Comscore Tracker

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!

Biar gak meledak di tempat!

Sebagai manusia kita memang memiliki ego dan emosi. Namun, bukan berarti kita boleh membiarkan ego dan emosi tersebut kadarnya kelewat tinggi. Tidak cuma merugikan orang lain, membiarkan emosi mengendalikan dirimu juga membuat hidupmu sulit merasa bahagia.

Selain belajar ilmu sabar, ada beberapa kalimat penenang yang bisa kamu ucapkan saat emosimu sedang tinggi-tingginya. Apa saja ya kira-kira? Yuk, baca selengkapnya pada ulasan berikut ini. 

1. "Orang sabar disayang Tuhan"

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!Pexels.com/Mikhail Nilov

Kamu tentu sering mendengar petuah yang mengatakan bahwa orang yang sabar pasti disayang Tuhan, bukan? Kalimat klise tersebut nyatanya bisa jadi mantra agar emosi gak meledak seenaknya.

Tingginya emosi dan amarah itu sejatinya merupakan bisikan setan. Nah, sering mengucap kalimat pertama ini saat sedang naik darah bisa membantu menstabilkan emosi yang semula tidak bisa kamu kendalikan.

2. "Lebih baik aku diam daripada bicara tidak karuan"

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!Pexels.com/Karolina Grabowska

Bicara saat sedang emosi biasanya hanya akan memperburuk keadaan. Kalimat penenang tersebut bisa membantumu untuk menjaga ucapan dan keinginan untuk mengucap sumpah serapah. Nyatanya, diam memang bisa memberi jeda hati agar merasa lebih baik dan segera pulih kembali.

Gak bisa dimungkiri saat sedang emosi terkadang pikiran kita mendadak terhenti. Yang mengendalikan diri kita hanya perasaan dan rasa emosi. Itulah sebabnya lebih baik kamu menenangkan diri dan memilih diam sejenak saat sedang marah-marahnya.

Baca Juga: 5 Tips Elegan Menghadapi Rekan Kerja yang Diam-Diam Menjatuhkanmu

3. "Tenang, hatimu harus waras meski orang di hadapanmu bicara keras"

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat sedang berhadapan dengan orang yang tengah emosi, terkadang kita tidak bisa memosisikan diri. Lebih sering terpancing, nyatanya menghadapi emosi dengan emosi hanya akan membuat masalah bertambah besar.

Alih-alih memperburuk keadaan, lebih baik kamu coba untuk memberikan lawan bicaramu waktu untuk merasa marah sebentar. Biarkan dia menumpahkan emosinya dan jangan sekali-kali membalasnya. Kamu harus ingat bahwa biarpun orang di hadapanmu bicara dengan nada keras, kamu tetap harus tenang dan bertindak dengan waras.

4. "Emosiku tidak berhak mengendalikan diriku"

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!Pexels.com/cottonbro

Ucapkan kalimat penenang ini saat kamu merasa emosimu begitu menguasai dirimu. Tarik nafas dan embuskan, ulangi beberapa kali hingga hatimu merasa lebih tenang.

Emosi yang kelewat batas tidak layak kamu ikuti, apalagi kamu jadikan teman. Setiap orang memang punya hak untuk marah, tetapi bukan berarti tinggal diam begitu saja membiarkan diri dikendalikan oleh emosi.

5. "Aku lahir dengan kebaikan hati, amarahku tidak boleh menghancurkannya begitu saja"

5 Kalimat Penenang Hati agar Tidak Mudah Terbawa Emosi, Catat!Pexels.com/Quốc Bảo

Saat kamu marah dan meledak di hadapan orang lain, sesungguhnya kamu tengah menghancurkan satu keping kebaikan hatimu. Apakah kamu rela kebaikanmu hancur begitu saja karena mengikuti bisikan amarahmu semata? Memang sulit untuk dilakukan.

Sebagai manusia kita memang dituntut untuk terus belajar dalam mengendalikan emosi dan meluapkan amarah dengan cara yang bijak.

 

Nah, itulah lima kalimat penenang hati agar kamu gak mudah terbawa emosi. Belajar seimbangkan pikiran dan hatimu agar kamu gak mudah terbawa perasan, ya! Yuk, sama-sama lakukan kebiasaan baik agar harimu lebih berwarna!

Baca Juga: 5 Sisi Buruk saat Kamu Terlalu Perfeksionis, Hati-Hati Rugi Sendiri!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya