Comscore Tracker

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmu

#GoodLife Jangan sampai berlarut-larut ya

Masalah hidup tidak selamanya terjadi karena kesalahan orang lain. Terkadang persoalan dan kerumitan hidup justru terletak pada kesalahan pribadi. Penyesalan di akhirnya memang takkan ada gunanya. Lebih baik kamu mencoba melihat sisi baiknya dari kesalahan yang kamu buat. 

Jangan berlarut-larut dalam penyesalan yang mendalam. Karena pada dasarnya, setiap manusia akan selalu berbuat salah. Lakukan 7 hal ini untuk membantumu menyembuhkan diri dari perasaan bersalah.

1. Saat merasa bersalah, lihatlah betapa banyak kebaikan yang telah kamu lakukan

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/Free-Photos

Jangan hanya berfokus pada satu hal, cobalah untuk melihat betapa banyak kebaikan selama ini yang telah kamu lakukan. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa melihat peran dan tanggung jawabmu dalam keluarga. Sekecil apapun kebaikanmu, tetap bernilai berharga selama kamu mau mengakuinya.

2. Cobalah membuat tantangan baru dalam hidup

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/thatsphotography

Merasa diri tidak berarti lagi mungkin disebabkan karena kurangnya tantangan dalam diri. Cobalah untuk menantang dirimu untuk melakukan hal-hal di luar batas kemampuan. Rasa penyesalan dan bersalah yang ada dalam diri kamu akan menghilang secara perlahan seiring kesibukanmu menaklukan tantangan yang baru.

3. Tidak perlu buru-buru menyalahkan diri, sadarilah bahwa itu jalan Tuhan untuk kehidupanmu yang lebih baik

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/renategranade0

Berbuat salah tidak selamanya menjadikanmu pihak yang benar-benar salah. Ada alasan yang lebih logis di balik kesalahan yang terjadi. Mungkin itu adalah jalan Tuhan untuk membuatmu menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Jangan Menyerah Dulu, 5 Hal Ini Bisa Bikin Semangatmu Membara lagi!

4. Mencari dorongan moral dari seseorang yang bijak

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/trevoykellyphotography

Jika kamu sudah merasa kewalahan untuk memotivasi diri sendiri, maka carilah motivasi dari orang lain yang lebih bijak. Hal ini mungkin akan membantumu mendapatkan semangat kembali. Orang yang lebih bijak tidak akan menghukummu seperti orang lain, dia akan lebih memberi petuah yang menyemangati hidupmu.

5. Mengakui kesalahan dan berjanji tidak melakukannya adalah keberanian yang berharga

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/Fotorech

Kesalahan yang memberi kebaikan untuk diri sendiri adalah kesalahan yang menjadikanmu seorang ksatria yang berani meminta maaf dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak jatuh ke lubang yang sama.

6. Melakukan amal dan ikut kegiatan sosial akan membuat dirimu lebih bersemangat

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/Free-Photos

Kegiatan sosial akan sangat membantu ketika kamu merasa sangat bersalah. Perlahan kegiatan positif yang kamu lakukan akan mengubur dalam-dalam rasa penyesalan yang ada dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang penuh kebaikan.

7. Temukan lingkungan pertemanan baru, di mana orang-orang baik dan positif hadir untuk mendukungmu

Merasa Bersalah pada Diri Sendiri? 7 Hal Ini Akan Menyembuhkanmupixabay/vait_mcright

Sejenak kenangan dan masa lalu yang membuatmu merasa bersalah telah menghantui hari-harimu menjadi buruk. Jika kamu ingin sejenak melupakan, maka carilah lingkungan pertemanan baru yang akan membuatmu lupa dengan kenangan tersebut.

Berbuat salah dan merasa menyesal adalah hal lumrah dalam hidup manusia. Jika terlanjur melakukannya maka jangan berlarut-larut tenggelam dalam kesalahan tersebut. Tebuslah segera dengan kebaikan baru.

Baca Juga: 5 Quotes Terbaik Elon Musk yang Bisa Menginspirasimu Untuk Sukses

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya