Comscore Tracker

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat Zuhud

Apakah kamu salah satunya?

Zuhud dikenal sebagai orang yang bersifat sederhana dan tidak neko-neko atas dunia. Dia senantiasa tenang dan pandai bersyukur. Pembawaan orang zuhud selalu mudah dicintai. Jika dia seseorang yang kurang mampu, maka banyak orang yang datang untuk mendermakan hartanya, dan jika dia orang yang bermateri dan berstatus sosial tinggi, maka orang akan datang untuk memuliakan dan menghormatinya.

Untuk bersifat zuhud memang tidak mudah. Butuh keikhlasan hati dan penerimaan atas pemberian Allah. Tetapi bukan berarti kita tidak mampu bersifat zuhud.

Kadangkala ada salah satu sifat kita yang sudah mencerminkan sifat zuhud, yuk telusuri mana sifat kamu dari 5 tanda berikut yang dimiliki oleh mereka yang bersifat zuhud!

1. Miskin dan kaya sama saja. Sama-sama makhluk Tuhan yang harus dihormati

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat Zuhudpixabay/Alexis

Bagi orang zuhud, miskin dan kaya memiliki kesetaraan derajat yang sama. Mereka selalu bersikap manis dan baik kepada siapa saja dengan tidak memandang status atau latar belakang seseorang. Bahkan orang zuhud bisa memberi hormat kepada anak kecil tanpa menjatuhkan dan meremehkan kemampuan anak-anak.

2. Dunia boleh berubah, tetapi watak dan pribadi baik terus bersemayam dalam jiwa

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat Zuhudpixabay/Allinoch

Waktu akan terus bergulir dengan banyak perubahan di sekitar kita. Dunia semakin berputar dan zaman pun semakin berganti. Memang tidak ada yang bisa menjamin kita untuk bisa bersikap baik dalam segala waktu.

Tetapi bagi orang zuhud, berbuat baik bisa menjadi candu yang memabukkan. Orang zuhud sangat menyukai hal-hal baik dan mereka berkomitmen untuk terus membiasakannya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Sikap Toleransi Anak Sejak Dini dari Rumah

3. Bahkan dalam keadaan sulit pun, masih sempat berbagi dan berbuat baik kepada orang lain

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat Zuhudpixabay/criss_chengck10339

Zuhud artinya tidak terikat dengan dunia, bukan berarti tidak berurusan atau cuek dengan dunia. Adakalanya mereka akan bekerja mengikuti hakikat diri sebagai manusia, dan adakalanya mereka merasa gagal dan jatuh dalam persoalan dunia.

Namun bagi orang zuhud, keterpurukan tidak akan menghentikan mereka untuk tetap bersikap baik. Mereka senantiasa berbagi dan menolong orang lain. Meski dalam keadaan sulit pun mereka terus istiqamah mengharap ridha Allah SWT.

4. Dunia seakan-akan berlari ke arahnya dan memberikan segala yang dibutuhkannya

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat Zuhudpixabay/2704056

Apakah selama ini kamu seperti tidak bisa berhenti mengejar dunia? Berapapun waktu yang kamu butuhkan dan bagaimanapun caranya, dunia tetap tidak berpihak padamu. Dunia seakan pergi dan menjauh darimu. Segala yang kamu inginkan selalu tidak tercapai. Giliran tercapai, kamu yang merasa bosan dan menganggapnya biasa-biasa saja.

Tetapi bagi orang zuhud, dunia seakan-akan berputar di sekelilingnya. Segala yang dibutuhkan akan mudah didapat. Segala yang membuatnya susah akan dimudahkan dan diberikan rasa nikmat atas rasa syukurnya kepada Allah SWT.

5. Orang zuhud takkan terkecoh dengan iming-iming dan janji kesenangan yang bersifat sementara

Mudah Dicintai, 5 Tanda Ini Dimiliki Oleh Mereka yang Bersifat ZuhudPixabay/ktphotography

Orang zuhud senantiasa berpikir panjang dan bijak. Mereka takkan terkecoh dengan banyak tawaran kesenangan yang diberikan dunia. Hidup sederhana sudah cukup membuatnya bersyukur.

Menjadi zuhud memang tidak mudah, tetapi sifat zuhud adalah sifat yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Sudah seharusnya kita belajar untuk hidup zuhud untuk membuat hidup tenang dan tentram.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Melekat Pada Karakter Orang Gak Enakan, Kamu Bukan?

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 13:15:11

Progress: 770.962 dari 813.350 TPS (94.78847%)

Just For You