Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam Hidup

#IDNTimesLife Prinsip paling penting, nih!

Dalam hidup tentunya kamu tidak hanya dihadapkan dengan hal-hal menyenangkan saja. Gak jarang banyak sekali hal-hal kurang mengenakkan hadir lewat kelakuan orang lain yang berada di sekitarmu. Alih-alih membiarkan perasaan kurang nyaman terus bersarang di dalam jiwa, ada baiknya kamu menerapkan prinsip memaafkan dan melupakan agar hidupmu jauh lebih bahagia.

Meski sering dianggap sebagai dua hal yang sulitnya luar biasa, ternyata memaafkan sekaligus melupakan memiliki efek baik untuk kesehatan terutama dalam segi mental. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 5 alasan mengapa kamu harus punya prinsip memaafkan dan melupakan dalam hidupmu. Keep reading ya!

1. Memaafkan kesalahan orang lain akan membuat luka hatimu lebih lekas sembuh

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam HidupUnsplash/Elijah O'Donnell

Luka yang disebabkan oleh kekecewaan atau sakit hati tidak bisa disembuhkan dengan cara meminum obat-obatan. Lukanya justru dapat semakin dalam jika kamu terus mengingat-ingat penyebab sakit yang kamu rasakan. Semakin kamu ungkit dan ingat-ingat biasanya perasaanmu akan semakin tidak tenteram.

Oleh sebab itu, obat luka hati yang paling mujarab hanyalah dengan memaafkan dan melupakan. Semakin kamu ikhlas dan tulus memaafkan kesalahan seseorang, maka semakin lekas juga luka hatimu sembuh tanpa sedikitpun meninggalkan bekas.

2. Bisa memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain menandakan kamu punya kekuatan

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam HidupUnsplash.com/Raychan

Banyak yang beranggapan bahwa memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain itu merupakan tindakan yang lemah. Bahkan orang-orang banyak yang berpikiran bahwa setiap kesalahan atau rasa sakit hati harus dibalas dengan cara yang setimpal. Tidak sedikit juga yang merasa bahwa hal yang paling impas adalah melihat orang yang menyakitinya juga terkena imbas.

Alih-alih berpikir untuk melakukan hal-hal yang sama buruknya, ada baiknya kamu membalasnya dengan kebaikan hati yang kamu punya. Bukan lemah, caramu tersebut justru menandakan bahwa kamu memiliki kekuatan untuk melawan energi buruk dari orang lain. 

3. Pengampunan yang kamu lakukan membuat hidupmu jauh dari beban dan keinginan balas dendam

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam Hidupfreepik.com/puripatt

Menyimpan dendam itu tidak enak sama sekali. Dendam membuatmu terobsesi untuk menghancurkan bahagia yang dirasakan orang lain dengan cara-cara yang mungkin tidak terpuji. Obsesi tersebut tidak jarang berubah menjadi beban yang kamu bawa setiap hari.

Alih-alih merasa puas dengan melampiaskan dendam, yang ada justru hidupmu terasa kurang nyaman. Apa enaknya melihat penderitaan orang lain sebagai kebahagaiaan? Jika kamu melakukannya, gak menutup kemungkinan hal tersebut malah membuat sisi baik hatimu justru tenggelam.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Kehilangan Motivasi dalam Bekerja

4. Kamu makin terlatih untuk bersabar dan bijak dalam menanggapi kesalahan orang lain

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam HidupUnsplash.com/Brooke Cagle

Terlatih memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain secara tidak langsung juga membuatmu belajar bersabar. Namun, kamu juga harus belajar memilah mana kesalahan yang patut diberikan kesempatan dan mana yang tidak. Memaafkan itu wajib, namun memberikan kesempatan dan kepercayaan kembali kepada orang yang menyakitimu itu murni adalah pilihan.

Semakin terlatih kamu memberikan pengampunan, maka semakin banyak pula energi baik yang kamu tumbuhkan. Dengan prinsip memaafkan dan melupakan, tanpa disadari kamu juga makin banyak memperoleh pelajaran berharga yang dapat kamu gunakan di masa depan.

5. Dengan memaafkan dan melupakan tindakan buruk seseorang secara tidak langsung kamu belajar untuk berdamai dengan diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam HidupUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Pengampunan bukan sesuatu yang kamu lakukan untuk orang lain⁠ melainkan untuk diri sendiri. Gak memaafkan seseorang sama saja dengan memilih terperangkap dalam sel penjara kepahitan dan menjalani waktu untuk kejahatan orang lain. Sungguh hal yang sia-sia jika pada akhirnya kamu sendiri yang memelihara keburukan tersebut dan memilih menumbuhkannya.

Memang gak banyak orang yang sanggup melawan energi buruk dengan energi baik. Tidak jarang energi buruk yang disalurkan orang lain justru melahap habis energi baik yang tersisa pada diri seseorang. Namun, kamu juga harus mengingat bahwa dengan memaafkan dan melupakan kesalahan yang diperbuat orang lain secara gak langsung kamu telah belajar berdamai dengan orang lain dan dirimu sendiri.

Nah, itulah kelima alasan mengapa kamu harus punya prinsip memaafkan dan melupakan dalam hidupmu. Ingat ya, baik dan buruk itu bukan pilihan yang dibuat atas perbuatan orang. Perbuatan baik tidak pernah berujung sia-sia, segala yang baik pasti Tuhan sediakan balasannya.

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya