Comscore Tracker

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!

Gak cuma raga yang bisa lelah!

Setiap harinya kamu berjibaku dengan berbagai rutinitas. Tak jarang rutinitas tersebut menguras energi dan juga pikiranmu. Tak hanya menyumbang rasa lelah di raga saja, segala kesibukan dan tekanan hidup juga seringkali menyumbangkan rasa lelah di dalam jiwamu. 

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa jiwanya perlu rehat dari berbagai penat. Sering disepelekan, inilah 5 tanda bahwa sesungguhnya jiwamu sedang kelelahan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pada ulasan di bawah ini. 

1. Kamu lebih sensitif dari biasanya

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!Unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Tanda yang pertama adalah kamu jauh lebih sensitif terhadap apa pun di sekitarmu. Masalah yang biasa bisa kamu selesaikan dengan tenang tiba-tiba bisa membuatmu terguncang.

Lebih parahnya, kamu bisa terharu oleh hal-hal kecil bahkan menangis tanpa alasan. Kalau sudah demikian, itu tandanya kamu perlu ambil rehat dan menenangkan dirimu sebelum semakin tidak karuan.

2. Kamu kesulitan mengendalikan emosi

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!freepik.com/freepik

Tanda selanjutnya adalah kamu merasa kesulitan mengendalikan emosi. Jika biasanya kamu terbilang bijak diberbagai kesempatan, kali ini kamu merasa ingin meledak dan marah pada keadaan.

Tidak melulu negatif, hal tersebut bisa saja terjadi di luar kesadaranmu sekaligus jadi indikator bahwa jiwamu sedang terguncang dan perlu waktu rehat dari berbagai kesibukan sementara waktu.

3. Kamu merasa letih meski tidak melakukan aktivitas yang berat

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!Pexels.com/olly

Pernah merasa sangat lelah padahal pekerjaanmu terbilang sama saja dari hari sebelumnya? Merasa lelah padahal tidak mengerjakan apa-apa?

Nah, kalau kamu merasakannya berarti itu tanda bahwa jiwamu sedang meminta waktu beristirahat. Jangan disangkal ya, kamu harus mengakui dan menyembuhkannya agar energimu kembali seperti semula.

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi sebagai Alternatif Diet Sehat, Tanpa Efek Samping!

4. Kamu merasa hidupmu kurang bahagia padahal sebenarnya baik-baik saja

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!Unsplash.com/Vadim Fomenok

Hidupmu tidak sedang menghadapi masalah yang pelik namun isi kepalamu terasa penuh? Kemudian kamu merasa bahwa hidupmu tak cukup bahagia?

Padahal dulunya kamu merasa cukup-cukup saja. Sebelum perasaan tidak nyaman itu makin menyiksa, ada baiknya kamu ambil jeda dan mencoba berbicara dari hati dengan diri sendiri. 

5. Kamu berpikir untuk mencari suasana baru padahal kamu jarang melakukannya 

5 Hal Ini Beri Sinyal Bahwa Jiwamu Sedang Kelelahan, Wajib Tahu!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Saat jiwamu sedang lelah, rutinitas harianmu yang semula baik-baik saja bisa berubah menjadi rutinitas yang membosankan. Kamu kehilangan semangat untuk mengerjakan apa yang dulunya kamu minati.

Tak jarang kamu mencari pelarian dengan mencari suasana baru yang kamu anggap bisa mengembalikan energimu padahal semua hanya bagian dari luapan emosimu.

Nah, itulah lima hal yang beri sinyal bahwa jiwamu sedang kelelahan. Jangan disepelekan ya, kalau dibiarkan bisa bikin hidupmu tak lagi terasa nyaman!

Baca Juga: Bukan Malas, Ini 5 Tanda Kita Perlu Rehat dari Rutinitas Sehari-hari

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya