Comscore Tracker

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!

Berlayar tanpa peta itu gak melulu mengerikan!

Apa kamu pernah mendengar atau disuruh agar hidupmu mengalir seperti air saja? Atau justru diajak pergi berlayar tanpa tujuan yang jelas? Jika pernah, perjalanan seperti apa yang pertama kali ada dalam bayanganmu? Kebanyakan orang pasti akan membayangkan perjalanan yang menakutkan padahal sejatinya mungkin saja justru menyenangkan.

Tujuan memang seringkali menjadi sebuah akhir dari perjalanan. Menentukan tujuan yang jelas di awal perjalanan menjadi hal terpenting untuk sebagian besar orang. Namun, ada lima alasan logis yang menegaskan bahwa berjalan tanpa tujuan jelas tidak sepenuhnya menakutkan. Tidak percaya? Baca sampai akhir untuk dapat jawabannya! 

1. Tanpa membayangkan tujuan kamu menjadi lebih fokus menikmati perjalanan

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!Pexels.com/cottonbro

Tanpa tahu tujuan perjalanannya, kamu pasti akan jauh menikmati perjalanan yang kamu lewati. Bukannya menakutkan, berjalan tanpa tujuan justru bisa memberimu banyak pelajaran berharga yang tidak pernah terbayangkan olehmu sebelumnya. Belum tahu akan diajak pergi ke mana, kamu menjadi lebih bersyukur dengan apa yang bisa kamu lihat selama dalam perjalanan. 

2. Kejelasan tujuan membuatmu memasang espektasi berlebihan

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!Pexels.com/Valeria Ushakova

Saat kamu tahu tujuan dari liburanmu pasti kamu sudah membayangkan pemandangan yang akan kamu nikmati 'kan? Tidak jarang kamu pun sudah menakar espektasi sedemikian rupa terhadap tempat tujuanmu tersebut. Meski bukan sebuah kesalahan, tetapi lebih dulu berespektasi terhadap sesuatu biasanya membuatmu lebih mudah dihinggapi kekecewaan.

Oleh karena itu, berjalan tanpa tujuan jelas  dapat menjadi jalan untuk menghindarimu dari segala bentuk kekecewaan. Tujuan yang tidak jelas biasanya membuatmu tidak memasang target dan bayangan indah berlebihan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Cemas saat Tujuan Hidupmu Masih Samar-samar

3. Tanpa tujuan jelas perjalananmu justru lebih seru dan penuh teka-teki yang belum terpecahkan

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!Unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Bukankah menempuh petualangan lebih seru dibanding dengan menempuh perjalanan yang lancar tanpa hambatan? Bagi sebagian orang teka-teki yang belum terpecahkan bisa menyuguhkannya banyak tantangan dan pelajaran baru. Hal seperti itulah yang sejatinya bisa kamu dapatkan jika menghadapi perjalanan hidup tanpa tujuan jelas.

Tujuan yang kurang jelas harusnya tidak membuatmu kehilangan semangat serta kepercayaan diri untuk terus melanjutkan perjalanan. Segalanya akan tampak begitu seru jika kamu menyikapinya dengan optimisme dan semangat yang membara.

4. Kamu tidak berpikiran negatif duluan terhadap rintangan yang kamu hadapi di perjalanan

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!Unsplash/Vince Fleming

Kamu tentu pernah mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa tidak tahu apa-apa jauh lebih menenangkan. Sebagai manusia, ada kalanya kamu lebih merasa bahagia saat tidak mengetahui perihal sesuatu. Begitu pula tentang ketidakjelasan rintangan yang akan kamu tempuh dalam hidupmu. 

Semakin kamu tidak tahu perihal rintangan apa saja yang menghadangmu, harusnya semakin sedikit pula rasa khawatirmu akan masa depan yang belum terjadi. Alih-alih menakutkan, ketidakjelasan itu justru membuat pikiran negatif enggan mendekatimu. 

5. Perjalanan yang kamu lewati bisa saja mengarahkanmu ke tujuan indah yang tidak terbayangkan olehmu sebelumnya

5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!freepik/freepik

Tanpa tujuan jelas bukan berarti kamu tidak bisa sampai ke tempat yang indah. Kuncinya hanya pada usaha dan kegigihanmu selama di perjalanan. Jika kamu memilih menyerah, mungkin saja kamu tidak akan pernah sampai pada keindahan yang menjadi tujuan akhirmu. 

Oleh karena itu, alih-alih memikirkan seberapa indah dan jelasnya tujuan perjalananmu, lebih baik kamu menyiapkan energi dan semangat untuk menghadapi perjalanan yang akan kamu lewati. Percaya saja bahwa setiap usaha tidak pernah sekali pun mengkhianati hasilnya. 

Jika kamu terus menatap ke depan dengan optimisme, tujuanmu akan makin jelas perlahan-lahan. Namun tetap fokus dan percaya bahwa kamu telah melakukan yang terbaik. Jangan khawatir lagi ya! 

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya