7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnya

Bersainglah secara sehat dengan dirimu di masa lalu

Merasa menang melawan diri sendiri tidak hanya diukur lewat materi dan kesuksesan semata. Penilaian terbaik untuk diri sendiri adalah membandingkan seberapa baiknya kita sekarang dengan kita di masa lalu.

Meski materi dan keberhasilan dapat berubah-ubah sepanjang waktu, tetapi kebaikan dari jiwa tetap harus dipertahankan bahkan harus ditingkatkan. Berikut 7 langkah pasti untuk membuatmu lebih baik dari dirimu sebelumnya!

1. Pastikan kamu memiliki niat yang baik untuk dirimu sendiri

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/Free-Photos

Menjadi lebih baik harus diawali dengan niat yang pasti. Berniat untuk kebaikan diri sendiri akan menggerakkan hati, pikiran, dan tubuhmu untuk senantiasa berbuat baik kepada siapa saja. Kian hari, kamu juga akan menjadi orang yang lebih baik dari dirimu sebelumnya.

2. Menerima masa lalu akan memudahkanmu berdamai dengan dirimu sekarang

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/StockSnap

Bayang-bayang masa lalu terkadang menghantui setiap langkah. Beban berat dan menyedihkan begitu sulit untuk dihilangkan. Jika terus dibiarkan, kita tidak bisa maju menghadapi masa depan.

Buang semua kenangan buruk dari masa lalu dengan menguburnya dalam-dalam. Melepasnya akan membuatmu bisa berdamai dengan dirimu yang sekarang.

3. Menguasai emotional quotient akan membuatmu lebih bijak dan arif dari sebelumnya

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/Free-Photos

Kemampuan mengelola emosi menjadi poin penting untuk peningkatan kualitas hidup. Menerima masa lalu untuk mengubahnya menjadi kekuatan di masa depan akan mendewasakan pikiran untuk lebih bijak dan arif.

Baca Juga: 6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabat

4. Ikut bahagia bersama kesuksesan orang lain, akan membuatmu termotivasi untuk menjadi lebih baik

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/rawpixel

Jangan pernah iri melihat kesuksesan orang lain. Tetapi ikutlah berbahagia bersama mereka. Kebahagiaan yang kamu rasakan bersama mereka akan memotivasimu untuk bisa ikutan sukses.

5. Mengenali musuh terbesar dalam hidup

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/ivxinting

Diri sendiri adalah musuh terbesar dalam hidup ini. Kenalilah setiap kekurangan dalam dirimu. Karena dengan kekuranganlah kamu bisa mengumpulkan kekuatan terbaikmu untuk lebih maju selangkah dari sebelumnya.

6. Berpikir positif akan memacu diri untuk terus berlatih

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/pexels

Tidak ada keberhasilan yang diawali dengan pikiran negatif. Setiap masalah akan luruh ketika kita mau berpikir positif dan tegar menghadapinya. Jika di masa lalu kamu terjebak dalam pikiran negatif, besar kemungkinan kamu masih bertahan hidup lewat cara-cara lama. Secara perlahan, bangunlah pikiran positif untuk membuatmu lebih maju selangkah di masa sekarang.

7. Belajar mengamati dan mengambil hikmah dari pengalaman orang lain

7 Langkah Pasti untuk Membuatmu Lebih Baik dari Dirimu Sebelumnyapixabay/mac8oppo

Usia yang kita miliki tidak akan cukup untuk mempelajari semuanya. Lewat pengamatan terhadap sekitar dan pengalaman orang lain, kita bisa meminimalisir kesalahan di masa depan. Lewat pengamatan tersebut kita dapat mengambil hikmah yang sangat berharga.

Menjadi lebih baik dari sebelumnya dapat memacu diri ke arah persaingan yang lebih sehat. Ada diri kita di masa lalu yang perlu dikoreksi menjadi lebih baik lagi di masa sekarang.

Baca Juga: 5 Tips Move On buat Milennials Agar Tidak Bucin, Dijamin Berkah

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You