Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!

Yuk, ubah sebelum dampaknya makin besar!

Hidup dengan tenang tentu adalah harapan semua orang. Siapa yang tidak ingin menikmati hidup tanpa perasaan terancam atau dibayangi ketakutan? Sayangnya, kebanyakan orang sering tidak sadar bahwa kelakuannya sendiri yang membuat hidupnya terasa tidak nyaman.

Gak sulit, nyatanya untuk hidup tenang kamu hanya perlu meninggalkan hal-hal kecil dalam hidupmu. Biar kamu ada bayangan, berikut adalah lima hal kecil yang harus kamu tinggalkan agar bisa hidup lebih tenang. Apa saja kira-kira? Keep reading, ya!

1. Tekanan yang muncul karena overthinking

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!Pexels.com/Polina Zimmerman

Hidup manusia sejatinya memang selalu diliputi masalah dan tekanan. Gak melulu karena pekerjaan ataupun kejadian yang kurang menyenangkan, tekanan juga bisa hadir akibat kamu terlalu kebablasan memikirkan hidup.

Agar hidupmu jauh lebih tenang, ada baiknya kamu belajar untuk menikmati hidupmu tanpa terlalu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi keesokan harinya. Kamu juga bisa meminimalisasi kebiasaan berpikir berlebihanmu dengan memfokuskan pikiran pada sesuatu yang lebih berguna.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Mengurangi Kebiasaan Overthinking, Tertarik Coba?

2. Rasa takut untuk mengambil keputusan

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Kamu tidak akan pernah berjalan maju jika kamu memilih berdiam di tempat tanpa berjalan ke mana-mana. Ketakutanmu untuk mengambil risiko bisa membuatmu kehilangan kesempatan dalam mengembangkan diri.

Meski wajar dan biasanya bertujuan untuk berhati-hati, bukan berarti kamu membiarkan rasa takut menguasai dirimu. Menyimpan rasa takut hanya akan membuatmu dihantui rasa penasaran dan menyesal di kemudian hari.

3. Kecemasan akan masa depan

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!Pexels.com/cottonbro

Hal kecil lain yang harus kamu tinggalkan agar bisa hidup lebih tenang adalah rasa cemas berlebihan akan masa depan. Masa depan adalah bagian yang telah diatur oleh Tuhan dengan sebaik-baiknya. Gak perlu kamu cemaskan, sebagai manusia, tugasmu hanyalah berusaha semaksimal mungkin dan selalu berbaik sangka pada rencana Tuhan.

Hanya membuat hidupmu dihantui perasaan tidak nyaman, mulai sekarang kamu harus belajar untuk mengalihkan dan mengubah wujud rasa cemasmu menjadi energi positif yang mampu membuat semangatmu membara.

4. Rasa bersalah atas kejadian di masa lalu

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!Pexels.com/Hebert Santos

Rasa bersalah tidak berhak menghalangimu untuk merangkai hidup yang lebih baik di masa depan. Agar tidak menjadi beban, kamu harus belajar menuntaskan rasa bersalah yang tersimpan di dalam dada.

Kamu harus membiasakan diri untuk segera meminta maaf jika melakukan kesalahan. Kamu harus ingat bahwa menunda maaf dan menyimpan rasa bersalah hanya akan membuatmu gak pernah tenang seumur hidupmu.

5. Komitmen yang tidak berasal dari hati

5 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Bisa Hidup Lebih Tenang, Catat!Pexels.com/Alex Green

Kamu boleh membangun komitmen dengan manusia mana pun di muka bumi. Namun, sebelumnya kamu harus memastikan bahwa komitmen yang kamu bangun tersebut memang berasal dari hati. Gak boleh kamu paksakan, kamu harus ingat bahwa dirimu berhak terbebas dari komitmen toksik yang tidak membuatmu bahagia. 

Berkomitmen tanpa melibatkan perasaan hanya akan membuat hidupmu kurang nyaman. Tidak hanya itu, menjalin komitmen seperti demikian juga berpotensi menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu tinggalkan agar bisa hidup lebih tenang. Gak sulit, kamu hanya perlu mengambil langkah perubahan dari sekarang. Yuk, sama-sama meninggalkan hal toksik agar bisa hidup lebih baik!

Baca Juga: 5 Cara Memerdekakan Diri dari Ekspektasi Berlebih, Hidup Jadi Tenang!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya