang matang.

Karena sulit, hanya sedikit orang yang menekuni pekerjaan ini sebagai profesional. Namun bagi kamu yang bersifat introvert, peluang menjadi seorang planner terbuka luas karena memiliki setidaknya 5 kemampuan berikut!

1. Penuh kreativitas dalam menghasilkan karya

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulungpixabay/rawpixel

Sebagai planner, kreativitas mutlak diperlukan. Dalam pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi, kemampuan untuk beradaptasi dengan segala problem di lapangan mengkhususkan planner berpikir kreatif untuk cepat tanggap. Introvert yang terbiasa berpikir kreatif tentu saja sedikit mudah menyesuaikan diri sebagai planner yang ulung.

2. Selektif dan memiliki perhitungan yang matang

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulungpixabay/rawpixel

Introvert dikenal sebagai sosok yang teliti dan penuh perhatian pada hal detail. Pekerjaan yang berkaitan dengan perencanaan menjadi daya tarik introvert karena pemikirannya yang dalam dan terperinci atas suatu masalah.

3. Memiliki daya fokus yang tinggi

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulungpixabay/Free-Photos

Karena terbiasa bekerja sendirian, introvert mudah mengeluarkan energi positifnya terhadap pekerjaan. Daya kerja otaknya akan lebih fokus untuk mengatur strategi pekerjaan. Dan introvert bisa benar-benar hanyut saat bekerja sampai lupa dengan dunia sekitarnya.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Tanda Kamu adalah Seorang  Introvert Sejati

4. Suka meramalkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulungpixabay/rawpixel

Kebiasaan introvert untuk berkhayal dengan pikirannya memang tidak bisa diragukan lagi. Mereka suka berandai-andai tentang kejadian yang belum terjadi. Jika introvert ingin melakukan sesuatu, alam bawah sadar mereka bekerja lebih dulu sambil mengatur rencana-rencana. Kebiasaan inilah yang menjadikannya sangat tepat bekerja sebagai planner.

5. Mampu menganalisis masalah dan belajar cepat untuk mencari penyelesaiannya

5 Kemampuan Introvert yang Layak Banget Jadi Perencana Ulungpixabay/rawpixel

Pekerjaan yang berat membutuhkan skill yang handal. Seperti seorang planner yang dituntut untuk selalu siap dan sedia menghadapi masalah. Sebagai introvert kemampuan menganalisis masalah menjadi titik penting dalam bekerja. Karena terbiasa mengamati keadaan, para introvert cepat belajar untuk mengatur strategi balik pada saat mengalami kegagalan.

Menjadi introvert tidak selamanya buruk, meski sering dianggap ansos dan pendiam, ada sisi lain dari introvert yang menjadikannya sebagai sosok yang istimewa. Cobalah untuk mengali dan mengasah kembali kemampuan yang telah diberikan tuhan untukmu.

Baca Juga: 7 Tips Menaklukkan Dunia Kerja Bagi Kamu Si Introvert

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You