Comscore Tracker

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!

Ada tandanya, lho!

Manusia yang normal tentu tidak dapat hidup seorang diri tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi umumnya terjalin secara dua arah dan berfungsi menjalin keakraban. Namun, apa jadinya jika komunikasimu hanya terjalin satu arah dan justru menimbulkan kebosanan bagi orang lain? 

Nah, agar kamu cepat menyadari kapan orang di sekitarmu merasa jenuh saat berkomunikasi denganmu, berikut ada lima tanda yang bisa kamu telusuri. Penasaran apa saja tandanya? Yuk, simak selengkapnya pada ulasan berikut ini. 

1. Lawan bicaramu sering menguap saat kamu bercerita

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menguap memang tanda umum seseorang tengah mengantuk. Namun, jika hal ini menyangkut dengan komunikasi dua arah, mengantuk bisa jadi tanda bahwa komunikasi yang terjalin kurang menarik bagi salah satu individu yang terlibat.

Saat lawan bicara kita terkesan mendominasi percakapan, respons paling umum yang sering kita tampilkan memanglah menguap. Bukan tanpa sebab, nyatanya jika kita merasa kurang tertarik dan bersemangat terhadap sebuah obrolan, biasanya tubuh kita otomatis menyalakan mode istirahat yang kemudian membuat kita mengantuk.

2. Mereka tampak kurang fokus dan tidak merespons obrolanmu dengan baik

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!Pexels.com/RODNAE Productions

Gak banyak orang yang terlahir menjadi pendengar yang baik. Gak jarang orang hanya tampak mendengar, tetapi tidak menyimak obrolan lawan bicaranya dengan baik.

Saat orang merasa obrolanmu membosankan, biasanya mereka tampak tidak fokus dan kurang menyimak obrolanmu. Tanda umumnya mereka sering bingung ketika kamu meminta pendapat karena sejatinya dalam obrolanmu tidak ada satu poin pun yang mereka tangkap.

Baca Juga: 5 Manfaat Jadi Pendengar yang Baik, Gak Buang-buang Waktu Kok

3. Mereka tampak tidak tenang dan terlihat gelisah saat mendengarkan kisahmu

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!Pexels.com/Polina Zimmerman

Saat lawan bicaramu tampak kurang tenang saat kamu tengah melangsungkan obrolan, itu bisa jadi tanda bahwa obrolanmu membosankan baginya.

Saat seseorang merespons baik orang lain, mereka biasanya akan tampak tenang dan santai mendengarkan kisah lawan bicara. Berbeda halnya jika seseorang tersebut sudah bosan, mereka seperti gelisah mencari cara untuk menyudahi obrolan dan menghindar darimu.

4. Tatapan matanya terlihat kosong dan sesekali tampak melamun

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!Pexels.com/cottonbro

Tanda selanjutnya jika obrolanmu membosankan bagi orang lain adalah tatapan matanya tampak kosong saat tengah berkomunikasi denganmu. Kamu harus tahu bahwa komunikasi yang baik adalah interaksi antar individu yang melibatkan kontak mata antara satu sama lain.

Kontak mata bisa menandakan bahwa kamu antusias dan menghargai lawan bicara. Nah, jika lawan bicaramu sudah tampak menunduk dan kerap mengarahkan pandang ke hal lain, ada baiknya kamu sudahi saja obralan kalian, ya!

5. Posisi duduknya condong menyender ke belakang dan terkesan menjauh darimu

5 Tanda Obrolanmu Terasa Membosankan bagi Orang Lain, Cepat Sadar!Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Saat orang tertarik dengan obrolanmu, mereka biasanya akan menunjukkan gestur tubuh condong ke depan atau mendekat dengan lawan bicara. Biasanya gestur tersebut otomatis akan kamu lakukan tanpa kamu sadari sebelumnya.

Berbeda halnya jika kamu tidak tertarik pada obralan lawan bicaramu, bisanya kamu akan cenderung menyenderkan tubuh dan posisi dudukmu juga condong ke belakang.

 

Nah, itulah lima tanda bahwa obrolanmu terasa membosankan bagi orang lain. Amati gestur lawan bicaramu mulai sekarang, ya! Jangan buat orang lain tertekan dengan mendengarkan hal yang mereka tidak suka!

Baca Juga: 5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya