Comscore Tracker

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa Bersalah

Cepat lakukan, deh!

Setiap orang tentu ingin hidupnya merasa tenang dan bahagia. Sayangnya, gak semua orang bisa merasakan ketenangan dengan sederhana. Banyak orang yang punya sifat gak enakan dan membuatnya bersahabat dengan rasa bersalah. 

Gak selamanya baik, nyatanya menjadi orang yang terlalu peduli perasaan orang lain justru bisa merugikan diri sendiri. Harus segera diatasi, berikut lima hal yang harus kamu lakukan agar hidupmu gak dihantui rasa bersalah. Keep reading, ya!

1. Berhenti untuk menyenangkan semua orang

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa BersalahPexels.com/Masha Raymers

Di dunia ini kita tidak berkewajiban untuk menyenangkan semua orang. Akan ada saja orang yang tidak menyukaimu meski kamu telah berlaku baik kepadanya. Perlu kamu ingat bahwa cara pandang orang lain terhadapmu adalah hal di luar kuasamu. Jika kamu terus-terusan mencoba menyenangkan semua orang, yang ada justru hidupmu akan dipenuhi banyak beban.

2. Belajar untuk menolak hal yang berlawanan dengan kata hatimu

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa BersalahPexels.com/cottonbro

Gara-gara punya sifat tidak enakan, kamu jadi sering mengiyakan apa yang sebenarnya tidak kamu mampu atau tidak kamu suka. Bagimu melakukan penolakan itu sama halnya melakukan usaha yang menyakiti perasaan orang lain.

Gak sepenuhnya baik, sifat semacam ini justru membuatmu kerap merasa bersalah saat ingin menolak sesuatu. Bukan bentuk kejahatan, kamu harus ingat bahwa menolak itu adalah hal yang lumrah. Kamu gak akan menyakiti hati orang lain jika kamu melakukan penolakan dengan cara yang baik. 

3. Jangan gengsi untuk meminta maaf maupun memberi maaf

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa BersalahPexels.com/Anna Shvets

Hal selanjutnya yang membuatmu kerap dihantui rasa bersalah adalah ketidakmauanmu untuk memaafkan atau meminta maaf. Rasa gengsi yang tinggi kadang membuat seseorang justru rela menyiksa diri berteman dengan rasa bersalah.

Perlu kamu ingat bahwa makna dari memaafkan dan meminta maaf adalah usaha untuk memperbaiki keadaan. Rasa bersalahmu akan tetap ada jika selama ini kata maaf hanya kamu buat mainan dan kamu tidak benar-benar berniat untuk berubah. 

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Mencari Validasi Orang Lain agar Hidup Makin Bahagia

4. Senantiasa lakukan kebaikan selama kebaikan tersebut tidak menyulitkanmu

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa BersalahPexels.com/Mikhail Nilov

Sebagai manusia kita memang berkewajiban untuk berlaku baik kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan. Namun, perlu kamu catat bahwa berlaku baik di sini harus paham tempat dan kondisi. Kamu juga gak boleh diam saja saat kebaikanmu jelas-jelas hanya dimanfaatkan orang lain.

Berlaku baik itu memang gak akan bikin kamu rugi, tetapi bukan berarti kamu harus menyulitkan diri terlebih mengorbankan diri sendiri. Ingatlah, kamu juga berhak untuk membuat dirimu sendiri bahagia! 

5. Biasakan untuk memandang segala hal dengan cara yang positif

5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa BersalahPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Kebiasaan berpikiran negatif terhadap sesuatu memang membuatmu lebih siap jika hidup mengecewakanmu. Tetapi bukan berarti kamu harus memandang segala hal secara negatif saja. Ingatlah bahwa hidup punya dua sisi, ada positif dan ada negatif. 

Agar kamu terhindar dari rasa bersalah, biasakanlah untuk berpikiran positif terhadap hal-hal yang terjadi di sekelilingmu. Meskipun tampak sulit, tetapi kamu harus percaya bahwa setiap hal yang terjadi selalu punya baik buruknya sendiri-sendiri. Selalu ada hal baik yang bisa dipetik dari hal buruk sekalipun. 

Nah, itulah lima hal yang harus kamu lakukan agar hidupmu gak dihantui rasa bersalah. Buang jauh-jauh rasa gak enakan agar hidupmu jauh lebih nyaman. Ingat ya, hidupmu gak harus mikirin perasaan orang terus, kok! 

Baca Juga: 5 Tips Agar Hidup Bebas dari Rasa Khawatir, Jangan Overthinking Terus!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya