Comscore Tracker

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa Sulit

Ingatlah bahwa badai pasti berlalu!

Hidup sejatinya adalah perjalanan panjang yang kadang menemui jalan tanjakan dan lembah yang curam. Kamu sebagai manusia tidak bisa memilih jalan mana yang ingin kamu lalui sepanjang hidupmu. Saat masa sulit itu datang, kamu tidak bisa lari ataupun membalikkan badan.

Sejatinya, masa sulit mengajarkanmu untuk menjadi lebih baik jika kamu sanggup melewatinya. Agar kamu tetap kuat dalam menghadapi lika-liku hidup yang sulit diterka, berikut adalah lima hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melewati masa-masa sulit. Baca terus sampai akhir, ya!

1. Senantiasa tanamkan rasa syukur dalam hatimu

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa SulitPexels.com/Mikhail Nilov

Sejatinya rasa syukur itu adalah bentuk penghargaan dari hal-hal baik yang kita terima. Namun, banyak orang yang kemudian beranggapan bahwa rasa syukur hanya layak diucap ketika tengah berbahagia saja. Padahal, jika kamu bisa melihat lebih dekat, Tuhan selalu memberikan kita nikmat setiap harinya.

Nikmat itu tidak selalu berupa materi, kesuksesan, keberhasilan, dan hal-hal besar yang bisa kamu pamerkan. Dari masa-masa sulit saja kamu sebenarnya masih punya banyak hal yang disyukuri seperti fisik yang sehat, keluarga yang selalu ada, ataupun sahabat yang selalu mendengarkanmu berbagi cerita.

Baca Juga: 5 Kenyamanan Hidup yang Gak Dimiliki Semua Orang, Banyaklah Bersyukur!

2. Fokus pada apa yang bisa kamu kontrol dan ubah

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa SulitPexels.com/Ketut Subiyanto

Saat sedang berada di masa sulit, kita sering terbawa suasana dan justru fokus pada hal negatif semata. Padahal, hal negatif hanya akan membuatmu stagnan dan membuatmu meratapi nasib semata. Hal itulah yang kemudian membuat pikiran semakin kusut dan beban pikiran bertambah berat. 

Alih-alih mengikuti energi negatif, kamu hanya perlu fokus pada apa yang bisa kamu ubah dan kontrol. Hal semacam itulah yang sesungguhnya mampu menciptakan perubahan dan mempercepatmu keluar dari masa sulit.

3. Ingat bahwa kamu telah berjalan sejauh ini

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa Sulitunsplash.com/Artem Maltsev

Saat kamu merasa putus asa dan tidak mampu melewati masa sulit yang tengah menimpamu, kamu sejatinya hanya perlu menilik ke belakang dan melihat sejauh apa perjalananmu. Perjalanan yang telah kamu lewati sebelumnya tentu juga tidak mudah.

Kamu sudah berhasil melewati banyak hal untuk akhirnya ada di masa sekarang. Jika kamu memilih menyerah, ingatlah bahwa segala kesulitan pasti disertai kemudahan seperti harimu yang sudah-sudah.

4. Jangan terlalu keras dan tetaplah baik pada diri sendiri

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa SulitPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu tidak perlu memaksakan diri, bahkan mengasihani dirimu saat tengah berada di masa sulit. Kamu hanya perlu melakukan hal menyenangkan bagi dirimu, entah itu membaca buku, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau bertukar pikiran dengan sahabat.

Hal menyenangkan itulah yang membuatmu memiliki energi ekstra dan sanggup melewati banyak hal yang terjadi pada hidupmu. Meskipun ada di masa sulit, bukan berarti kamu berhenti memperlakukan dirimu dengan baik, kan?

5. Maafkan segala hal yang terjadi dalam hidupmu

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa SulitPexels.com/Thnh Phng

Jika masa-masa sulit yang kamu alami berasal dari perbuatan buruk orang lain, langkah yang harus kamu ambil adalah belajar untuk ikhlas dan memberi maaf. Marah memang adalah emosi yang wajar kamu perlihatkan di awal kejadian. Namun, jika kamu terus-menerus merawat marah, benci, dan dendam di dalam hatimu, tentunya hal tersebut justru membuat hidupmu bermasalah.

Perasaan dendam hanya akan membuatmu terkurung dalam pusaran kebencian. Jika kamu tidak bisa memaafkan segala hal yang terjadi padamu, kamu justru tidak akan pernah bisa keluar dan beranjak maju dari masa sulit yang menimpamu.

 

Nah, itulah lima hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melewati masa sulit hidupmu. Gak usah dilawan, ya, segala yang sulit akan berlalu jika kamu bisa menerimanya. Tunggu apa lagi? Yuk, terapkan biar kamu bisa bahagia kembali!

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Telah Memaafkan Dirimu di Masa Lalu, Sadar Gak?

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya