Comscore Tracker

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik Indonesia

Tak hanya manusia, alam Indonesia pun dipercantiknya

Empat dekade sudah L'Oreal berkarya di Indonesia. Namun bukan hanya mempercantik manusianya, dalam 40 tahun ini L'Oreal juga telah membantu melestarikan sumber daya alam Indonesia, salah satunya dengan membuat gerakan-gerakan sustainability yang merupakan gerakan menjaga keseimbangan ekologi.

Berikut bentuk komitmen L'Oreal dalam kegiatan sustainability yang sudah dilakukan dalam empat dekade ini.

1. Kiehl's menjalankan program #PelukUntukOrangUtan

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik IndonesiaPixabay.com /edgarwinkler

Memalui brand Kiehl's, L'Oreal pun mendukung gerakan perlindungan orang utan. Dukungan diberikan melalui pelestarian Bentang Alam Wahea sebagai rumah bagi 1000 orang utan yang ada di Kalimantan. Kiehl's bekerja sama dengan The Nature Conservancy menjalankan program yang berfokus pada konservasi lingkungan ini.

2. Kebijakan zero deforestation yang diterapkan di Sumatera

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik IndonesiaIDn Times/Sunariyah

L'Oreal pun memiliki komitmen untuk menerapkan zero deforestation yang merupakan gerakan untuk nol penebangan di hutan. Komitmen ini dijalankan oleh L'Oreal di Berbak, Jambi sebagai bentuk perwujudan dari sustainable farming dan pencegahan penebangan liar di hutan.

"Fokus kita di sini adalah untuk melatih sekitar 12.500 petani yang fokusnya lebih kepada petani kelapa sawit," ungkap Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainabillity Director L'Oreal Indonesia dalam acara 40 years Beautifying Indonesia di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (16/08).

 

Baca Juga: L'Oreal Siap Jadi Pelopor Teknologi Kecantikan di Masa Depan

3. L'Oreal Foundation untuk menyalurkan bantuan kepada daerah-daerah di Indonesia yang membutuhkan

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik Indonesiamenlhk.go.id

Pada saat bencana alam gempa bumi yang menimpa Palu, Sulawesi, melalui Habitat for Humanity L'Oreal memberikan bantuan sebesar satu miliar rupiah untuk membantu 400 keluarga yang terkena dampak dari gempa bumi tersebut. L'Oreal Indonesia menyalurkan bantuannya bersama dengan L'Oreal Foundation. Bantuan yang diberikan berupa pembangunan hunian bagi para korban serta fasilitas air bersih.

L'Oreal membantu untuk kembali mempercantik Palu dengan memberikan bantuan pembangunan serta mengirimkan peralatan untuk membersihkan puing-puing yang merupakan dampak dari gempa bumi.

4. Pabrik dengan energi terbarukan di Indonesia

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik Indonesialoreal.co.id

Pabrik L'Oreal merupakan satu-satunya pabrik di Indonesia yang menggunakan energi terbarukan. Pabrik ini terletak di Kawasan Industri Jababeka yang sudah diresmikan sejak 2012. Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari proses alam berkelanjutan seperti tenaga air, tenaga surya, panas bumi, dan lainnya. 

Pabrik dengan energi terbarukan ini telah memiliki sustainable-certified dan menjadi pusat produksi bagi seluruh pasar di Asia Tenggara. 

5. Sustainability produk

40 Tahun Perjalanan L'Oreal Mempercantik IndonesiaIDN TIMES/yolandavania

L'Oreal juga mengaplikasikan gerakan sustainability kepada produk-produknya. Sustainability komitmen yang L'Oreal jalankan, yaitu Sharing Beauty with All. Menurut Melanie Masriel, ini merupakan komitmen mulai dari inovasi produk, sampai diproduksi dengan less waste, less CO2, less water. Selain itu, L'Oreal pun mengedukasi para pengguna dan partner untuk memilih sustainability consumption choice

L'Oreal juga sedang mengembangkan produk-produk yang lebih sustainable dengan bahan-bahan natural dan memperhatikan packaging yang mengurangi penggunaan plastik sebagai komitmen L'Oreal ke depannya. 

Baca Juga: Pakai Kamera HP, Ini Tips Mencari Warna Lipstik yang Cocok ala L'Oreal

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya