Comscore Tracker

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!

Jangan diabaikan begitu saja!

Banyak orang yang berusaha mengubah hidup mereka agar semakin baik dari tahun sebelumnya. Resolusi pun beragam dari ingin menurunkan berat badan, meningkatkan penghasilan, lebih dekat dengan Tuhan, bahkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. Namun, pada kenyataannya hanya sedikit dari mereka yang benar-benar mampu mencapai resolusi yang mereka buat.

Seringnya espektasi dan harapan yang tidak berjalan sesuai dengan realita kadang membuatmu merasa gelisah dan tidak termotivasi. Meskipun normal, ternyata hal-hal demikian harus benar-benar dipahami penyebabnya agar tidak berujung mengganggu mental. Biar makin jelas, berikut ada lima sebab hidupmu gampang gelisah dan kurang motivasi jika ditinjau secara umum. Keep reading!

Baca Juga: 5 Manfaat Berpikir Positif bagi Kesehatan Mental di Era New Normal

1. Kamu gemar berpikiran negatif terhadap apa pun

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!Pexels.com/Min An

Berpikir negatif memang tidak bisa disebut sebagai kekeliruan. Namun, jika intensitasnya tergolong berlebihan, hal tersebut telah mengarah pada gangguan kesehatan, khususnya mental. Terbiasa berpikir negatif terhadap apa pun membuatmu seolah dihantui ketakutan tanpa wujud yang jelas.

Rasa takut yang terus ditanam tersebut lama-kelamaan akan berkembang menjadi kegelisahan, bahkan ketidakinginan melakukan apa pun yang menurut perspektifmu berpotensi menimbulkan kerugian. Oleh sebab itu, sebelum pikiran negatif menguasai isi kepalamu, ada baiknya kamu belajar memandang segala hal dalam berbagai perspektif yang lebih luas.

2. Kurangnya rasa percaya pada diri sendiri

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!Pexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Merasa minder dan menilai diri tidak memiliki kelebihan bisa menjadi sumber kegelisahan hidup selanjutnya. Kurangnya rasa percaya diri membuatmu tidak memahami, bahkan mengenali dirimu sendiri. Padahal, sejatinya setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menilai rendah diri sendiri seperti membiarkan segala potensi yang kamu miliki terlewat begitu saja. Alih-alih minder karena kemampuan berhitungmu di bawah rata-rata, parasmu tidak semenawan artis Korea, atau hal-hal yang sifatnya fisik belaka, ada baiknya kamu mengembangkan rasa percaya dirimu dengan terus belajar dan menggali kelebihan yang kamu miliki tanpa putus asa.

3. Tidak memiliki mimpi atau tujuan yang benar-benar ingin diraih

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!Unsplash.com/Max Ilienerwise

Bisakah kamu membayangkan hidup tanpa tujuan apa-apa atau terbangun di pagi hari tanpa mengetahui apa yang harus kamu kerjakan selanjutnya? Hal tersebut tentunya tidak akan kamu alami jika dirimu memiliki mimpi atau tujuan hidup yang jelas.

Mimpi dan tujuan membuat hidupmu jauh lebih terarah. Membiarkan diri hidup tanpa tujuan bisa membuatmu terkesan pasrah tanpa mengeluarkan seluruh tenaga untuk menjalani hidup setiap harinya. Agar hidupmu jauh lebih bersemangat, ada baiknya kamu mencoba mendengarkan kata hatimu dan mencari tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup ini.

4. Kamu terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!freepik/freepik

Segala hal dalam hidup tidak diciptakan untuk dibandingkan satu dengan yang lainnya. Setiap sisi kehidupan pasti memiliki peranan pentingnya masing-masing, termasuk kehadiranmu di dunia ini. Perbedaanmu dan orang lain bukan sebuah hitungan yang bisa diselesaikan dengan persamaan matematika.

Setiap manusia memiliki nasib dan rezekinya masing-masing. Membandingkan nasibmu dengan orang yang lebih hebat darimu tentu berpotensi mengundang resah dan gelisah mendadak datang. Oleh sebab itu, daripada ilmu perbandingan hidup membuatmu mudah gelisah, kamu bisa mengatasinya dengan berprasangka baik kepada Tuhan dan menghadirkan rasa syukur setiap harinya.

5. Kamu membiarkan dirimu jauh dari Tuhan

5 Sebab Hidupmu Sering Gelisah dan Kehilangan Motivasi, Cepat Atasi!Pexels.com/Karolina Grabowska

Mendekatkan diri kepada Tuhan merupakan solusi segala permasalahan jiwa yang seringnya justru diabaikan manusia. Padahal, sejatinya hubunganmu dengan Sang Pencipta juga turut andil dalam menciptakan perasaan tenang di dalam jiwa. Semakin kamu jauh dari Tuhanmu, semakin dekat kamu dengan rasa gelisah, begitu pula sebaliknya.

Perasaan gelisah itu mungkin sebuah sinyal dari Tuhan bahwa kamu telah keluar dari jalur yang seharusnya. Alih-alih lari ke obat-obatan penenang atau mencari kebahagiaan di tempat hiburan, ada baiknya kamu menceritakan dan menyerahkan segala bentuk permasalahan hidupmu kepada Tuhan.

Nah, itulah kelima sebab kamu sering merasa gelisah dan kehilangan motivasi dalam hidupmu. Meskipun tampak sepele, perasaan tersebut bisa berdampak fatal jika terus-menerus dibiarkan. Sadari dan atasi segera sebelum terlambat, ya!

Baca Juga: Sedang Susah Hati? Simak 7 Langkah Membuat Hati Menjadi Tenang

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya