Comscore Tracker

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari Pengkhianatan

Terlalu gampang percaya pun tidak baik

Kepercayaan menjadi nilai yang berharga untuk dipertaruhkan dalam kehidupan. Di bidang apa pun, baik pekerjaan maupun urusan pribadi kamu memerlukan orang-orang terpercaya yang mampu mengemban amanah.

Agak susah memang untuk mencari orang yang dapat dipercaya, apalagi yang pernah mengalami sakit hati karena dikhianati. Meskipun begitu, jangan langsung berburuk sangka sama semua orang, ya. Jagalah enam sikap ini agar kamu terhindar dari pengkhianatan!

1. Mandiri dan tidak bergantung penuh pada orang lain

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/Pexels

Cobalah untuk bersikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Kemandirian dapat menjagamu dari ketergantungan terhadap orang lain. Banyak orang yang dikhianati karena tidak mampu mandiri dan terlalu bergantung pada orang lain. Setidaknya, kamu memiliki prinsip kuat untuk hidupmu sendiri.

2. Memiliki sikap tegas terhadap diri sendiri

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/Engin_Akyurt

Ketika ada orang yang menyakitimu, ambil sikap tegas untuk menghindarinya. Jangan merasa kasihan dan takut menjauh. Kamu berhak mendapatkan orang-orang terbaik dalam hidupmu. Sikap tegas akan membuat orang lain segan terhadap dirimu dan berpikir berulang kali untuk mengkhianatimu.

3. Belajar bertanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/silviarita

Orang yang bertanggung jawab akan siap menghadapi risiko dikhianati oleh siapa saja. Bertanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain akan memperkecil masalah yang ada. Siap menanggung risiko dikhianati akan membuatmu lebih berhati-hati dalam segala hal.

Baca Juga: 9 Cara Ini Bisa Bangun Kembali Kepercayaanmu Setelah Dikecewakan 

4. Memberi kepercayaan sesuai kemampuan

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/rawpixel

Kepercayaan sangat tergantung pada kemampuan. Jika kamu tidak ingin dikhianati, jangan pernah menaruh kepercayaan pada orang-orang yang kemampuannya masih diragukan. 

5. Berbaik sangka dalam batas wajar

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/marcisim

Berbaik sangka itu baik, tetapi dalam batas yang wajar. Kamu harus bisa membuka diri terhadap kabar buruk yang disampaikan oleh orang lain. Mendengarkan dan mencari tahu sendiri kebenarannya bukan berarti kamu terlalu curiga. Namun, hal itu akan mencegahmu dari kemungkinan yang lebih buruk.

6. Memiliki prinsip kuat dan tidak mudah dipengaruhi

6 Sikap yang Harus Kamu Jaga agar Terhindar dari PengkhianatanPixabay.com/nastya_gepp

Orang-orang yang terbiasa dikhianati biasanya mudah untuk dipengaruhi. Bujuk rayu dan tipuan kecil mampu melenakan seseorang sehingga tidak sadar dia sedang dikhianati. Cobalah belajar menjadi pribadi yang berprinsip kuat agar tidak mudah dipengaruhi. 

Sebelum dikhianati oleh orang kepercayaanmu sendiri, milikilah sikap yang mampu menjagamu dari pengkhianatan itu sendiri. Kamu tidak harus bersikap terlalu curiga pada orang lain. Cukup berhati-hati dan memiliki sikap-sikap terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Ekstrem Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Pemalu Akut!

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You