Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!

Bisa bikin boros!

Mengapresiasi diri sendiri dengan berbelanja memang gak bisa langsung dicap sebagai sebuah kesalahan. Namun, jika kebiasaan ini sudah kebablasan, tentu pengeluaranmu menjadi gak karuan. Agar keuanganmu senantiasa terjaga, ada baiknya kamu belajar untuk lebih selektif untuk mengeluarkan uang khususnya untuk diri sendiri.

Meski kamu memang perlu self reward, bukan berarti kamu boleh sering-sering mengeluarkan uang tanpa pikir panjang. Banyak ruginya, berikut ada lima alasan mengapa kamu gak boleh terlalu royal dengan diri sendiri. Baca sampai akhir, ya!

1. Bisa membuat pengeluaranmu lebih besar daripada pemasukan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!Pexels.com/Karolina Grabowska

Pernah mendengar peribahasa "lebih besar pasak daripada tiang"? Nah, jika kamu terlalu royal dengan diri sendiri, kamu pasti sering merasakan kondisi seperti peribahasa di atas.

Terlalu mudah mengeluarkan sejumlah uang tentu membuat anggaran keuanganmu jadi terganggu. Parahnya lagi, kebiasaan ini juga bisa membuat tabunganmu menipis dan dikejar banyak utang tiap bulannya.

2. Kamu jadi gak bisa membedakan antara prioritas dan keinginan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!Pexels.com/Sam Lion

Orang yang terlalu royal dengan diri sendiri biasanya merasa segala hal yang ingin dia beli itu penting dan bernilai guna. Padahal, pada kenyataannya perasaan menyesal yang lebih sering datang daripada rasa senang. 

Hal ini tentu gak akan terjadi jika kamu lebih selektif dalam mengeluarkan sejumlah uang untuk berbelanja. Jika kamu lebih pelit kepada diri sendiri, kamu justru malah mengerti perbedaan prioritas dan keinginan. Efeknya adalah segala barang yang kamu beli gak akan berakhir kamu tangisi dan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat Ramadan

3. Kamu jadi gak terlatih hidup sederhana

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!Pexels.com/Karolina Grabowska

Hidup ini dipenuhi dengan berbagai ketidakpastian. Hari ini kamu banyak uang, belum tentu esok hari juga demikian. Gak ada jaminan orang kaya tidak bisa miskin dan sebaliknya.

Oleh karena itu, kamu dituntut untuk belajar hidup sederhana dan minimalis meskipun hidup serba berkecukupan. Bukan mengajak untuk pelit pada diri sendiri, melainkan kebiasaan semacam ini justru membuatmu lebih siap jika sewaktu-waktu kamu menghadapi kesulitan secara finansial.

4. Kamu juga bisa menjadi kurang menghargai kerja kerasmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saking mudahnya mendapat uang dan membelanjakannya, sering kali kamu menjadi pribadi yang menyepelekan kerja keras. Bisa jadi justru produktivitasmu dalam bekerja menurun seiring pemasukan yang tidak pernah menetap dalam rekening.

Harus kamu hentikan, nyatanya kebiasaan terlalu royal dengan diri sendiri justru bisa membuatmu bekerja semata-mata hanya demi uang tanpa berkeinginan lebih untuk meningkatkan kemampuan.

5. Kamu jadi punya tabungan lebih banyak untuk masa depan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Royal dengan Diri Sendiri, Harus Tahu!Pexels.com/Karolina Grabowska

Kalau kamu gak terlalu royal dengan diri sendiri, nantinya sisa penghasilanmu lebih banyak yang masuk dalam saldo tabungan. Tabungan tersebut bisa kamu simpan untuk menghadapi kesulitan di masa mendatang.

Gak menutup kemungkinan kondisi keuanganmu juga jauh lebih stabil dan terhindar dari lilitan utang. Nah, kalau sudah begini apa kamu masih mau royal dengan diri sendiri dan belanja sesuka hati?

 

Itulah lima alasan sebaiknya kamu gak terlalu royal dengan diri sendiri. Selain bikin kondisi keuanganmu terganggu, kamu juga jadi gak siap dengan kesulitan keuangan di masa mendatang. Yuk, sama-sama lebih selektif gunain uang mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dihindari Anak Kos agar Tabungan Aman di Akhir Bulan 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya