Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!

Coba cek ada gak tanda ini ada dirimu

Setiap orang memiliki kekuatan fisik dan mental yang berbeda-beda. Kekuatan fisik dapat dinilai dari daya tahan tubuh seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sementara kekuatan mental dapat dilihat saat seseorang sedang menjalani berbagai permasalahan dalam hidupnya. 

Dinilai tidak kasat mata, banyak orang yang tidak berusaha dan terkesan abai dalam meningkatkan kekuatan mentalnya. Padahal sejatinya, mental dan fisik harus selalu beriringan agar segala aktivitas berjalan secara optimal.

Nah, untuk kamu yang penasaran sekuat apa mentalmu sebenarnya, berikut ada 5 tanda yang jadi indikator bahwa kamu kuat secara mental. Keep reading! 

1. Kamu tidak mempersoalkan kritikan dari orang lain

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Orang yang mentalnya kuat tidak pernah menjadikan kritikan dari orang lain sebagai hambatan untuk dirinya. Alih-alih menumbangkan dirinya, kritikan dari orang lain justru dapat diubah menjadi pemantik semangat untuk menjadi lebih baik. Kalau kamu masih mempersoalkan masalah kritikan, itu salah satu tanda bahwa kamu belum kuat dalam segi mental. 

2. Kegagalan tidak membuat hidupmu ketakutan

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!Pexels.com/Valeria Ushakova

Banyak orang yang menganggap kegagalan sebagai musibah dan bencana besar. Namun, bagi orang yang mentalnya kuat, kegagalan itu serupa bahan pembelajaran yang harganya mahal. Kegagalan bukan alasan yang tepat untuk putus asa, tetapi kegagalan adalah alasan yang tepat untuk terus berusaha. 

Baca Juga: 6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? 

3. Kamu sadar jika hidup tidak selalu bahagia

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!Pexels.com/Min An

Orang yang mentalnya sekuat baja pasti paham betul bahwa hidup tidak selalu akan menawarkan kebahagiaan. Kekuatan mentalnya membuatnya berani melewati rintangan apa pun dalam hidupnya. Orang yang mentalnya telah terasah, tidak akan gampang gelisah jika hidupnya mendadak susah. 

4. Kamu dapat mengendalikan emosi dengan baik

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!Unsplash.com/Raychan

Kekuatan mental dan emosi adalah dua komponen yang terkoneksi dengan baik. Jika kamu sudah bermental baja, tentu kamu juga lebih bisa menempatkan emosi sesuai porsinya. Semakin mentalmu kuat, kamu akan jarang ledak-ledak tanpa alasan yang jelas. Tak mudah tersulut emosi, kuatnya mental membuatmu menjadi pribadi yang dapat mengatasi berbagai persoalan dengan kepala dingin. 

5. Kamu pribadi yang mandiri dan jarang bergantung dengan orang lain

5 Tanda Bahwa Kamu Kuat Secara Mental, Gak Gampang Rapuh!Unsplash.com/Anete Lūsiņa

Sikap terakhir yang jadi tanda kamu kuat secara mental adalah kemandirian. Seseorang yang kuat secara mental, tidak gampang percaya dan bergantung dengan orang lain. Mereka pun cenderung melakukan segala sesuatu dengan kemampuan yang dimiliknya tanpa mengharap pertolongan.

Bukan tidak memerlukan orang lain, pribadi yang mentalnya kuat memiliki persepsi bahwa dirinya dan orang lain memiliki beban hidup masing-masing. Oleh karena itu, pribadi yang matang secara mental paham betul kapan waktunya minta bantuan dan kapan mengajak dirinya berlatih untuk mengatasi masalahnya sendirian.

Jangan dianggap remeh ya, kekuatan mental juga gak kalah penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan. Yuk mulai asah kekuatan mentalmu dari sekarang! 

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah 6 Ciri Orang Bermental Baja

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya