Comscore Tracker

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih Impian

Gagal itu malah jadi pelajaran terbaik buat kita lho

Kegagalan menjadi hal biasa ketika kamu sedang mengejar impian yang didambakan. Meski kerap jatuh berkali-kali dan merasa di titik paling bawah, tetaplah merasa bersyukur atas apa yang sudah kamu usahakan.

Menghargai sebuah kegagalan dengan mengambil hikmah di baliknya menjadikanmu sosok kuat yang takkan kalah dengan keadaan. Mulailah bersyukur dari hal-hal kecil seperti 5 hal ini!

1. Kehadiran orang-orang yang mencintaimu tanpa peduli banyaknya kegagalan yang kamu alami

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih ImpianPixabay.com/SmillingVivian

Mereka yang selalu di sampingmu, memberi semangat dan dukungan terus menerus mestinya layak kamu perjuangkan. Pandanglah wajah-wajah mereka yang siap menerimamu dalam kondisi terburuk sekalipun. Orang-orang yang mencintaimu ini patut kamu syukuri setiap kali menghadapi kegagalan.

2. Waktu dan kesehatan menjadi modal utama untuk tetap mensyukuri nikmat hidup

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih ImpianPixabay.com/lograstudio

Ketika tidak ada yang kamu miliki dan merasa gagal meraih impianmu, ingatlah bahwa kamu masih memiliki waktu dan kesehatan sebagai modal utama. Bersyukurlah pada kenikmatan hidup yang tidak semua orang dapatkan. Percayalah pada waktu yang kamu miliki juga kenikmatan hidup berupa kesehatan. Selama ada dua hal tersebut, kamu berpeluang besar untuk berhasil meraih impian.

Baca Juga: 6 Hal yang Dirasakan Seseorang Ketika Gagal Melamar Kerja

3. Hatimu akan terlatih untuk menerima kemungkinan hidup yang tak pasti

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih ImpianPixabay.com/DanaTentis

Beberapa orang mungkin akan menyerah dan mundur duluan saat menghadapi banyak kegagalan. Jika kamu terus mencoba dan kembali gagal, bersyukurlah pada kekuatan hatimu yang tetap teguh dan yakin untuk kembali mencoba. Banggalah pada dirimu sendiri yang telah berjuang keras selama ini.

4. Semakin besar kegagalan yang tlah dicoba semakin besar peluang keberhasilan yang diraih

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih ImpianPixabay.com/rawpixel

Ingatlah pada kalimat petuah, semakin besar risiko maka semakin besar dividen/laba yang didapat. Nyatanya hidup persis seperti permainan dalam pasar modal yang penuh risiko. Kamu hanya perlu berani menghadapi risiko demi mendapatkan impian terbesarmu. Bersyukurlah pada banyaknya kegagalan yang telah kamu lalui, karena artinya semakin dekat impian yang kamu damba-dambakan.

5. Bersyukurlah pada proses karena sudah memberikan pengalaman terbaik

5 Hal Ini Harus Tetap Kamu Syukuri Ketika Selalu Gagal Meraih ImpianPixabay.com/StockSnap

Tanpa proses mungkin sekarang kamu belum menjadi apa-apa. Lewat proseslah kamu mampu bertahan untuk terus mencoba lagi, lagi, dan lagi. Kamu yakin proses akan membawamu semakin dekat dengan impian terbesarmu. Maka tetaplah berpegang kuat pada setiap proses yang kamu lalui.

Percayalah bahwa setiap kegagalan mengandung pembelajaran yang mendewasakan diri. Meski terus gagal meraih impian, kamu masih memiliki hal-hal besar dalam hidup yang layak disyukuri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Menyerah Saat Mengalami Kegagalan

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You