Comscore Tracker

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmu

Diriku di masa lalu, ada sedikit pesan untukmu

Saat tengah melamun, pernah kah kamu tiba-tiba teringat masa lalu? Seperti apakah dirimu di masa lalu? Apakah kamu membencinya? Atau justru kamu sangat mencintainya? Terlepas dari pengalaman masa lalumu, kamu di masa lalu adalah orang yang hebat. Tanpa dia, tidak akan ada kamu yang sekarang. Tanpa dia, tidak ada sosok luar biasa seperti dirimu saat ini. 

Perjalanan apa pun yang telah kamu lalui adalah proses yang membentuk dirimu sekarang ini. Tidak perlu menyesali segala kesalahan yang telah kamu perbuat karena kesalahan itu yang membuat dirimu mengerti mana yang benar dan mana yang salah. Justru, 5 pesan spesial inilah yang layak kamu sampaikan kepada dirimu di masa lalu.

1. Terima kasih untuk perjuanganmu yang sangat luar biasa

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmupixabay/pexels

Dirimu di masa lalu adalah sosok yang begitu hebat. Ingatlah kembali, hal-hal yang selama ini kamu anggap mustahil, berhasil kamu lalui walau dengan perjuangan yang tak mudah. Dirimu di masa lalu telah melewati banyak rintangan hingga kau bertahan sampai sekarang ini.

Tidak mudah memang perjuanganmu, tapi kamu bisa melewatinya. Sekarang katakan pada dirimu sendiri, "teruntuk kamu, diriku di masa lalu, terima kasih telah berjuang hingga sejauh ini". Apresiasi dirimu atas segala kerja keras yang telah kamu lakukan.

Mungkin saat ini kamu belum bisa menjadi sosok yang diinginkan dirimu di masa lalu, namun dirimu di masa lalu dan sekarang sudah berjuang sekuat tenaga. Nikmatilah segala proses ini, kamu hebat! 

2. Kesalahanmu dulu telah membentuk pribadi baru seperti aku yang sekarang

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmupixabay/free-photos

Banyak dari kita yang melakukan berbagai kesalahan di masa lalu. Sering kali ketika kita mengingatnya, akan timbul rasa penyesalan dan bertanya-tanya, "kenapa aku ngelakuin itu, ya? Kenapa aku dulu bisa sebodoh itu?". Penyesalan jika diikuti tidak akan ada habisnya. Jika kamu akan terus tenggelam ke penyesalan, kapan kamu akan melanjutkan hidupmu?

Kesalahan itu telah membentuk dirimu yang sekarang ini. Kamu telah menjadi pribadi baru melalui pengalaman-pengalaman tersebut. Tidak perlu terlalu larut dalam penyesalan. Jadikanlah pembelajaran agar kamu tak mengulanginya kembali. 

Baca Juga: 6 Alasan Jangan Terus-menerus Menyesal dengan Masa Lalu yang Kelam

3. Terima kasih telah menunjukkan padaku salah dan benar

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmupixabay/free-photos

Dirimu di masa lalu adalah orang yang paling berjasa bagi kehidupanmu sekarang ini. Dia memang sering berbuat salah, melakukan kebodohan yang sering kali membuatmu menyesal. Tapi melalui dia, kamu akan mengerti mana yang salah dan benar.

Kamu telah melakukan kesalahan yang dulunya merugikan dirimu. Namun berkat dia, kamu yang sekarang tahu mana yang salah serta tak harus dilakukan. Kini kamu mengerti perbuatan benar apa yang harus kamu lakukan.

Kamu telah belajar menjadi lebih dewasa. Kamu yang sekarang jauh lebih mengerti apa yang terbaik bagimu dengan belajar dari kesalahan di masa lalu. 

4. Maafkan aku, jika aku yang sekarang tak Sehebat dirimu dulu

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmupixabay/free-photos

Apakah kamu merasa dirimu di masa lalu justru jauh lebih baik dari dirimu yang sekarang? Apakah kamu berpikir bahwa ada sedikit kemunduran yang terjadi padamu? Dulu mungkin kamu adalah pribadi yang penuh prestasi, namun kamu merasa saat ini kamu bukan siapa-siapa. 

Kamu boleh bersedih jika kamu merasa seperti itu. Setiap manusia di dunia ini akan mengalami fase pasang-surutnya masing-masing. Mungkin kamu tak sehebat dulu yang penuh pencapaian, tapi dirimu ke depan akan mengalami masa kejayaan kembali seperti yang telah kamu lalui dulu.

Kamu hanya perlu mengevaluasi diri, di mana letak kesalahanmu atau justru kamu terlalu menuntut dirimu untuk memperoleh ini itu? Memang baik memiliki target, tapi jangan membuat dirimu terlalu tertekan. Tekanan ini akan membuatmu tidak fokus dalam meraih apa yang kamu inginkan.

Maafkan dirimu jika kamu tak sehebat dirimu yang dulu, mungkin kali ini dirimu sedang minta untuk beristirahat. Perhatikan dirimu, tanyakan apa yang saat ini kamu butuhkan, bukan hanya apa yang kamu inginkan.

5. Aku berjanji akan menjaga diriku dengan sebaik mungkin

Teruntuk Diriku di Masa Lalu, Ini 5 Pesan Spesial Untukmupixabay/pexels

Setelah berbagai hal yang dirimu lalui, entah baik atau buruk, semua patut mendapat apresiasi. Dirimu di masa lalu telah berjuang dengan sangat keras untuk mencapai titik ini. Sekarang ucapkan terima kasih padanya atas apa yang telah ia korbankan.

Berjanjilah padanya kau tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Katakan pada dirimu di masa lalu, kamu yang sekarang akan jauh lebih berhati-hati. Kamu akan menjaga dirimu dengan baik, bahkan lebih baik dari cara kamu menjaga dirimu di masa lalu. 

Mengingat masa lalu memang sesekali perlu dilakukan, hal itu sangat wajar. Tidak perlu menyesali sesuatu yang telah kau buat, gagal kau usahakan, atau tidak kau lakukan sama sekali di masa lalumu.

Setiap proses yang terjadi di hidupmu adalah jalan untuk membentuk dirimu yang sekarang ini. Tetap semangat, kembali lanjutkan hidupmu. Kamu hebat, yuk terus berjuang!

Baca Juga: 6 Cara Agar Kamu Gak Lagi Mengingat Kenangan Masa Lalu, Yuk Move on!

Yoshi Yosea Photo Community Writer Yoshi Yosea

Hobi ngehalu, seorang pecandu susu dan keju.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You