Comscore Tracker

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!

Yuk perbaiki dan kembali pada sisi unik dari pribadimu

Jika ada yang bertanya padamu, "apa kabarmu?", maka bagaimana jawabmu? Apakah kamu akan menjawab, "aku baik-baik saja" atau sekadar basa-basi mengungkapkan rasa bahagia?

Nyatanya ucapan tak sebanding dengan tingkah laku sehari-hari. Kamu mungkin bisa berbohong dengan mengatakan bahwa kamu baik-baik saja atau merasa diri memang sedang dalam kondisi terbaik tanpa ada masalah. Namun kamu lupa soal jati diri yang tanpa sadar mulai hilang tergerus keadaan.

Jangan merasa diri baik-baik saja jika 5 tanda ini masih ada padamu. Yuk kenali untuk paham betapa pentingnya menemukan jati diri kembali!

1. Merasa stagnan atau kosong saat sendiri

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!ilustrasi orang kesepian (pixabay.com/mukhaladmusavi)

Ada saatnya kamu akan tinggal sendiri. Kamu memiliki banyak waktu luang untuk berpikir dan lalu mulai tersadarkan bahwa ada yang kosong dalam diri sendiri. Kamu pun merasa bingung apa yang harus dikerjakan? 

Jika punya waktu senggang yang panjang mungkin akan terjawab bahwa rasa kosong itu terletak pada diri sendiri yaitu jati diri yang perlahan hilang oleh keadaan yang sibuk.

2. Hidup yang sempurna tapi rasanya penuh masalah

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!ilustrasi hidup sempurna (pixabay.com/quangpham2512)

Ketika orang lain melihat hidupmu begitu sempurna dan indah, kamu justru melihat sebaliknya. Ada saja kekurangan dan masalah yang harus dihadapi. Padahal masalahmu hanya berkutat pada ketakutan dan rasa ragu dalam pikiranmu sendiri.

Kehilangan jati diri juga ditandai oleh hilangnya tujuan dan arah hidup. Meski sudah melakukan banyak hal, tapi rasanya kosong tak berarti. Itu artinya kamu harus membenahi sisi pribadimu yang butuh semangat.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Kehilangan Jati Diri, Jangan Sepelekan!

3. Bingung membedakan antara prioritas, kebutuhan, atau keinginan semata

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!ilustrasi wanita belanja (pixabay.com/Surprising_Shots)

Hilangnya jati diri juga bisa ditandai dengan adanya rasa bingung untuk membedakan antara prioritas, kebutuhan, dan keinginan. Kamu merasa linglung saat dihadapkan pada pilihan-pilihan yang ada. Kurangnya rasa percaya diri membuatmu sulit memutuskan sesuatu dalam hidupmu.

4. Kesulitan dalam mengambil keputusan

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!ilustrasi mengambil keputusan (pixabay.com/surprising_shots)

Sebuah keputusan yang baik harus berdasarkan pemikiran yang baik pula. Begitupun orang yang kehilangan jati dirinya akan sulit berpikir dengan bijak. Sering terpaku lama dalam pengambilan keputusan dan lebih banyak menimang hasil pemikiran orang lain. Hal

ini didasarkan kurangnya rasa yakin pada diri sendiri dan lemahnya kemampuan untuk mencapai target.

5. Cenderung mudah mengikuti ajakan orang lain tanpa prinsip dasar

Merasa Baik-Baik Saja, 5 Tanda Kamu sedang Kehilangan Jati Diri!ilustrasi orang mudah dipengaruhi (pixabay.com/Jupilu)

Karena kurang mengenal diri sendiri, setiap sesuatu harus menunggu keputusan orang lain. Kehilangan jati diri sama seperti hilangnya prinsip dalam hidup. Layaknya robot yang mudah diatur oleh orang lain, maka seperti itulah hidup tanpa jati diri. 

Kamu bisa mulai mengenal diri sendiri dengan menandai kelebihan dan kekurangan diri, kemudian mencari kesenangan lewat hobi dan bakat. Serta, erkaya diri dengan wawasan dan ilmu emosional yang akan membantu mengatasi krisis hilangnya jati diri. Yuk sayangi diri sendiri!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Mudah Menemukan Jati Diri, Gak Usah Bingung!

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Berusaha menjadi lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya