Comscore Tracker

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup Sebulan

Dijamin gak boros lagi!

Tidak semua orang memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Ada banyak keluarga yang justru terlilit utang akibat tidak mampunya menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Sering disepelekan, ternyata pengelolaan keuangan yang benar adalah salah satu elemen yang dapat mempererat keharmonisan dalam keluarga.

Uang memang bukan segalanya, tetapi tanpa uang kamu tentu tidak dapat memenuhi aneka kebutuhan dalam hidupmu. Biar gak tekor lagi, berikut ada lima tips hemat pengeluaran rumah tangga agar gaji pas-pasanmu cukup untuk sebulan. Keep reading, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup Mapan

1. Selalu buat rincian belanja bahan-bahan pokok di awal bulan

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup SebulanPexels.com/Karolina Grabowska

Saat gajimu keluar, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah merinci setiap kebutuhan yang benar-benar kamu perlukan selama sebulan. Rincian tersebut berguna untuk mengelola keuanganmu agar tepat guna dan tidak terpakai untuk membeli barang yang sia-sia.

Alokasi keuangan yang terkonsep dengan benar membuatmu tidak defisit dan terpaksa meminjam uang di akhir bulan. Kamu pun akan tenang di akhir bulan.

2. Kurangi kebiasaan membeli makanan jadi dari luar

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup SebulanPexels.com/Daria Shevtsova

Siapa yang gemar membeli makanan jadi dari luar? Atau siapa yang sering membeli kopi kekinian sambil nongkrong di kafe? Kalau kebiasaan tersebut sering kamu terapkan padahal gajimu terbilang pas-pasan, siap-siap saja untuk melakukan pengiritan hebat di akhir bulan.

Bukan tanpa alasan, kebiasaan membeli makanan jadi semacam ini bisa menggerogoti uang bulananmu tanpa kamu sadari. Terlihat sedikit, jika dilakukan rutin setiap hari pengeluaran kecil tersebut lama-lama menjadi besar dan membuat keuanganmu mengalami gangguan.

3. Beli bahan makanan di pasar tradisional yang harganya relatif lebih terjangkau

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup SebulanPexels.com/tsaqif ss

Jika gajimu dan pasangan sama-sama pas-pasan, kalian harus mulai belajar membeli bahan makanan mentah di pasar tradisional. Bahan-bahan dari pasar tradisional dikenal jauh lebih murah dan biasanya justru lebih segar dibandingkan di supermarket ataupun penjual sayur keliling.

Selain baik untuk penghematan, kebiasaan ini juga terbukti dapat membantumu hidup lebih sehat lewat terjaganya kualitas bahan makanan yang kamu sediakan untuk keluargamu. Yuk, ke pasar!

4. Tahan diri untuk membeli pakaian baru setiap bulannya

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup SebulanPexel.com/Sam Lion

Jika kamu kaya raya dan memiliki saldo tabungan yang digitnya banyak, mungkin urusan membeli pakaian bukan hal yang perlu kamu pusingkan. Berbeda halnya jika gajimu pas-pasan.

Membeli pakaian setiap bulan sama halnya melakukan pemborosan yang disengaja. Oleh karena itu, agar gajimu tetap cukup dan tetap bisa disisihkan untuk menabung, ada baiknya kamu membeli pakaian saat benar-benar perlu saja.

5. Masak makanan sendiri agar pengeluaranmu menjadi jauh lebih hemat

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup SebulanPexels.com/Elly Fairytale

Memasak makanan sendiri di rumah akan membuat pengeluaranmu jauh lebih terkendali dibandingkan saat kamu sering membeli makanan di luar. Uang yang kamu habiskan untuk sekali membeli makanan di luar, besarnya bisa serupa pengeluaran untuk makan di rumah selama satu hari.

Meskipun harus meluangkan sedikit waktu dan tenaga, memasak makanan sendiri nyatanya terbukti ampuh menghemat anggaran bulananmu. Selain itu, hal tersebut juga bisa menambah kehangatan dalam keluargamu.

Nah, itulah lima tips hemat pengeluaran rumah tangga agar gaji sedikit pun cukup untuk sebulan. Terapkan dari sekarang biar kamu tidak linglung dan terpaksa berutang. Yuk, kelola uang dengan bijak mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Alasan Orang Gak Suka Dikasihani meski Penghasilannya Pas-pasan 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya