Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakan

Cek dan koreksi ulang

Hidup tidak selamanya menyenangkan. Ada perasaan galau, sedih, tertekan, dan amarah. Sebagian mungkin begitu lihai dalam mengatasi kekalutan hidupnya. Tetapi ada yang malah terjerembab dalam rasa lelah dan tidak bersemangat.

Rasanya hidup begini-begini saja. Tidak ada perubahan, dan terkesan kaku. Perasaan seperti ini acap kali dirasakan oleh mereka yang hidupnya sempit. Ada saja masalah yang datang. Seakan-akan takdir hidup susah sudah melekat erat dalam hati.

Jangan berputus asa dulu. Rasa sempit akan terasa lapang jika kita mau sedikit membuka mata hati. Adakah yang salah? Pertanyaan penting seperti ini wajib untuk ditanyakan agar kita tidak lupa dengan 5 hal ini!

1. Bersedekah akan membuka jalan rejeki dari segala penjuru

Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakanpixabay/wilian2000

Jangan pernah takut untuk bersedekah, dan jangan sampai menunggu kaya untuk bisa bersedekah. Kamu tidak harus bersedekah lewat uang. Melalui tenaga, pikiran, dan senyuman pun sudah masuk dalam kategori sedekah.

Selalu berjiwa positif agar kamu bisa bersedekah setiap saat. Bagian kecil yang kamu bagikan untuk orang lain akan berbalas berkali-kali lipat. Selain rejeki, kebiasaan bersedekah juga membawa berkah dalam hidup kita. Jadinya hidup nggak terasa sempit lagi deh!

2. Meredam rasa iri dan dengki jauh lebih menentramkan hati

Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakanpixabay/irinakeinanen

Tidak perlu muluk-muluk, kita pasti pernah merasa iri kepada orang lain. Perasaan iri wajar dirasakan karena kita menginginkan hal yang sama. Namun jangan jadikan hatimu sarang untuk menampung rasa iri dan dengki.

Berusahalah untuk berlapang dada dan menerima kelebihan orang lain. Meredam rasa iri dan dengki justru dapat membuat hati lapang dan tenteram. Tidak percaya, Cobain aja!

3. Membantu orang lain tanpa pamrih justru mendapatkan balasan pahala yang besar

Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakanpixabay/andreas160578

Bekerjalah dengan hati nurani yang penuh keikhlasan dan kesabaran. Rasa tidak pamrih atas pekerjaan justru semakin menambah pundi-pundi rejeki dari mana saja. Dan juga ganjaran pahala yang lebih besar. Jadi jangan ragu untuk menolong orang lain ya!

Baca Juga: Stop Mengeluh, Ini 8 Hal Baik yang Kamu Dapat dari Masalah Hidup

4. Membuka wawasan lewat belajar

Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakanpixabay/Pexels

Belajar untuk membuka wawasan itu sangat penting. Pikiran yang berwawasan akan mendewasakan hidup untuk lebih bijak. Orang yang berilmu dan berwawasan tinggi akan mampu mengontrol hidupnya menjadi lebih baik. Jika kamu sedang merasa hidup ini sempit, coba saja buka buku dan belajar, dijamin pikiran makin plong!

5. Menerima kenyataan bahwa hidup akan terus berubah

Hidup Terasa Sempit, Mungkin 5 Hal Ini Kamu Lupakanpixabay/StockSnap

Jangan terlena dengan masa lalu yang indah. Atau terpaku dengan masa depan yang tak pasti. Kehidupan akan terus berjalan. Dan keadaan pun akan terus berubah. Kamu dituntut untuk terus melakukan perubahan. Jika tidak mampu, maka terimalah segala perubahan yang ada dengan mensyukurinya.

Hidup yang sempit datang lewat pemikiran yang sempit dari diri pribadi. Untuk mengubahnya maka perlu mengubah pola pikir yang ada. Bersikaplah lapang dan terbuka untuk membuka kesempatan hidup lebih baik.

Baca Juga: 10 Kutipan Ayat Alquran Buat Kamu yang Sedang Dilanda Masalah Hidup

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You