Comscore Tracker

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan Hidupmu

Ingat baik-baik, ya!

Hidup bak menaiki bianglala yang terus berputar tanpa henti. Kabar buruknya, sebagai manusia, kamu tidak bisa mengatur kecepatan bianglala yang tengah kamu tumpangi. Ada kalanya bianglala kehidupan tersebut berjalan sangat cepat dan membiarkanmu ketakutan sendirian. 

Perubahan yang cepat dan kejadian yang mendadak tentu sering kali membuatmu merasa kewalahan dalam menghadapi hidup. Biar kamu gak kehilangan semangat, berikut lima pengingat untuk kamu yang merasa jenuh dan ingin menyerah dengan hidupmu. Baca terus sampai akhir, ya!

1. Apa yang kamu anggap tidak masuk akal hari ini akan masuk akal suatu hari nanti

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan HidupmuPexels.com/Yan Krukov

Apakah kamu pernah merasa hal yang kamu lalui hari ini benar-benar berat dan membuatmu tidak sanggup menanggungnya sendirian? Jika iya, tentu hari itu terasa sangat menakutkan dan tidak masuk akal bisa kamu lewati, bukan?

Gak perlu kamu khawatirkan, faktanya, memang banyak hal yang baru terasa masuk akal setelah berhasil dilalui. Fase tidak nyaman semacam itu sejatinya lumrah terjadi dan pasti dirasakan banyak orang di muka bumi, kok!

2. Memang segala perubahan tidak tampak mudah di permulaan

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan HidupmuPexels.com/Alex Green

Perubahan yang mendadak, perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan karena kehilangan rasanya akan sama-sama berat di permulaan. Perubahan memerlukan adaptasi diri yang tidak sebentar. Apa pun bentuk perubahannya pasti akan terasa sulit, terlebih jika kamu lambat beradaptasi.

Gak perlu lari, kamu hanya perlu menerima perubahan yang terjadi pada hidupmu. Kamu juga perlu mengingat bahwa segala hal baik gak selalu berjalan mulus. Ada kalanya kamu menemui rintangan, ada kalanya kamu dikecewakan kenyataan. Gak apa-apa, kok, manusia itu memang lahir untuk diterpa, bukan tahu indah-indahnya hidup saja.

Baca Juga: 9 Kebaikan yang Didapat dari Rasa Bersyukur, Hidup Terasa Lebih Mudah

3. Jika kamu terus berjalan, segala yang sulit juga akan berganti

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan HidupmuPexels.com/Ray Rodriguez

Pernah mendengar kata pepatah bahwa badai pasti berlalu, 'kan? Sesungguhnya, masalah hidup juga demikian. Sesulit apa pun, serumit apa pun, jika kamu memilih terus melanjutkan hidup, pada akhirnya semuanya akan berlalu, bahkan tanpa kamu sadari. 

Waktu bisa menyembuhkan segalanya, entah luka, trauma, ataupun sakit hati, asalkan kamu sendiri tidak menolak untuk disembuhkan. Jika kamu merasa hidupmu saat ini begitu kacau, percayalah bahwa suatu hari nanti badai yang tengah kamu hadapi akan berganti menjadi pelangi.

4. Ingat lagi berapa besar usaha dan perjuanganmu hingga sampai di titik ini

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan HidupmuPexels.com/Thnh Phng

Kamu tentu telah menghabiskan banyak tenaga dan waktu untuk ada di posisimu sekarang. Usaha tersebut tentu jauh lebih besar dari masalah yang kerap ingin membuatmu menyerah.

Jika keinginan untuk berbalik arah itu kemudian datang, kamu hanya perlu ingat bahwa banyak hal dan rintangan yang telah kamu selesaikan. Coba jawab, apakah kamu akan puas jika memilih menyerah sekarang?

5. Kamu diberikan masalah karena dinilai mampu melaluinya

5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan HidupmuUnsplash.com/George Gvasalia

Tuhan itu memberikan cobaan karena kamu dinilai mampu. Kamu mampu untuk menanggungnya untuk merasakan sakit, untuk berusaha. Jadi, jika kamu diberikan hal yang menurutmu tidak nyaman, pertama-tama kamu harus bersyukur. Mengapa bersyukur? karena kamu adalah orang yang dipilih Tuhan untuk diterpa menjadi pribadi yang lebih kuat.

Semakin sulit hidupmu, semakin kamu diajarkan untuk lebih tangguh dalam melewati hidup. Gak perlu kelewatan jenuh dan mengeluh, orang terpilih selalu diberikan tenaga ekstra untuk berdiri usai terjatuh.

 

Nah, itulah lima pengingat saat kamu merasa jenuh dan ingin menyerah dengan hidupmu sekarang. Teruslah berjalan karena sesungguhnya yang sulit pasti menemukan  kemudahan. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Dapat Saat Sadar Hidup Gak Melulu Soal Cinta

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya