Comscore Tracker

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!

#Goodlife Kamu juga bisa kayak Jack Ma

Akhir-akhir ini Jack Ma sang founder perusahaan e-commerce menjadi pembincangan hangat karena kehadirannya di Indonesia dalam acara penutupan Asean games. Kehadiran bos besar Alibaba Group ini sebagai bentuk dukungan karena Tiongkok akan menjadi tuan rumah Asean Games tahun 2022 nanti.

Tentu saja kedatangan Jack Ma ke tanah air semakin melambungkan namanya sebagai orang paling tajir dan berpengaruh di dunia. Apalagi dengan berbagai macam kegagalan di masa lalunya dan sekelumit kepahitan yang pernah dialaminya dalam perjalanan membangun perusahaan e-commerce telah melahirkan quotes-quotes penuh inspirasi yang layak banget untuk kita jadikan panutan seperti berikut!

1. Dalam bekerja, jangan hanya memikirkan diri sendiri, tapi ciptakanlah peluang untuk orang lain bisa bekerja

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!inc.com
My job is to help more people have jobs.

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bisa memberi manfaat bagi orang lain. Anjuran ini persis seperti prinsip Jack Ma yang ingin terus membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain. Tidak sembarang orang akan berpikir seperti Jack Ma di tengah keterbatasan yang dimilikinya. Namun dengan belajar menerapkan prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari justru akan memberikan timbalan balik yang luar biasa.

2. Tetapkanlah satu mimpi yang besar dan teruslah mengejar mimpi itu

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!billboard.com
Stay hungry and follow your dreams.

Mimpi yang besar tidak akan tercapai bagi mereka yang cepat berpuas hati. Tidak ada kata untuk berhenti dalam mencapai impian meski sudah berada pada puncak kesuksesan sekalipun. Justru dengan tetap merasa lapar dengan berbagai hal baru dan mempertahankan posisi kesuksesan menjadi tujuan utama bagi mereka yang memiliki mimpi besar.

3. Terus bersikap positif meski dalam keadaan sulit sekalipun

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!asia.nikkei.com
Today the financial market is no good, but the money is there.

Pada saat awal-awal mendirikan perusahaan Alibaba banyak pihak yang menolak untuk mendukung ide Jack Ma. Bagi mereka mustahil mendirikan perusahaan berbasis internet di tengah-tengah kondisi negara yang belum memiliki perkembangan internet itu sendiri.

Namun banyaknya penolakan dari orang-orang terdekatnya tidak menyurutkan niat Jack Ma untuk berhenti dari impiannya. Pikiran positif dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi seperti inilah yang harus kita miliki dalam keadaan yang sulit meski dalam keadaan tanpa dukungan sedikitpun.

4. Kesabaran adalah poin penting dalam hidup ini yang tidak bisa anda hilangkan

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!time.com
The very important thing you should have is patience.

Kehidupan masa lalu Jack Ma yang miskin tidak menutup pikirannya untuk berhenti dari belajar. Berkat kegigihannya selama delapan tahun untuk belajar bahasa inggris langsung dari turis asing menjadi bukti betapa pentingnya sebuah kesabaran dalam hidup ini.

Banyak jalan pintas yang bisa kita dapatkan dalam kemajuan komunikasi sekarang ini namun tetap tidak menjamin kesuksesan selama kita tidak mau bersabar dalam belajar dan bekerja. Hal inilah yang ingin Jack Ma sampaikan betapa pentingnya sebuah kesabaran dalam hidup ini.

5. Bekerja keras itu penting, tapi lebih penting lagi menikmati hidup

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!townandcountrymag.com
I'm coming to this world not to work. I want to come to this world to enjoy my life. I don't want to die in my office. I want to die on the beaches.

Tidak ada kebahagiaan yang dapat diraih tanpa menikmati proses dari sebuah kehidupan. Bekerja keras dan menikmati hasilnya adalah tujuan utama dalam hidup. Itulah yang dirasakan Jack Ma dalam usaha raksasanya yang begitu berpengaruh. Dia tidak hanya bekerja keras untuk impiannya. Namun juga menikmati setiap proses yang ada.

6. Hanya satu cara untuk sukses dalam bekerja, yaitu mencintai pekerjaan itu sendiri

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!waseda.jp
You have to love what you do.

Melakukan pekerjaan secara terpaksa dan terburu-buru sepertinya bukan prinsip dari Jack Ma. Dia lebih memilih bekerja dengan hati dan jatuh cinta dengan pekerjaannya. Tidak heran memang jika sekarang perusahaannya menjadi sangat berpengaruh dengan bonus kekayaan yang dimilikinya.

Tidak ada yang bisa melebihi kegigihan bekerja dengan cinta. Menyukai suatu pekerjaan justru akan membuat kita rela berkorban lebih banyak untuk pekerjaan tersebut. Meski harus menghadapi banyak kegagalan yang tidak jarang menimbulkan frustasi dan rasa kecewa, namun kecintaan terhadap pekerjaan tersebutlah yang membuat kita terus bertahan untuk memperjuangkannya.

7. Pastikan harapan itu terus bersinar meski dalam kegelapan sekalipun

7 Panutan Hidup Seorang Jack Ma yang Layak Banget Ditiru Anak Muda!recode.net
Today is cruel. Tomorrow is crueler and the day after tomorrow is beautiful.

Kehebatan orang sukses hanya bisa dibuktikan dari banyaknya kegagalan yang pernah dialaminya namun berhasil membuatnya untuk bangkit kembali. Sebelum menjadi pendidik, Jack Ma terlebih dahulu harus melewati getirnya memasuki dunia pendidikan dengan banyaknya penolakan yang dialaminya mulai dari sekolah dasar sampai menjadi pengajar bahasa Inggris di universitas lokal yang dibayar dengan gaji kecil.

Namun kegagalan demi kegagalan yang dialaminya justru tidak membuatnya menyerah. Di saat seperti inilah pentingnya memiliki harapan dalam hidup yang terus bersinar meski dalam keadaan buruk sekalipun.

Hanya dengan harapan kita mampu melihat masa depan dalam masa-masa sulit yang sedang kita alami. Karena itu jangan pernah buang harapanmu meski terkadang hidup memaksa kita untuk menyerah. Teruslah menjaga nyala harapan itu tetap hidup.

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya