Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!

#IDNTimesLife Siapa bilang mimpi gak bisa menjadi kenyataan?

Banyak orang yang merasa takut untuk bermimpi. Mimpi yang besar juga kerap kali berujung jadi bahan tertawaan seolah gak mungkin bisa diwujudkan. Padahal kenyataannya segala macam hal selalu punya kemungkinan untuk terwujud selama kamu memilih terus berusaha dan mengupayakan.

Saat kamu berusaha menggapai impian, secara gak sadar kamu telah memperoleh banyak pengalaman. Pengalaman dan perjalanan itulah yang pelan-pelan mengantarkanmu ke depan pintu kesuksesan yang kamu bayangkan. Bukan sebuah kesalahan, ini 5 alasan mengapa kamu harus berani bermimpi besar. Keep reading!

1. Kamu dapat merasakan keluar dari zona nyaman

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Zona nyaman merupakan tempat indah yang membuatmu tidak berkembang. Di tempat tersebut kamu hanya merasa aman dan menikmati waktu dengan hal-hal membahagiakan. Meski segalanya tampak begitu luar biasa, tetapi di tempat seperti itulah impian besarmu perlahan dikuburkan.

Terus-terusan berada di zona nyaman sebenarnya membuatmu gak lagi ingin belajar dan terlalu menikmati hal-hal yang sebenarnya masih mampu kamu kembangkan. Padahal sejatinya seseorang yang berani bermimpi besar mampu mendorong dirinya untuk menggali potensi tersembunyi yang dimilikinya. Keberanian untuk bermimpi mengajakmu untuk terus maju dan menghasilkan pencapaian yang luar biasa.

2. Kamu dapat menjalani hidup tanpa penyesalan di kemudian hari

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!Unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Banyak orang yang merasa menyesal gak memanfaatkan waktu mudanya dengan sebaik-baiknya. Banyak pula yang menyesal mengapa dulu gak berani keluar dari zona nyaman dan memaksakan diri melawan berbagai tantangan. Sebelum kamu jadi salah satu di antara banyak orang tersebut maka cobalah untuk menempa dirimu dari sekarang.

Memiliki impian yang besar mendorongmu untuk terus melakukan segala hal dengan totalitas. Impian tersebut juga membuatmu berani mencoba berbagai hal yang mungkin sebenarnya gak kamu sukai. Tampak seperti menyusahkan diri sendiri, sesungguhnya hal tersebut justru membuatmu terhindar dari penyesalan di kemudian hari.

3. Kamu dapat menaklukkan ketakutan yang ada pada dirimu

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!Unsplash/Elijah O'Donnell

Rasa takut yang tersimpan pada diri seseorang sesungguhnya adalah benteng pertahanan. Benteng tersebut diharapkan dapat menangkal perasaan kurang nyaman untuk datang bertamu. Namun, pada kenyataannya perasaan takut justru dapat menjelma menjadi musuh untuk diri sendiri.

Merawat rasa takut membuatmu tidak percaya diri untuk bermimpi. Padahal saat kamu berani bermimpi besar, maka nantinya kamu akan hidup dengan berusaha menggapai impian tersebut. Seperti punya tujuan, mimpi-mimpi besar tersebut akan mendorongmu untuk terus berkembang dan berjalan maju dari hari ke hari.

Baca Juga: Jadi Support System, 6 Zodiak Ini Selalu Memberi Motivasi Hidup 

4. Melatih dirimu untuk lebih percaya diri dan mengenal diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!Unsplash.com/Brooke Cagle

Hidup gak cukup hanya dengan merasa aman. Rasa aman seringkali membuatmu terkurung dalam lingkup kehidupan yang itu-itu saja. Merawat kebiasaan tersebut lambat laun akan menurunkan kepercayaan diri yang ada pada dirimu.

Berani bermimpi besar membawa langkahmu menuju tempat yang lebih menantang. Kamu menjadi berani menaklukan dan menghadapi berbagai permasalahan hidup dari yang sifatnya baru, familiar maupun tampak begitu menyeramkan. Dengan beragam permasalahan itulah kamu justru belajar untuk lebih percaya dan mengenali kemampuan diri sendiri.

5. Kamu bisa menginspirasi orang lain untuk terus bertumbuh

5 Alasan Kamu Harus Berani Bermimpi Besar, Mulai Terapkan Sekarang!Unsplash/Brooke Cagle

Berani bermimpi punya dampak yang luar biasa meskipun tampak sederhana. Dengan bermimpi kamu punya tujuan hidup yang lebih jelas setiap harinya. Kamu punya garis besar dan target yang menggerakkanmu untuk terus belajar dan menggali kemampuan diri yang kamu punya. 

Tidak hanya untuk diri sendiri, kegigihan dan perjuanganmu dalam meraih impian juga dapat membawa manfaat untuk orang lain. Kisah perjuangan seseorang untuk meraih impian dapat menjadi suntikan semangat untuk orang yang mendengarkannya. Gak hanya itu, energi positif yang kamu sebarkan lewat keberanian dan keyakinan juga mampu menggerakkan orang lain untuk bertumbuh bersama. 

Nah, itulah 5 alasan mengapa kamu harus berani bermimpi besar. Jangan takut untuk bermimpi meski dirimu diragukan banyak orang di luar sana. Gigih raih mimpimu dan tunjukkan kemampuanmu pada dunia, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Kita Gak Boleh Berusaha Membelokkan Mimpi Orang Lain 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya