Comscore Tracker

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!

Jangan diumbar semua, ya

Siapa pun pasti memiliki urusan pribadi yang jarang diketahui oleh orang lain. Apalagi yang menyangkut urusan keluarga, cinta, dan keuangan. Namun dari perkembangan media sosial saat ini, sepertinya urusan pribadi berubah menjadi konsumsi publik. 

Tidak semua urusan pribadi layak diketahui orang lain. Sebagian harus menjadi privasi karena bisa merusak reputasimu maupun menimbulkan masalah di kemudian hari. Yuk tetap jaga 5 urusan pribadi ini menjadi privasi yang tidak diketahui siapa pun!

1. Jumlah harta yang kamu miliki

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!Pixabay.com/nonsheep

Berapa pun jumlah harta yang kamu miliki sekarang, akan lebih aman dan baik jika tidak diungkapkan ke publik. Harta menjadi hal yang sangat sensitif bagi sebagian orang, juga bisa memicu ketegangan di kemudian hari. Lebih baik merahasiakan nominal dari hartamu daripada kamu harus menemui kesulitan nanti. Tapi ingat, jangan lari dari kewajiban pajak ya!

2. Hubungan intim antara kamu dan pasangan

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!Pixabay.com/SplitShire

Sebenarnya membicarakan hubungan intim kepada orang lain menjadi hal yang kaku dan tabu. Tapi beberapa orang secara sukarela membicarakannya di publik. Bahkan ada yang merasa bangga dan puas telah membuka rahasia antar pasangan. Bukan tidak boleh sih, tapi apa kamu mau membuka aib sendiri? Selain memalukan, hal itu tidak layak untuk diketahui publik.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Privacy Temanmu Meskipun Sudah Dekat

3. Kebaikan dari sedekah yang kamu berikan

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!Pixabay.com/skeeze

Melakukan kebaikan adalah keharusan, malahan dapat memberi ketenangan bagi jiwa. Namun kebaikan yang terlalu digembor-gembor dan di sombongkan hanya menjadi air yang menguap, dan hilang. Kamu cukup mengajak orang lain untuk membantumu dalam kebaikan, bukan malah menyombongkan diri. Tidak semua orang suka pada kebaikan yang kita lakukan, bisa jadi mereka malah merasa iri kepada kita.

4. Kisah percintaanmu di masa lalu

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!Pixabay.com/innokurnia

Seindah apa pun kisah cintamu di masa lalu, cukup kamu simpan sebagai kenangan. Jangan mengungkit-ungkitnya lagi apalagi sengaja membesar-besarkan nama mantan dari masa lalu. Kisah cintamu telah usai. Kamu tidak tahu bahwa bisa saja ada orang lain yang terluka hatinya ketika kisah dari masa lalu itu kembali dibuka. Kamu tidak ingin menyakiti hati seseorang yang mencintaimu kan?

5. Masalah pekerjaan dan perusahaan

Jangan Terlalu Terbuka, 6 Urusan Pribadi ini Harusnya Jadi Privasi!Pixabay.com/Pexels

Masalah pekerjaan menjadi urusan pribadi yang harus kamu jaga dari publik. Biarkan konflik dalam pekerjaan menjadi rahasia yang tidak diketahui oleh orang luar. Kamu akan dianggap profesional jika mampu menjaga nama baik perusahaan dengan tetap diam.

Menjaga rahasia pribadi sama saja seperti menjaga nama baik sendiri. Kamu harus bisa memilah mana urusan pribadi yang bisa diumbar dan mana yang baiknya tetap menjadi rahasia. Menjaga privasi akan menjadikan reputasimu tetap baik di mata siapa pun.

Baca Juga: 5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak Seimbang

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya