Comscore Tracker

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!

Jangan biarkan kebahagiaan menjauhimu

Setiap orang tentu ingin selalu hidup bahagia. Namun, tak jarang manusia melakukan hal yang membuat kebahagian tersebut menjauh. Bahkan hal tersebut terlihat sepele, tapi tetap saja memiliki dampak.

Maka dari itu, agar kebahagiaan selalu menyertaimu, cari tahu beberapa hal yang dapat menjauhkanmu dari kebahagiaan di bawah ini, yuk! Keep scrolling, Guys!

1. Berada di lingkungan yang salah

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu memiliki lingkungan yang salah dan memilih tetap tinggal, hal itu sama saja menjauhkan dirimu dari kebahagiaan. Temukanlah lingkup pertemanan yang selalu mendukung setiap langkahmu. Teman yang selalu mengingatkan jika kamu berbuat salah bisa kamu pertahankan.

Jangan lupakan juga keluargamu. Apalagi jika mereka selalu ada di setiap suka dan duka kehidupanmu. Luangkanlah waktumu untuk menjaga hubungan baik dengan mereka karena keluarga menjadi tempatmu kembali. 

2. Kurang bersyukur atas apa yang telah dimiliki

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi cowok sedang frustasi (pexels.com/Daniel Reche)

Sesekali boleh untuk mengeluh akan rintangan dan kesusahan yang sedang kamu alami. Namun, kamu juga tidak boleh terlalu sering melakukannya dan lupa untuk bersyukur atas apa yang telah kamu miliki. Cobalah untuk melihat suatu masalah yang ada dari sisi lain dan cari tahu apa hikmah yang bisa kamu petik.

Kamu bisa melihat ke belakang untuk melihat pencapaian yang telah kamu lalui. Hargailah setiap proses yang sedang kamu lalui, nikmatilah karena hal tersebut tentu menjadi jalan yang memang harus kamu lalui. Mungkin banyak orang di luar sana yang ingin berada di posisimu sekarang. Semangat, ya!

3. Selalu pesimis terhadap sesuatu

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi cowok sedang frustasi (pexels.com/Nathan Cowley)

Janganlah jadi orang pesimis, selalu coba untuk menghilangkan sifat pesimis pada dirimu. Bisa jadi sifat yang kamu miliki ini menjauhkan dirimu dari kebahagiaan. 

Cobalah untuk percaya diri dan melihat sesuatu dari sudut pandang positif. Bukan bermaksud untuk membuatmu terlalu berpikiran positif, tetapi bayangkan jika kamu selalu berpikiran negatif terhadap sesuatu. Hal tersebut tentu tidak baik untuk dirimu.

Baca Juga: 5 Sebab Banyaknya Pilihan dalam Hidupmu Bukan Jaminan Kebahagiaan

4. Gaya hidup yang tidak sehat

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi cowok jogging (pexels.com/Pixabay)

Gaya hidup tidak sehat tentu bisa menjadikan kamu tidak bahagia. Mulai dari faktor kesehatan hingga lingkungan, menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Mulailah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup sehat yang kecil terlebih dahulu.

Contohnya, bangun pagi. Dengan bangun pagi, banyak manfaat yang bisa kamu ambil, mulai dari lebih berkonsentrasi, lalu kamu bisa melakukan olahraga dan meditasi. Hal tersebut tentu akan berdampak positif untuk dirimu.

5. Tidak mempunyai tujuan hidup

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi cowok bekerja (pexels.com/Michael Burrows)

Jika ada orang bertanya tentang tujuan hidupmu sekarang dan kamu menjawab tidak tahu, maka cobalah untuk mencarinya sekarang. Dengan tidak mempunyai tujuan, tentu akan membuat hidupmu seperti tidak memiliki arah dan gairah.

Jika kamu belum mempunyai tujuan hidup, cobalah mencarinya, tidak harus yang muluk-muluk atau sangat spektakuler. Namun, mulailah dengan mencari apa yang membuatmu semangat ketika melakukannya. Dengan bersemangat melakukannya, hal tersebut akan membuatmu satu langkah lebih dekat dengan kebahagiaan.

6. Hidup di masa lalu atau di masa depan

6 Hal yang Bikin Dirimu Jauh dari Bahagia, Jangan Sepelekan!ilustrasi cowok sedang sedih (pexels.com/Lamar Belina)

Perlu kamu ingat, sekarang kamu hidup di masa kini, bukan di masa lalu atau bahkan di masa depan. Tidak apa jika kamu mengenang masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berarti. Tidak apa pula jika kamu mencoba merencanakan masa depan dan mempersiapkan diri lebih baik.

Namun, cobalah untuk fokus dengan dirimu di masa ini, daripada harus memikirkan masa lalu yang tentu telah berlalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan. Mulailah dengan menjadi sosok yang berada di lingkungan yang baik dan mendukung, lebih bersyukur, bersikap positif, melakukan gaya hidup sehat, dan melakukan hal-hal untuk mencapai tujuanmu.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menjauhkan dirimu dari kebahagiaan. Dan jangan lupa untuk menjadi orang yang selalu menebar kebaikan dan kebahagiaan. Semoga kebahagiaan selalu menyertaimu, ya!

Baca Juga: 6 Mitos tentang Kebahagiaan yang Selama Ini Kita Percaya

R. Wuzan Photo Verified Writer R. Wuzan

🏖️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya