Comscore Tracker

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih Baik

Yuk, belajar menerima banyak hal!

Kehidupan selalu menawarkan dua sisi yang berlawanan. Di balik rasa senang, sewaktu-waktu rasa sedih bisa datang tanpa diundang. Sebagai manusia yang kamu bisa hanya belajar menerima dan senantiasa mengambil pelajaran dari apa yang ada di depan mata. 

Kita tidak bisa menolak hal-hal buruk untuk menghampiri kita. Yang kita bisa hanya menurunkan espektasi dan tetap melanjutkan hidup sebaik-baiknya. Nah, berikut ada lima realita yang harus kamu terima untuk hidup lebih baik ke depannya. Yuk simak! 

1. Hidup memang tidak pernah adil dan hal itu tidak apa-apa

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih BaikPexels.com/Hebert Santos

Menuntut hidup selalu berbuat adil pada dirimu sama halnya berharap selalu ada pelangi pada setiap hujan yang turun. Sebagai manusia kita tidak bisa memilih takdir kehidupan sesuka hati. Ada kalanya kita diberikan rezeki berlimpah dan ada kalanya rezeki tersebut tiba-tiba dirampas.

Sebelum kamu memilih membandingkan nasib manusia satu dan lainnya, ada baiknya kamu belajar menerima bahwa hidup memang selalu punya sisi ketidakadilan. Alih-alih kamu mempertanyakannya kepada Tuhan, mulailah mengintropeksi diri terlebih dahulu sembari menengok sejauh apa usaha yang telah kamu lakukan. 

2. Setiap orang memang akan datang dan pergi dalam hidupmu

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih BaikPexels.com/Polina Zimmerman

Dunia beserta seluruh isinya adalah kumpulan fana yang tampak nyata. Tidak ada satu orang pun yang akan membersamaimu selamanya di dunia. Setiap kedatangan sesungguhnya dihadirkan sepaket dengan kepergian. 

Setiap manusia punya waktunya masing-masing, saat waktunya habis mereka akan pergi dengan cara yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya. Satu-satunya yang pasti akan membersamaimu hanyalah diri sendiri. Oleh karena itu, jangan sampai terlalu sibuk menyayangi orang lain membuatmu lupa menyayangi diri sendiri. 

3. Setiap pelajaran pasti memiliki harga yang harus dibayar

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih BaikPexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Tidak ada yang benar-benar diberikan secara percuma di dunia. Segala yang disebut gratis sesungguhnya selalu ada usaha yang menyertainya. Untuk memperoleh segala sesuatu kita harus membayar sejumlah harga yang telah ditentukan. Sama halnya pelajaran hidup, untuk memperolehnya tidak jarang kamu harus membayarnya dengan air mata dan luka-luka. 

Baca Juga: Relate, 5 Realita yang Bisa Disadari dari KDrama True Beauty

4. Kamu baru benar-benar bahagia jika telah mampu berdamai dengan dirimu

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih BaikPexels.com/Alan Retratos

Kita seringkali mengejar hidup yang bahagia sementara kita tidak tahu konsep hidup bahagia itu seperti apa. Kita seringkali menganggap bahagia adalah memiliki apa yang dimiliki orang lain maupun menjadi lebih unggul dibanding yang lainnya. Padahal sejatinya pola pikir demikian adalah kesesatan yang paling disengaja. 

Rasa bahagia tidak untuk dikejar melainkan diciptakan. Rasa bahagia baru akan kamu rasakan jika kamu mampu berdamai dengan dirimu. Saat kamu bisa menerima kurang dan lebih dirimu nantinya rasa bahagia itu akan muncul dengan sendirinya. 

5. Kamu tidak akan bisa menyenangkan semua orang

5 Realita yang Harus Kamu Terima Agar Bisa Hidup Lebih Baikunsplash.com/Artem Maltsev

Mustahil rasanya jika kita berhasil membahagiakan semua orang. Tak peduli sebaik apa pun dirimu pasti akan ada saja orang yang tidak menyukaimu. 

Tidak perlu berlebihan, kamu tak perlu berubah menjadi orang lain agar diterima semua orang. Saat satu orang membencimu, yang kamu harus ingat adalah orang-orang yang menyayangimu.

Fokuslah memikirkan dan melakukan hal-hal yang baik tanpa mengharap balasan apa pun. Kamu hanya perlu mengingat bahwa untuk memahami perasaan orang lain bukan berarti kamu harus mengorbankan perasaanmu sendiri. 

Nah, itulah lima realita yang harus kamu terima agar dapat hidup lebih baik ke depannya. Yuk, sama-sama belajar untuk menerima segala yang diberikan Tuhan! 

Baca Juga: Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai Rencana

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya